IMPROVING LITERACY AND NUMERATION ABILITY THROUGH A CAMPUS TEACHING PROGRAM AT SD NEGERI 091640 BANDAR MASILAM, SIMALUNGUN DISTRICT

Ance Siallagan ( STIKes Santa Elisabeth Medan )
Diki Setiawan ( Universitas Simalungun )
Dina Valentina Pratiwi ( Universitas Simalungun )
Via Nirvana Sipayung ( Universitas HKBP Nommensen )
Rutiah Destriana Sitinjak ( Universitas Negeri Medan )
Putri Rahayu ( Universitas Islam Sumatera Utara )
Mustika Hati Purba ( Universitas Mikroskil )

Abstrak

Program kampus mengajar merupakan salah satu wujud Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk menjadi mitra guru sekolah dasar dan menengah yang terdampak pandemic covid-19. Sekolah Dasar Negeri 091640 Bandar Masilam Kabupaten Simalungun merupakan salah satu sekolah sasaran program kampus mengajar angkatan 3 tahun 2022 karena mengalami learning loss selama pandemic. Peserta didik yang mengalami learning loss memiliki kemampuan literasi dan numerasi yang rendah, bahkan masih ada yang belum mampu membaca sama sekali. Metode yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif. Program kampus mengajar di SDN 091640 Bandar Masilam terdiri dari kegiatan peningkatan literasi dan numerasi, administrasi guru dan sekolah, adaptasi teknologi, pengembangan karakter sesuai nilai-nilai Pancasila, serta edukasi kesehatan lingkungan. Dengan adanya program kampus mengajar sejak Februari-Juni 2022, terjadi peningkatan kemampuan literasi baca tulis pada peserta didik, kemampuan numerasi. Adanya pojok baca membuat peserta didik yang sama sekali belum mampu menulis dan membaca sudah mampu menulis dan fasih membaca. Hasil asesmen kompetensi minimal (AKM) kelas juga sangat memuaskan. Selain itu administrasi sekolah semakin tertata, penerapan berbagai aplikasi media belajar daring, penggunaan media elektronik dalam belajar, juga lingkungan sekolah yang bersih dan sehat sebagai tindak lanjut edukasi kesehatan lingkungan sekolah. Kampus Mengajar sudah memberikan ruang kontribusi untuk mahasiswa sebagai agen perubahan/ inovator sehingga  memberikan dampak positif bagi seluruh elemen yang terlibat di lingkungan sekolah.

Referensi

Anugrah, T. M. F. (2021). Implementasi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 1 Terdampak Pandemi Covid-19. Akselerasi: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 38–47. https://doi.org/10.54783/jin.v3i3.458

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–219. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Fatonah,K., Alfian,A. dan Lestari, S. (2021). Implementasi Program Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar Swasta Nurani Jakarta. Jurnal Sekolah, Vol 5 (4), doi: https://doi.org/10.24114/js.v5i4.31326

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka

Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.46368/dpkm.v1i2.339

Hilmi, M., Mustaqimah, F.N, dan Saleh,M.N.I. (2022). Tantangan Dan Solusi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Di Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa FIAI-UII, at-Thullab, Vol.4, Nomor 2, 1160-1185

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Adaptasi Modul Literasi dan Numerasi. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2021). Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Jakarta : Kemendikbud

Manalu,M.F., Siahaan, M., PArdede, S., Marbun, Y.M.R, dan Yetti. (2022). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Literasi Dan Numerasi Serta Adaptasi Teknologi Di Smp Negeri 2 Aek Kuasan Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Abdi Widya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 79–89.

Nurhasanah, A. dan Nopianti, H. 2022. Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning, Vol 3 (2021), hal 166-173

Setiawan, F., dan Sukamto, S. (2022). Implementasi Kampus Mengajar Perintis (Kmp) Sebagai Cikal Bakal Penggerak Pembelajaran Literasi Dan Numerasi Di Sekolah Dasar. Primary, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 10 (2), http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v10i2.8251

Shabrina, L M. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Vol 6 (1), 916-924. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2041

Widiyono, A., & Irfana, S. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus

Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, Vol 16 (2), 102–107. https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125


Keywords  :  
Kata Kunci: Campus teaching, literacy, numeration, elementary school Kampus mengajar, Literasi, Numerasi, Sekolah Dasar
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2023-03-01
Cara Mengutip  :  
Siallagan, A., Setiawan, D., Pratiwi, D. V., Sipayung, V. N., Sitinjak, R. D., Rahayu, P., & Purba, M. H. (2023). IMPROVING LITERACY AND NUMERATION ABILITY THROUGH A CAMPUS TEACHING PROGRAM AT SD NEGERI 091640 BANDAR MASILAM, SIMALUNGUN DISTRICT. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(1), 39–46. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i1.1023
Terbitan  :