ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM DAN NON-LABORATORIUM PADA MAHASISWA INFORMATIKA MEDIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI
Abstrak
Lingkungan pembelajaran memainkan peran penting dalam mendukung pencapaian hasil akademik mahasiswa, terutama dalam bidang yang membutuhkan keterampilan praktis seperti informatika medis dan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis laboratorium dibandingkan dengan pembelajaran non-laboratorium terhadap hasil belajar mahasiswa informatika medis dan teknologi informasi. Metode penelitian ini melibatkan desain kuasi-eksperimen dengan sampel mahasiswa kelas A (n=45) yang menggunakan laboratorium dan kelas B (n=30) yang tidak menggunakan laboratorium. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-t independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data normal dan homogen, serta terdapat perbedaan signifikan pada nilai pembelajaran mahasiswa, di mana kelompok yang menggunakan laboratorium memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok non-laboratorium. Hasil ini menegaskan bahwa pembelajaran berbasis laboratorium mampu meningkatkan pemahaman konseptual dan keterampilan praktis mahasiswa secara lebih efektif. Implikasi penelitian ini menunjukkan pentingnya integrasi fasilitas laboratorium dalam kurikulum pendidikan tinggi, khususnya dalam program studi informatika medis dan teknologi informasi dan teknologi informasi, serta perlunya pengembangan strategi pembelajaran yang menggabungkan aspek praktis dan teoritis untuk hasil pendidikan yang lebih optimal.
Referensi
ACIM, A., MAYSURI, T., & SOPACUA, J. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Sma Negeri 3 Maluku Tengah. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(4), 566-580.
ANDRIANI, T. (2016). Sistem pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Sosial Budaya, 12(1), 117-126.
ARIANTI, A. (2019). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41-62.
ASTUTI, R., SETIANINGSIH, G. M., & RAHAYU, S. (2021). Efektifitas Praktikum biokimia berbasis laboratory virtual di masa pandemi COVID-19: Studi komparasi praktikum luring dan daring untuk meningkatkan pemahaman konsep materi protein pada mahasiswa. Jurnal inovasi pendidikan dan sains, 2(1), 13-18.
BONOK, Z. (2023). Pemanfaatan Teknologi Digital pada Praktikum Sistem Telekomunikasi Lanjut. KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan, 3(1), 13-23.
CERLI, A. (2023). Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Antara Praktikum Hands On Dan Virtual Laboratorium Berbasis Phet Simulation Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa.
HARTATI, M. S. (2019). Pengembangan metode pembelajaran dalam menghadapi revolusi industri 4.0. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1).
HAYATI, R. S. (2020). Pendidikan lingkungan berbasis experiential learning untuk meningkatkan literasi lingkungan. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 20(1), 63-82.
HIDAYAT, T. (2014). Penerapan Teknologi Augmented Reality Sebagai Model Media Edukasi Kesehatan Gigi Bagi Anak. Creative Information Technology Journal, 2(1), 77-92.
KUSUMANINGSIH, Y. R., ISWAHYUDI, C., & SUSANTI, E. (2014). Pengembangan model laboratorium virtual sebagai solusi keterbatasan sumber daya pembelajaran. In Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), Yogyakarta.
MUHAJARAH, K., & SULTHON, M. (2020). Pengembangan laboratorium virtual sebagai media pembelajaran: Peluang dan tantangan. Justek: Jurnal Sains Dan Teknologi, 3(2), 77-83.
NABABAN, D., MARPAUNG, A. K., & KORESY, A. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719.
NINGRUM, A. S. (2022). Pengembangan perangkat pembelajaran kurikulum merdeka belajar (metode belajar). Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 166-177.
RHAMASUCI, L. (2020). Hubungan Fasilitas Laboratorium Komputer Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Teknologi Perkantoran Kelas X Smk Negeri 7 Medan (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Medan).
SIREGAR, T., HILDA, L., AMIR, A., SYEKH, U., & HASAN, A. (2024). Evaluasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa melalui Penggunaan Metode Tugas Berbasis Proyek di UIN Syahada Padangsidimpuan Evaluasi dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa melalui Penggunaan Met.
SUCILIYANA, Y. (2020). Augmented reality sebagai media pendidikan kesehatan untuk anak usia sekolah. Jurnal Surya Muda, 2(1), 39-53.
SUNANDI, I., JULIATI, J., HERMAWAN, W., & RAMADHAN, G. (2023). Dampak Integrasi Teknologi pada Pengalaman Belajar Mahasiswa Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3046-3054.
SUTARMAN, A. (2016). Pemanfaatan pembelajaran berbasis komputer model CD interaktif tutorial untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(1), 81-98.
TAUFIQURRAHMAN, T., & JUNAIDI, J. (2021). Pembelajaran berbasis Proyek (Project-based Learning) untuk mengembangkan keterampilan abad 21. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(2), 225-241.
Keywords | : | |
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2025-01-01
|
Cara Mengutip | : |
Windari, R. R., Marisa, Milawati, Riddizon, W., Raipuri, M. A. R., & Ramanda, F. (2025). ANALISIS PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS LABORATORIUM DAN NON-LABORATORIUM PADA MAHASISWA INFORMATIKA MEDIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Informatika Medis (J-INFORMED), 2(2), 58–62. https://doi.org/10.52060/im.v2i2.2694
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|