STRATEGI PENERAPAN DIGITAL MARKETING UNTUK ENTREPRENEUR PEMULA PASCA PANDEMI COVID 19

Ameilia Damayanti ( Universitas Pancasila )
Mira Munira ( Universitas Pancasila )
Tia Ichwani ( Universitas Pancasila )

Abstrak

Kondisi ekonomi di Indonesia saat ini mulai beranjak naik kembali setelah dilanda pandemi covid-19. Ada berbagai macam permasalahan yang umumnya dihadapi dalam meningkatkan keberhasilan dari UMKM, salah satunya  yaitu kurangnya pengetahuan yang cukup dan pemahaman tentang pemasaran yang masih sangat minim dan masih secara konvensional sehingga  pelaku UMKM tidak mudah untuk dapat mempromosikan produknya yang berkualitas.  Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan kesadaran pelaku UMKM untuk melakukan strategi bisnisnya dengan menggunakan digital marketing supaya pemasarannya bisa lebih luas sehingga bisa meningkatkan penjualannya. Pelaksanaan pengabdian ini dilakukan melalui zoom meeting dengan 24 pelaku usaha dari berbagai jenis seperti kuliner, jasa binatu, jasa pencucian sepatu, minuman kekinian dan lainnya di wilayah Jagakarsa.  Dalam kegiatan ini, para pelaku UMKM diberikan informasi bagaimana pentingnya Strategi Penerapan Digital Marketing dan praktek untuk membuat akun di media sosial. Hasil pelatihan ini sebagian besar peserta di UMKM entrepreneur pemula wilayah Jagakarsa  dapat memahami pelatihan yang diberikan dan  bisa membuat promosi dengan budget yang kecil tetapi memiliki dampak yang besar melalui digital marketing di sosial media yang dimilikinya.

Referensi

Awali, H., & Rohmah, F. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak COVID-19. Balanca: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 21–14.

Awaludin, Asep. 2023. Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Produk Cemilan Bu Ela di Desa Gempol. Abdimas Galuh. Vol. 5, No. 1. 537-542

BPS Indonesia dalam angka,2016 (https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1322) (diakses 29/7/2023).

Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Management, Vol 5 ,213–222.

Sukmasetya, P., Haryanto, T., Sadewi, F. A., Maulida, R. B. G., Aliudin, H. S., & Sugiarto, B.2020. Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry. Community Empowerment, 5(2), 28-35.

Sutanty Marisa, dkk. 2022. UMKM sebagai Pilar Pembangunan Ekonomi Kabupaten Sumbawa. Jurnal Ilmiah Hospitality. Vol 11 No. 2. 1117-1128

https://www.cnbcindonesia.com/research/20230207115843-128-411724/jumlah-umkm-capai-871-juta-bisa-jadi-tameng-resesi. (diakses, 29 Juli 2023)


Keywords  :  
Kata Kunci: Digital Marketing, MSMEs, Entrepreneur Pemasaran Digital, UMKM, Wirausaha
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-10-02
Cara Mengutip  :  
Damayanti, A., Munira, M., & Ichwani, T. (2023). STRATEGI PENERAPAN DIGITAL MARKETING UNTUK ENTREPRENEUR PEMULA PASCA PANDEMI COVID 19. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(2), 271–276. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i2.1335
Terbitan  :