DESAIN DAN 3D PRINTING PADA PENGUATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SMKN 2 CIREBON

Anastasia Noviyanti ( Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia )
Danang Yudha Prakasa ( Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia )
Zaki Saptari Saldi ( Universitas Pembangunan Jaya, Indonesia )
M. Salman Fariz Akbar ( Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia )
Fillberto Canvin Santana ( Universitas Prasetiya Mulya, Indonesia )

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh tim Universitas Prasetiya Mulya memadukan Human-Centered Design (HCD) dan teknologi 3D printing (3DP) untuk meningkatkan kapasitas guru SMK Negeri 2 Cirebon dalam mengimplementasikan pembelajaran kewirausahaan berbasis proyek (Project-Based Learning/ PjBL). PjBL yang dikombinasikan dengan HCD dapat membantu guru dalam membimbing siswa menciptakan produk inovatif yang relevan dengan kebutuhan pengguna. Teknologi 3DP mendukung proses pembuatan purwarupa secara efisien dan terjangkau. Pelatihan diberikan dalam empat sesi tematik: kewirausahaan, kreativitas dan inovasi, pengenalan HCD, serta praktik penggunaan 3D printer. Evaluasi kegiatan pengabdian dilakukan melalui pre-test dan post-test, serta refleksi peserta. Hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan rata-rata pemahaman sebesar 24%, dari 28% menjadi 52%. Meskipun terdapat kendala teknis pada penggunaan perangkat lunak desain, pendekatan praktis melalui simulasi fisik tetap mampu memberikan pemahaman yang memadai. Kegiatan ini menunjukkan bahwa integrasi HCD dan 3DP dapat memperkuat kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek secara kontekstual, kreatif, dan adaptif terhadap perkembangan teknologi. Pelatihan ini juga membuka peluang keberlanjutan melalui pendampingan di masa mendatang.

Referensi

Cho, Y., & Brown, C. (2013). Project-based learning in education: Integrating business needs and student learning. European Journal of Training and Development, 37(8), 744–765. https://doi.org/10.1108/EJTD-01-2013-0006

Fernández‐Mesa, A., Alegre‐Vidal, J., Chiva‐Gómez, R., & Gutiérrez‐Gracia, A. (2013). Design management capability and product innovation in SMEs. Management Decision, 51(3), 547–565. https://doi.org/10.1108/00251741311309652

Finali, A., & Wahid, M. A. (2025). Pelatihan 3D Print FDM Untuk Teaching Factory Di SMK Dian Kirana Sragen. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat UBJ, 8(1), 13–22. https://doi.org/10.31599/2sxtj039

Indonesia, B. P. S. (2025, Februari 6). Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan—Tabel Statistik. Badan Pusat Statistik. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Buku Saku SMK Pusat Keunggulan. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/25629/

Noviyanti, A. A., Prakasa, D. Y., Saldi, S., Sembadha, S. S., & Santana, C. (2024). Penguatan Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Proyek SMK Wikrama Bogor Menggunakan Human-Centered Design dan Teknologi 3D Printing. D-PRINTING, 6(1). https://doi.org/10.25105/jamin.v6i1.18875

Noviyanti, A. A., Saldi, Z. S., Prakasa, D. Y., Santana, F. C., & Akbar, M. F. S. (2024). Enhancing entrepreneurship project-based learning for vocational schools with human-centered design and 3D printing. SPEKTA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat : Teknologi Dan Aplikasi), 5(2), 225–243. https://doi.org/10.12928/spekta.v5i2.9432

Nurhidhayah, H., & Nashikhah, M. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Kelas XI Busana SMK Negeri 3 Kota Kediri. Jurnal Online Tata Busana, 12(2), 16–23. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/index

Rezasyah, T. (2019). Pelatihan Kesiapan Siswa SMK dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Di SMK Global Mulia, Cikarang. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 114. https://doi.org/10.24198/kumawula.v1i2.20029

Shahrubudin, N., Lee, T. C., & Ramlan, R. (2019). An Overview on 3D Printing Technology: Technological, Materials, and Applications. Procedia Manufacturing, 35, 1286–1296. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2019.06.089

Viswambaran, V. K., & Shafeek, S. (2019). Project Based Learning (PBL) Approach for Improving the Student Engagement in Vocational Education: An investigation on students‘ learning experiences & achievements. 2019 Advances in Science and Engineering Technology International Conferences (ASET), 1–8. https://doi.org/10.1109/ICASET.2019.8714463

World Design Organization. (2022). Definition of Industrial Design. WDO : World Design Organization. https://wdo.org/about/definition/


Keywords  :  
Kata Kunci: Human-Centered Design;, 3D-Printing;, Entrepreneurship;, Vocational School;, Project-Based Learning; Human-Centered Design;, 3D-printing;, Kewirausahaan;, SMK;, Pembelajaran Berbasis Proyek
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-09-27
Cara Mengutip  :  
Noviyanti, A., Yudha Prakasa, D., Saptari Saldi, Z., Fariz Akbar, M. S., & Canvin Santana, F. (2025). DESAIN DAN 3D PRINTING PADA PENGUATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK SMKN 2 CIREBON. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 6(2), 294–298. https://doi.org/10.52060/jppm.v6i2.3067
Terbitan  :