SEMINAR PARENTING “MEMPERSIAPKAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR”

Ika Apriati Widya Puteri ( Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda )

Abstrak

Pada usia 4-6 tahun banyak orang tua yang memilih untuk menyekolahkan anaknya. Sebagian orang tua menyekolahkan anak karena adanya kesadaran akan pentingnya pendidikan prasekolah, sebagian lagi dikarenakan kedua orang tua bekerja. Alasan lainnya adalah untuk mempersiapkan anak masuk ke jenjang pendidikan berikutnya, yaitu Sekolah Dasar (SD). Kesiapan sekolah diartikan sebagai kemampuan anak untuk mencapai tingkat perkembangan emosi, fisik, dan kognisi yang memadai sehingga anak mampu untuk berhasil dengan baik di sekolah. Faktor yang mempengaruhi kesiapan sekolah anak antara lain lingkungan keluarga, peran orang tua, dan kematangan. Namun demikian, pada kenyataannya, banyak orang tua siswa yang lebih berfokus pada kemampuan akademis seperti membaca, menulis, dan berhitung saja dalam mempersiapkan anak masuk ke sekolah. Hal ini berakibat pada banyaknya anak yang belum matang secara emosional saat masuk Sekolah Dasar, dan menunjukkan perilaku seperti kurang mampu bekerjasama dengan teman dan guru, sulit berkomunikasi dengan orang lain, dan memiliki masalah perilaku di sekolah. Untuk membantu orangtua untuk memahami bagaimana mempersiapkan anak memasuki jenjang Sekolah Dasar, maka penulis memandang bahwa seminar merupakan salah satu metode yang dapat digunakan untuk memberikan pengetahuan dan psikoedukasi bagi orang tua. Peserta kegiatan adalah orangtua siswa di TK Islam Al Azhar 5 Samarinda sebanyak 20 orang. Dari berbagai pertanyaan yang muncul saat sesi seminar, dapat disimpulkan bahwa masih banyak orang tua yang belum memahami bahwa kesiapan anak untuk masuk ke Sekolah Dasar bukan hanya permasalahan akademis. Kematangan merupakan salah satu faktor yang cukup penting agar anak siap untuk menjalani jenjang pendidikan di SD dan mampu berhasil melaksanakan jenjang pendidikan tersebut.

Referensi

Aryanti, Z. (2017). Kesiapan anak saat memasuki sekolah dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 64–67. http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/download /kesiapan-anak-saat-memasuki-sekolah-dasar/196

Bhise, C. D., & Sonawat, R. (2016). Factors Influencing School Readiness of Children. Research Journal of Recent Sciences, 5(5), 53–58. www.isca.me

Britto, P. R. (2012). School Readiness: a conceptual framework. UNICEF. https://doi.org/10.2307/1602361

Connell, C. M., & Prinz, R. J. (2002). The impact of childcare and parent-child interactions on school readiness and social skills development for low-income African American children. Journal of School Psychology, 40(2), 177–193. https://doi.org/10.1016/S0022-4405(02)00090-0

Faqumala, D. A., & Pranoto, Y. K. S. (2020). Kesiapan Anak Masuk Sekolah Dasar (M. Nasrudin (ed.)). PT. Nasya Expanding Management.

Fayez, M., Ahmad, J. F., & Oliemat, E. (2016). Jordanian Kindergarten and 1st-Grade Teachers’ Beliefs About Child-Based Dimensions of School Readiness. Journal of Research in Childhood Education, 30(3), 293–305. https://doi.org/10.1080/02568543.2016.1178195

Hamalik, O. (2008). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. PT. Remaja Rosdakarya.

Konold, T. R., & Pianta, R. C. (2005). Empirically-derived, person-oriented patterns of school readiness in typically-developing children: Description and prediction to first-grade achievement. Applied Developmental Science, 9(4), 174–187. https://doi.org/10.1207/s1532480xads0904_1

Mashburn, A. J., & Pianta, R. C. (2006). Social relationships and school readiness. Early Education and Development, 17(1), 151–176. https://doi.org/10.1207/s15566935eed1701_7

Rahmawati, A., Tairas, M. M. W., & Nawangsari, N. A. F. (2018). Profil kesiapan sekolah anak memasuki Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 201–210. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.122.01

Ratnasari, M. N. D. (2021). Gambaran Kesiapan Sekolah Anak dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya: Studi pada Guru dan Orang Tua Siswa Kelas 1 SD di Sidoarjo. Universitas Sanata Dharma.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (6th ed.). Rineka Cipta.


Keywords  :  
Kata Kunci: School readiness, parenting seminar, early childhood Kesiapan sekolah, seminar parenting, anak usia dini
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-03-01
Cara Mengutip  :  
Puteri, I. A. W. (2023). SEMINAR PARENTING “MEMPERSIAPKAN ANAK MASUK SEKOLAH DASAR”. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 57–62. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1081
Terbitan  :