IMPLEMENTASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 3 SEBAGAI WUJUD KONTRIBUSI BELAJAR SAMBIL BERDAMPAK
Abstract
Program Kampus Mengajar merupakan salah satu program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk membantu sekolah dasar maupun menengah yang terdampak pandemi Covid-19. Salah satu sekolah dasar yang menjadi sasaran program ini adalah SDN No. 40 Hulonthalangi, Gorontalo. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui implementasi program Kampus Mengajar sebagai wujud kontribusi belajar sambil berdampak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa implementasi program Kampus Mengajar di SDN No. 40 Hulonthalangi, Gorontalo melalui program pendampingan peningkatan literasi numerasi, adaptasi teknologi dan administrasi, berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif kepada seluruh elemen yang terlibat, khususnya di sekitar lingkungan sekolah.
References
Anwar RN. 2021. Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan. Vol. 9 No. 1 Tahun 2021 hal 210-220.
Ashari YA, Setiawan F., dan Mirnawati LB. 2022. Peran Mahasiswa dalam Membantu Adaptasi Teknologi terhadap Guru pada Program Kampus Mengajar 1 di SD Pelita Bangsa Surabaya. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar. Vol. 6 No. 1 Tahun 2022 hal 42-53.
Dewi AK., Pujayanto dan Ekawati EY. 2015. Eksperimen Model Blended Learning dan Joyfull Learning Sub Tema Ekosistem Air Tawar Ditinjau dari Aktivitas Siswa Kelas VII SMPN 9 Surakarta. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF). Vol. 5 No. 1 Tahun 2015 hal 50-55.
Fatonah K., Alfian dan Lestari S. 2021. Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta Nurani Jakarta. Jurnal Sekolah. Vol. 5 No. 4 Tahun 2021 hal 194-205.
Firdaus dan Mulyani PS. 2019. Identifikasi Peran Alat Peraga IPA SD/MI di Kabupaten Wonosobo. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE). Vol. 2 No. 1 Tahun 2019 hal 151-156.
Hutauruk GM, Turnip J., dan Sembiring J. 2021. Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi pada Aktivitas Siswa di SMK Swasta Teladan Tanah Jawa. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Nommensen Siantar (JP2NS). Vol. 1 No. 1 Tahun 2021 hal 44-50.
Jonimar. 2020. Pemanfaatan Alat Peraga IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. ISEJ: Indonesian Science Education Journal. Vol. 1 No. 2 Tahun 2020 hal 69-84.
Lestari S., Fatonah K., dan Halim A. 2021. Mewujudkan Merdeka Belajar: Studi Kasus Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Swasta di Jakarta. Jurnal Basicedu. Vol. 5 No. 6 Tahun 2021 hal 6426-6438.
Meilia AT., dan Erlangga G. 2022. Aktualisasi Program Kampus Mengajar sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa terhadap Pendidikan Dasar di Indonesia. Metodik Didaktik. Vol. 17 No. 2 Tahun 2022 hal 120-128.
Putri MM. 2022. Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Peserta Didik pada Masa Pandemi di Pondok Pesantren MTI Paninggahan. At-Tarbiyah al- Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3 No. 1 Tahun 2022 hal 28-34.
Rutdjiono D., Rozikin K., dan Setiawan ND. 2021. Pemanfaatan Metode Joyfull Learning dalam Multimedia Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris. Jurnal Ilmiah Elektronika dan Komputer. Vol. 14 No. 2 Tahun 2021 hal 189-197.
Susanti N. 2020. Penerapan Strategi Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa (PBAS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Aspek Berbicara Siswa Kelas IX SMPN 12 Mandau. Jurnal Junjungan Pendidikan (Intelektual dan Edukatif). Vol. 1 No. 1 Tahun 2020 hal 38-61.