PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KALABORATIF SECARA PERIODIK DI SD NEGERI 206 /II SUNGAI BULUH

Ahmad Mulyadi ( SD Negeri 206 /II Sungai Buluh )

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang rendahnya  kesadaran guru untuk  belajar, kurangnya kesempatan guru mengikuti pelatihan, baik secara regional maupun nasional,  kurang  efektifnya  PKG, supervisi  pendidikan yang bertujuan memperbaiki proses pembelajaran  cenderung menitikberatkan pada  aspek administrasi yang mengakibatkan rendahnya kinerja dan wawasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun  rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, dan dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah  (PTS) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi edukatif kolaboratif  dapat meningkatkan wawasan dan kinerja guru pada siklus I dalam perencanaan 71,98%, pelaksanaan 72,44%, penilaian 31,3%, tindak lanjut 59,76%, sedangkan siklus II perencaan  92%, pelaksanaan 93,81%, penilaian 90,56%, dan tindak lanjut 83%.

References

Anom, G.A. 2020. Supervisi Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 4, Number 2, 2020 pp. 221-228 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakrik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta

Imran. 2018. Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Di SMA Negeri 1 Maligano Kabupaten Muna Tahun 2014. Jurnal Gema Pendidikan Vol. 25 Nomor 2, Juli 2018

Jokomarsono, W. 2019. Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) http://dx.doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p42-59

Muntoso, E. 2014. Teknik Supervisi Edukatif Kolaboratif Berkelanjutan Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol. 1, No. 1, Juni 2014. Edisi Khusus

Rivai. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Syamsuddin. A. 2005. Psikologi Kependidikan. Bandung: Rosda

_________. 2006. Undang-Undang Guru Dan Dosen. Semarang: PGRI Jawa Tengah.

Wiyoko, T., Megawati, M., Wandira, A. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Kelas III Sekolah Dasar Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran. V. 9, N. 1, P. 20-30, Jan. 2021. ISSN 2527-7049. Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.24269/Dpp.V9i1.3471.


Keywords  :  
Keywords: teacher performance, supervision;, collaborative educational kinerja guru, supervisi, edukatif kalaboratif
Galleys  :  
Published  :  
2021-03-13
How to Cite  :  
Mulyadi, A. (2021). PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KALABORATIF SECARA PERIODIK DI SD NEGERI 206 /II SUNGAI BULUH. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 2, 13–18. https://doi.org/10.52060/jppm.v2i1.478
Issue  :