PENGEMBANGAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI 02 BATU MANGAUM KEC. SUNGAI GERINGGING KABUPATEN PADANG PARIAMAN

Arisman Sabir ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Retno Triza ( STKIP YDB Lubuk Alung )
Desi Fitria ( STKIP YDB Lubuk Alung )

Abstrak

 

ABSTRAK

Tujuan pengabdian ini diantaranya: 1) Menumbuhkan kesadaran peserta didik melalui peningkatan kreatifitas guru tentang pentingnya kemampuan baca tulis dalam meningkatkan pengetahuan untuk menjadi pelajar yang aktif, kreatif, inovatif, dan mandiri. 2) Pojok baca, mading,  dan kunjungan ke perpustakaan dapat meningkatkan minat baca peserta didik jika dirancang dengan menarik. Metode  yang  digunakan ialah ceramah  dan  diskusi. Pelatihan  ini  dihadiri oleh  20 orang  guru dari berbagai  bidang  matapelajaran  yang  ada  di  sekolah.  Pengembangan Program Gerakan Literasi Sekolah ini dilakukan berdasarkan beberapa tahap diantaranya; terdiri  atas  tiga  tahap  yaitu perencanaan,  melaksanakan  dan evaluasi.  Narasumber  melakukan perencanaan   tentang pembelajaran   yang   akan   dilaksanakan, Seperti mempersiapkan perangkat pembelajaran dan media berupa power poin, gambar, dan vidio tentang GLS yang diterapkan untuk meningkatkan literasi guru dan peserta didik. Kemudian guru lain sebagai pengamat (observer). Tahap pelaksanaan, guru bersama   observer   atau   pengamat   melakukan evaluasi terkait pelaksanaan  kegiatan  di  kelas.  Kegiatan  ini   menambah pengetahuan guru dan siswa mengenai Gerakan Literasi Sekolah dan mendapatkan pengalaman baru bagi guru-guru, sehingga dapat meningkatkan kreatifitas tenaga pendidik dan perserta didik.

Referensi

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, Hana Yunansah. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Dafit, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1, 87–100

Dewi Utama Faizah, dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Nugroho, A. H., Puspitasari, R., & Puspitasari, E. (2016). Implementasi gemar membaca melalui program pojok baca dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII di SMPN 2 Sumber. Jurnal Edueksos, 5(2), 187-206.

Nursisto. 1999. Membina Majalah Dinding. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Sabir, A., Fitria, D., & Maryana, A. (2022). Peran Guru PPKN dalam Mengembangkan Sikap Disiplin pada Proses Pembelajaran Siswa Kelas XI Sman 1 Sungai Geringging. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(01), 37-46.

Sabir, A., Fitria, D., Pitra, D. H., Astuti, M., & Superdi, S. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa Di SMP Negeri 1 Kayutanam. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(2), 118-126.

Safitri, V., & Dafit, F. (2021). Peran Guru dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Melalui Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1356-1364.

Septiary, D. (2020). Pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) di SD Muhammadiyah Sokonandi. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 9(2), 159-169.

Voutama, A., & Novalia, E. (2021). Perancangan Aplikasi M-Magazine Berbasis Android Sebagai Sarana Mading Sekolah Menengah Atas. Jurnal Tekno Kompak, 15(1), 104-115.

Widayoko, A., H, S. K., & Muhardjito, M. (2018). Analisis Program Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dengan Pendekatan Goal- Based Evaluation. Jurnal Tatsqif, 16(1), 78–92.


Keywords  :  
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-03-01
Cara Mengutip  :  
Sabir, A., Triza, R., & Fitria, D. (2023). PENGEMBANGAN PROGRAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH DI SD NEGERI 02 BATU MANGAUM KEC. SUNGAI GERINGGING KABUPATEN PADANG PARIAMAN. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 124–132. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1109
Terbitan  :