PERKADERAN UPAYA MENCETAK KADER MUHAMMADIYAH YANG RESPONSIF DI SMKS AHLU SHUFFAH BANTAENG

Risman Risman ( Universitas Muhammadiyah Makassar )
Sam’un Mukramin ( Universitas Muhammadiyah Makasar )
Abdul Azis Muslimin ( Universitas Muhammadiyah Makasar )

Abstrak

Degradasi moral pada generasi muda merupakan salah satu penyebab terjadinya penyimpangan sosial dan agama. Adanya organisasi IPM sebagai wadah implementasi minat dan bakat yang berdasarkan nilai-nilai keagmaan. Pengkaderan IPM sebagai upaya transformatif mencetak generasi yang memiliki jenjang kekaderan formal yang sesuai dengan tujuan Muhammadiyah. Penelitian lapangan (field research) merupakan suatu metode pengumpulan data dalam penelitian kualitatif yang tidak memerlukan pengetahuan mendalam akan literatur yang digunakan dan kemampuan tertentu dari pihak peneliti. Tempat pelakasanaan kegiatan perkaderan di Ponpes Ahlu Shuffah Kabupaten Bantaeng, Adapun  sasaran  dari  kegiatan  ini  yaitu  siswa/siswi Sederajat  yang  berada  di  Ponpes Ahlu Shuffah Bantaeng. Proses kaderisasi upaya untuk mewujudkan cita-cita yakni terbentuknya pelajar muslim yang berilmu, berakhlak mulia, dan terampil dalam rangka menegakkan dan menjunjung tinggi nilai-nilai ajaran Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya dengan semangat Fatabiqul khairat. Hal tersebut sesuai dengan teori Azaki Khoirudin bahwa sistem perkaderan IPM itu sejatinya menggunakan metode tarbiyah dan dakwah yang disajikan berdasarkan dengan kenyataan yang ada di lapangan mampu memancing kekritisan peserta dalam memberikan ide gagasan yang responsive dan konstruktif.

Referensi

Abdurrahman an-Nahlawi. 1989. Prinsip-prinsip dan Metode Pendidikan Islam. Jakarta: Mizan.

Arifin. 1987. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara

AD ART IPM. https://perpustakaan.ipmkalsel.or.id/2019/01/ad-art-ipm.html

Al-Qur’an, Jakarta: Lentera Hati. 2002. hlm, 221. Volume, 12 Muhammad Nasib Rifa’i, Tafsiru ‘aliyyu Qadir Li.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Undang-undan Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Khoirudin, Azaki. 2016. Genealogi Pemikiran Pendidikan Dalam Sistem Perkaderan Ikatan Pelajar Muhamadiyah (1961-2015). Tesis. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Muhaimin, 2006, Nuansa Baru Pendidikan Islam: Mengurai Benang Kusut Dunia Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Muhaimin. 1993. Pemikiran Pendidikan Islam; Kajian Filosofisdan Kerangka Dasar Operasionalisasinya. Bandung: PT. Trigenda Karya.

PP IPM, 2014. Tanfidz Muktamar XIX Ikatan Pelajar Muhamadiyah. Yogyakarta: PP IPM.

PP IPM, 2014. Sistem Perkaderan IPM. Jakarta: PP IPM.

Pimpinan Pusata IPM. 2019. Pedoman Perkaderan SPI Berkemajuan.

Ridwan, dkk. 2017 “Pemberdayaan IPM Melalui Perpustakaan Mini Sebagai Upaya Meningkatkan Produktivitas Baca-Tulis di Kapas Madya Baru Surabaya”. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 01, No 01, (Februari).


Keywords  :  
Kata Kunci: Cadres, IPM, Muhammadiyah, Noble Characters Cadres, IPM, Muhammadiyah, Noble Caracters
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-03-01
Cara Mengutip  :  
Risman, R., Mukramin, S., & Muslimin, A. A. (2023). PERKADERAN UPAYA MENCETAK KADER MUHAMMADIYAH YANG RESPONSIF DI SMKS AHLU SHUFFAH BANTAENG. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 116–123. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1060
Terbitan  :