PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR UNTUK PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SISWA

  • Septiana Kurniasari Universitas Negeri Gorontalo
  • Muhammad Yunus Universitas Negeri Gorontalo
  • Sandi Nuralim Universitas Negeri Gorontalo
  • Tirani Mantulangi Universitas Bina Mandiri
  • Moh Arif Alfan Habibi Universitas Kanjuruhan Malang
Keywords: Kampus Mengajar, Numeracy Literacy, Students

Abstract

The low level of numeracy literacy in Indonesia causes human resources to be uncompetitive. To solve these problems, through the Kampus Mengajar Program Batch 5, students develop programs that are implemented during their assignment at SD Negeri 12 Kabila. The purpose of this activity is to find out the role of Kampus Mengajar students Batch 5 in increasing students' numeracy literacy. The method used in this activity is descriptive method. The results of the activity show that the Kampus Mengajar Program Batch 5 is very influential in realizing an increase in numeracy literacy in students. Students as agents of change also play an important role in increasing enthusiasm, learning motivation and student learning outcomes as well as creating fun and enjoyable learning media.

References

Andriana E., Rokmanah S., dan Pinanggih AP. 2022. Penerapan Media Pembelajaran Benda Konkret Gelas Ajaib untuk Meningkatkan Kemampuan Perkalian Peserta Didik di Kelas 4 SDIT Al Muqorrobin. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri Vol. 8 No. 2 Tahun 2022 hal 903-910

Anjiani MM., dan Hasanudin C. 2023. Peran Guru dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Daring, Unit Kegiatan Mahasiswa Jurnalistik (Sinergi), IKIP PGRI Bojonegoro Tahun 2023 hal 1171-1176

Arahmah F., Yudha CB., dan Ulfa M. 2021. Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi pada Matematika melalui Metode Student Facilitator and Explaining. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021 Tahun 2021 hal 209-218

Daroin AD., Santoso OVK., Pranidia DMA., dan Halimah LL. 2022. Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di SDN 2 Gombang Tulungagung. D’edukasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 Tahun 2022 hal 38-49

Dewi GADA., Rati NW., dan Trisna GAPS. 2022. Media Kober (Kotak Berhitung) Berbasis Permainan Spin Wheel pada Muatan Matematika. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran Vol. 5 No. 3 Tahun 2022 hal 465-474

Ifrida F., Huda M., Prayitno HJ., Purnomo, E., dan Sujalwo. 2023. Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar Vol. 3 No. 1 Tahun 2023 hal 1-12

Munahefi DN., Lestari FD., Mashuri, dan Kharisudin I. 2023. Pengembangan Kemampuan Literasi Numerasi melalui Pembelajaran Tematik Terintegrasi Berbasis Proyek. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika Tahun 2023 hal 663-669

Pratiwi AD., Nugroho AA., Setyawati RD., dan Raharjo S. 2023. Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Siswa Kelas IV di SD Negeri Tlogosari 01 Semarang. JANACITTA : Journal of Primary and Children’s Education Vol. 6 No. 1 Tahun 2023 hal 38-47

Salsabila UH., Habiba IS., Amanah IL., Istiqomah NA., dan Difany S. 2020. Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Pembelajaran di Tengah Pandemi pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi Vol. 4 No. 2 Tahun 2020 hal 163-172

Siregar P. 2022. Pelaksanaan Pembelajaran Literasi Numerasi pada Siswa Kelas 5B SD Negeri 101880 Aek Godang Padang Lawas Utara. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Vol. 6 No. 2 Tahun 2022 hal 366-376

Zain BRN., Saputra HH., dan Musaddat S. 2022. Analisis Kesulitan Memahami Perkalian 1 Sampai dengan 10 Siswa Kelas 2 SDN 3 Loyok Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan Vol. 7 No. 3b Tahun 2022 hal 1429-1434

Published
2023-10-02
How to Cite
Kurniasari, S., Yunus, M., Nuralim, S., Mantulangi, T., & Alfan Habibi, M. (2023). PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR UNTUK PENINGKATAN LITERASI NUMERASI SISWA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 4(2), 325-330. https://doi.org/10.52060/jppm.v4i2.1389