HAND PUPPET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA TK & SD BETHEL

Ilinawati Ilinawati ( STKIP Persada Khatulistiwa )

Abstract

Hand Puppet merupakan salah satu media atau alat bantu guru yang dapat digunakan untuk merangsang atau memotivasi siswa untuk berbicara. Boneka Tangan ini merupakan tiruan manusia atau tokoh tertentu yang sangat familiar bagi anak usia sekolah dasar. Penggunaan boneka ini sebenarnya sangat sederhana dengan memainkan karakter boneka tersebut dalam percakapan singkat dengan siswa. Dalam hal ini, siswa secara otomatis terlibat langsung dalam praktik berbicara. Dalam hal ini boneka merupakan alat atau media pembelajaran yang dianjurkan untuk digunakan dalam merangsang psikomotorik anak. Tujuan penggunaan media boneka ini adalah agar siswa dapat belajar berbicara dengan menganggap bahwa boneka tangan adalah bagian dari lawan bicara dalam percakapan singkat. Oleh karena itu, siswa dapat belajar tentang istilah atau kosa kata baru, serta dapat memahami arah pembicaraan dan menanggapi pembicara.

References

Arsyad, Azhar. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.

Hurlock, Elizabeth B. (1988), Perkembangan Anak Jilid 1, Jakarta, Erlangga.

Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pengajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2010). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D cet. 13.


Keywords  :  
Keywords: Hand puppet, Spekaing, school - aged children Hand Puppet, Berbicara, Anak Usia Dini
Galleys  :  
Published  :  
2023-03-01
How to Cite  :  
Ilinawati, I. (2023). HAND PUPPET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULUS KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA TK & SD BETHEL. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 52–56. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1066
Issue  :