KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) keefektifan pembelajaran missouri mathematics project dengan pendekatan problem solving (MMP-PS) terhadap kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa, (2) keefektifan pembelajaran missouri mathematics project (MMP) terhadap kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (3) perbedaan keefektifan pembelajaran MMP-PS dengan MMP terhadap kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Pendekatan penelitian ini merupakan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen.Keefektifan pembelajaran MMP-PS maupun MMP terhadap kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis menggunakan uji t satu sampel. Perbedaan keefektifan pembelajaran MMP-PS dengan MMP terhadap kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa dianalisis menggunakan MANOVA.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran MMP-PS efektif terhadap kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Pembelajaran MMP tidak efektif terhadap kemandirian belajar, tetapi efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis. Selain itu, terdapat perbedaan keefektifan antara pembelajaran MMP-PS dan MMP terhadap kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Hasil uji lanjut menunjukkan pembelajaran missouri mathematics project dengan pendekatan problem solving lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran missouri mathematics project terhadap kemandirian belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa.
Referensi
Arrahmah, J., Kusuma, Y.Y., & Fadhilaturrahmi, F. (2024). Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning di Sekolah Dasar. Journal of Education Research. 5(2). 1105-1117.https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.919.
Baharuddin., Khadijah., & Masni. (2024). Keefektifan Pembelajaran Missouri Mathematics Project dengan Pendekatan Problm Solving terhadap Kemandirian Belajar. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika. 4(1). 327-338. https://doi.org/10.51574/kognitif.v4i1.1196
Baharuddin., Zaki. A., Khadijah., & Asmaun. (2024). Training to Prove the Area of Circle using Manipulative Media through Mathematics Learning Assistance. Mattawang: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 5(2). 32-36. https://doi.org/10.35877/454RI.mattawang2770
Fata, R., Haji, S., & Sumardi, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Penalaran dan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa MTs JA-Alhaq Kota Bengkulu. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika, dan Statistika. 4(3). 1588-1597. https://doi.org/10.46306/1b.v4i3.452
Gunadi, F., Ulfha, R., & Imam, P.H. (2020). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Persamaan Trigonometri. MATHLINE. 5(1). 77-86. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i1.144
Handayani, I., Januar, R. L., & Purwanto, S. E. (2018). The effect of missouri mathematic project learning model on students’ mathematical problem solving ability. IOP Con. Series: Journal of Physics, DOI: 10.1088/1742-6596/948/1/012046.
Hodiyanto, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gender. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 219-228.
Hooijdonk, M.V., Mainhard, T., Kroesbergen, E.H., & Tartwijk, J.V. (2024). Can Elementary School Teachers Assess Students’ Creative Problem Solving Ability?. Journal Teaching and Teacher Education. 146. 1-10. https://doi.org/10.1016/j.tate.2024.104644
Huda, M. (2017). Cooperative learning metode, teknik, struktur dan model penerapan. Yogyakatra: Pustaka Pelajar.
Indrawati., Zaida, S., &Lestari, P.E.P. (2024). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Kmandirian Belajar. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1). 52-64. https://doi.org/10.28918circle.v4i1.6897.
Latif, M., Usman, K., & Majid, M. (2024). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII di SMP Negeri 11 Gorontalo. Journal of Education. 7(1). 1599-1605. https://doi.org/10.31004/joe.v7i1.6488
Mansyur, M., & Khaerani, K. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. EQUALS:Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(1).10-20. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.560
Muhtadi, A., Ismaniati, C., Haryanto., Miyarso, E., Dwi, D. (2022). Gender Perspektiv: Independent Learning of Generation Z in Online Learning. Jurnal of Education Technology. 6(2). 191-198. https://dx.doi.org/10.23887/jet.v6i2.45619
Nurhidayati, S.R., Kholis, N., Sumbawati, M.S., Zuhrie, M.S. (2024). Analisis Kemandirian Belajar Siswa dalam Penyelesaian Soal Mata Diklat Dasar Teknik Elektronika Kelas X di SMK Negeri 7 Kota Bekasi. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 13(3). 189-199. https://doi.org/10.26740/jpte.v14n01
Peraturan Presiden RI. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Nomor 87 tahun 2017.
Rivai, M. A., & Surya, E. (2017). Analisis model pembelajaran missouri mathematics project terhadap kemampuan penalaran matematika siswa smp. ResearchGate.
Sari, A. P., Manik, D. M. B., Dea, E., & Gulo, A. R.W. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SD. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa, dan Matematika. 2(5). 28-35. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i5.1162
Supriadi, N., Z, W.J., & Suherman, S. (2024) The Role of Learning Anxiety and Mathematical Reasoning as Predictor of Promoting Learning Motivation: The Mediating role of Mathematical Problem Solving. Thinking Skills and Creativity Journal. 52. 1-16. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101497
Tukan, A. G., Negoro, N., & Nurwoko, I. (2024). Efektivitas Pendekatan Problem Solving ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 10(1). 65-76. https://dx.doi.org/10.24853/fbc.10.1.65-76
Keywords | : |
Kata Kunci:
Missouri mathematics project, Problem solving, Kemandirian belajar, Kemampuan komunikasi matematis Problem Solving, Missouri Mathematics Project, , Independent Learning, Mathematical Communication Skills.
|
Galleys | : | |
Diterbitkan | : |
2024-10-01
|
Cara Mengutip | : |
Baharuddin, & Khadijah. (2024). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DENGAN PENDEKATAN PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. Jurnal Tunas Pendidikan, 7(1), 20–30. https://doi.org/10.52060/pgsd.v7i1.2364
|
Terbitan | : |
Bagian
Articles
|