PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KALABORATIF SECARA PERIODIK DI SD NEGERI 206 /II SUNGAI BULUH
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kesadaran guru untuk belajar, kurangnya kesempatan guru mengikuti pelatihan, baik secara regional maupun nasional, kurang efektifnya PKG, supervisi pendidikan yang bertujuan memperbaiki proses pembelajaran cenderung menitikberatkan pada aspek administrasi yang mengakibatkan rendahnya kinerja dan wawasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, dan dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui supervisi edukatif kolaboratif dapat meningkatkan wawasan dan kinerja guru pada siklus I dalam perencanaan 71,98%, pelaksanaan 72,44%, penilaian 31,3%, tindak lanjut 59,76%, sedangkan siklus II perencaan 92%, pelaksanaan 93,81%, penilaian 90,56%, dan tindak lanjut 83%.
References
Anom, G.A. 2020. Supervisi Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Pembelajaran di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 4, Number 2, 2020 pp. 221-228 https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakrik. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdiknas. 2004. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta
Imran. 2018. Peningkatan Kinerja Guru Melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Di SMA Negeri 1 Maligano Kabupaten Muna Tahun 2014. Jurnal Gema Pendidikan Vol. 25 Nomor 2, Juli 2018
Jokomarsono, W. 2019. Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik Sebagai Upaya Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP) http://dx.doi.org/10.26740/jdmp.v4n1.p42-59
Muntoso, E. 2014. Teknik Supervisi Edukatif Kolaboratif Berkelanjutan Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Penelitian Tindakan Sekolah dan Kepengawasan Vol. 1, No. 1, Juni 2014. Edisi Khusus
Rivai. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan : Dari Teori Ke Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Syamsuddin. A. 2005. Psikologi Kependidikan. Bandung: Rosda
_________. 2006. Undang-Undang Guru Dan Dosen. Semarang: PGRI Jawa Tengah.
Wiyoko, T., Megawati, M., Wandira, A. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Kelas III Sekolah Dasar Di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran. V. 9, N. 1, P. 20-30, Jan. 2021. ISSN 2527-7049. Doi:Http://Dx.Doi.Org/10.24269/Dpp.V9i1.3471.
Keywords | : |
Keywords:
teacher performance, supervision;, collaborative educational kinerja guru, supervisi, edukatif kalaboratif
|
Galleys | : | |
Published | : |
2021-03-13
|
How to Cite | : |
Mulyadi, A. (2021). PENINGKATAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KALABORATIF SECARA PERIODIK DI SD NEGERI 206 /II SUNGAI BULUH. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 2, 13–18. https://doi.org/10.52060/jppm.v2i1.478
|
Issue | : |