ANALISIS SENTIMEN PENILAIAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN MENGGUNAKAN TF-IDF DAN NAIVE BAYES
Abstract
Rumah sakit merupakan penyelenggara layanan kesehatan yang tidak bisa diremehkan. Evaluasi terhadap kualitas pelayanan rumah sakit menjadi titik fokus dalam upaya memahami tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan kesehatan yang mereka terima. Ulasan Google Maps memberikan gambaran nyata dari persepsi masyarakat terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Penelitian ini menggunakan dataset dari ulasan google maps Rumah Sakit Muhammadiyah Lamongan sebagai objek penelitian. Penulis menggunakan TF-IDF dan Naive Bayes serta teknik Cross Validation untuk mengelompokkan penilaian berdasarkan sentimen positif dan negatif, sekaligus memudahkan identifikasi aspek-aspek yang relevan. Aspek yang diteliti pada penelitian ini meliputi penanganan pasien, ketersediaan fasilitas, keefektifan administrasi, dan transparansi biaya. Peneliti juga menerapkan analisis Root Cause untuk memfasilitasi penggunaan hasil penelitian dalam mengidentifikasi serta memberikan solusi atas permasalahan yang terkait. Hasil pengujian menggunakan Cross Validation dengan fold k-2 menunjukkan tingkat akurasi sebesar 85,91%, dengan tingkat precision mencapai 86,64%, recall sebesar 85,91%, dan F1-Score sebesar 86,19%, Pengujian pada 20% data uji menghasilkan tingkat akurasi mencapai 80%. Untuk itu penerapan metode Naïve Bayes Classifier dan TF-IDF untuk mengklasifikasikan ulasan pelanggan dapat berhasil diimplementasikan menggunakan library Scikit-learn di Python.
References
ALFARIZI, S., & FITRIANI, E. (2023). Analisis Sentimen Kendaraan Listrik Menggunakan Algoritma Naive Bayes dengan Seleksi Fitur Information Gain dan Particle Swarm Optimization. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 9(1), 19–27. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse
DZULKARNAIN, T., RATNAWATI, D. E., RAHAYUDI, B., & Korespondensi, P. (2023). Penggunaan Metode Naïve Bayes Classifier Pada Analisis Sentimen Penilaian Masyarakat Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Di Malang The Use Of The Naïve Bayes Classifier Method In Sentiment Analysis Of The Community’s Assessment Of Hospital Services In Malang. 10(7). https://doi.org/10.25126/jtiik.2023107979
KHOFIFAH, W., RAHAYU, D. N., & YUSUF, A. M. (2022). Analisis Sentimen Menggunakan Naive Bayes Untuk Melihat Review Masyarakat Terhadap Tempat Wisata Pantai Di Kabupaten Karawang Pada Ulasan Google Maps. Jurnal Interkom: Jurnal Publikasi Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, 16(4), 28–38. https://doi.org/10.35969/interkom.v16i4.192
MUSTIKANANDA, D., RATNAWATI, D. E., & RAHAYUDI, B. (2022). Perbandingan Algoritma Naïve Bayes dan Support Vector Machine untuk Analisis Sentimen terhadap Review Produk Aster Kosmetik Malang Marketplace Shopee (Vol. 6, Nomor 7). http://j-ptiik.ub.ac.id
SUSENDI, N., SUPARMAN, A., & SOPYAN, I. (2021). Kajian Metode Root Cause Analysis yang Digunakan dalam Manajemen Risiko di Industri Farmasi. Majalah Farmasetika, 6(4), 310. https://doi.org/10.24198/mfarmasetika.v6i4.35053
WAHYUDI, R., KUSUMAWARDHANA, G., PURWOKERTO, A., LETJEND, J., SOEMARTO, P., Purwanegara, K., Purwokerto, T., & Banyumas, K. (2021). Analisis Sentimen pada review Aplikasi Grab di Google Play Store Menggunakan Support Vector Machine. JURNAL INFORMATIKA, 8(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ji
YUTIKA, C. H., ADIWIJAYA, A., & FARABY, S. AL. (2021). Analisis Sentimen Berbasis Aspek pada Review Female Daily Menggunakan TF-IDF dan Naïve Bayes. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 5(2), 422. https://doi.org/10.30865/mib.v5i2.2845
ZHAFIRA, D. F., RAHAYUDI, B., & INDRIATI, I. (2021). Analisis Sentimen Kebijakan Kampus Merdeka Menggunakan Naive Bayes dan Pembobotan TF-IDF Berdasarkan Komentar pada Youtube. Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi, dan Edukasi Sistem Informasi, 2(1). https://doi.org/10.25126/justsi.v2i1.24
Keywords | : |
Keywords:
Analisis Sentimen, Rumah Sakit, Ulasan Google Maps, TF-IDF, Naive Bayes
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-03
|
How to Cite | : |
Ayatullah, A. H., Kriswantoro, M. C., Zakka, M. S. Y., & Al'Insani, A. R. (2024). ANALISIS SENTIMEN PENILAIAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH LAMONGAN MENGGUNAKAN TF-IDF DAN NAIVE BAYES. Jurnal Informatika Medis (J-INFORMED), 2(1), 27–32. https://doi.org/10.52060/im.v2i1.2198
|
Issue | : |
Section
Articles
|