the persepsi siswa tentang penggunaan ice breaking dalam pembelajaran bahasa inggris di sd alam muara bungo

analisis persepsi siswa

Febriani Nuryanti ( a:1:{s:5:"en_US";s:35:"UMMUBA, English Eduation Department";} )
Winda Trisnawati ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )
Renda Lestari ( Universitas Muhammadiyah Muara Bungo )

Abstrak

Penelitian ini yang berjudul Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar kerap menghadapi tantangan menjaga konsentrasi dan motivasi siswa. Salah satu strategi yang digunakan adalah ice breaking, yaitu kegiatan yang digunakan untuk mencairkan suasana, dan meningkatkan keterlibatan, serta menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi siswa kelas IV SD Alam Muara Bungo terhadap penggunaan ice breaking dalam pembelajaran bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas IV. Data diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur, dengan pedoman wawancara berdasarkan teori social learning Bandura. Analisis data dilakukan secara tematik menggunakan NVivo 12. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa memiliki persepsi positif, menganggap ice breaking dapat menenangkan, meningkatkan semangat, fokus, dan rasa percaya diri. Namun, sebagian kecil siswa menyampaikan persepsi negatif, seperti rasa bosan akibat kurangnya variasi dan ketidaknyamanan berpartisipasi. Temuan ini menegaskan pentingnya variasi ice breaking yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa agar manfaatnya optimal.

Referensi

Al Ghifarah, N., & Pusparini, R. (2023). Students’ Perception Towards the Role of Ice Breaking Activities in Learning English At Senior High School. Journal of English Language Teaching and Literature (JELTL), 6(2), 118–128. https://doi.org/10.47080/jeltl.v6i2.2793

Alkalah, C. (2019). Ice Breaking. 19(5), 1–23.

Bandura, A. (1986). Social Foudation of Thought and Action.

CRESWELL, J. W. (2012). EDUCATIONAL RESEARCH. In Educational research : planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research / John W. Creswell. — 4th ed. (FOURTH EDI, Vol. 16).

Darmawan, S. B., Ajie, A. P., Pratiwi, S. D., Desilia, T. B., Nurhidayat, M., Jannah, N. N. Al, Nurhasanah, F. A., Hidayatullah, F. I., Dilovia, F., Hutagalung, K. M., Aulia, A., Kristyaningrum, D., Wardana, F. D., & Adhani, F. (2024). The Importance of English Learning at an Early Age. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Dharmakayana, 1(2), 2024.

eka erviana vivi, Tri Setiyoko, D., & Moh, T. (2023). Analisis Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(3), 57–64. https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.529

Khairunnisa, T. (2020). Dampak Program Pelatihan Orangtua (PPOT) untuk Perkembangan Psikososial Siswa Penderita Autism Spectrum Disorder (ASD) di Sekolah Al-Falah Jakarta Timur. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55160

Khasyia, D. S., Ramdhani, M. F. A., Qodari, M. A., Dhafiana, N., Azzahra, N., Zanah, N. N. R., Yustiyati, S., Lailapuspa, H., & Lestari, T. (2024). Evaluasi Program Pendidikan Inklusif dengan Menggunakan CIPP Model. Afkaruna: International Journal of Islamic Studies (AIJIS), 2(1), 91–102. https://doi.org/10.38073/aijis.v2i1.2140

Limbong, M. (2020). Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik. Book, 53(9), 1689–1699.

Manurung, B. A., Wana, C. D., & Simanjuntak, G. C. (2025). Penerapan Ice Breaking untuk Memaksimalkan Konsentrasi Siswa Sekolah Dasar pada Awal Jam Pelajaran. Aljabar : Jurnal Ilmuan Pendidikan, Matematika Dan Kebumian, 1(2), 22–28.

Muharrir, Herdah, & Effendy, R. (2022). Penggunaan Ice Breaking dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pinrang. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 179–186. https://doi.org/10.35905/alishlah.v20i2.3318

pertiwi, R. (2015). CHAPTER I INTRODUCTION 1.1 Research Background Ice breaking is an equivalent word that is divided into two English words, which means “breaking the ice”,(Bambang et al., 2022). This meaning is usually often used in training and educational contexts to ref.

Rahman, S. (2021). PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0” PENTINGNYA MOTIVASI BELAJAR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat, 05(November), 298.

Ratih Yuana Sari, & Riris Nurkholidah Rambe. (2023). Dampak Penerapan Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD. Journal of Education Action Research, 7(4), 527–534. https://doi.org/10.23887/jear.v7i4.68961

Reffalleo, A. (2024). Its Influence on Students ’ Self -Confidence in.

Safitri, A., Kotimah, H., & Salpa Riansi, E. (2024). Penerapan Ice Breaking Dalam Pembelajaran Interaktif Pada SiswaSMP Negeri 1 Cadasari. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(10)(November), 218–222. https://doi.org/10.59435/gjmi.v2i11.1075

Sasan, J. M. V, Tugbong, G. M., & Alistre, K. L. C. (2023). An Exploration Of Icebreakers And Their Impact On Student Engagement In The Classroom. International Journal of Social Service and Research, 3(11), 2921–2930. https://doi.org/10.46799/ijssr.v3i11.566

Trisnaningtyas, S., & Setiyaningsih, D. (2024). Pengaruh Ice Breaking terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. https://doi.org/10.57008/jjp.v4i01.698

Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis Dalam Menjawab Problem Pembelajaran di Mi). Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 94–111. https://doi.org/10.36835/au.v1i2.235

Zuhaery, M., Dian Hidayati, & Hidayat, M. (2024). Penerapan Ice Breaking dalam proses Pembelajaran sebagai Pengalaman Belajar yang Menyenangkan. Academy of Education Journal, 15(2), 1412–1417. https://doi.org/10.47200/aoej.v15i2.2492


Keywords  :  
Kata Kunci: pembelajaran bahasa inggris, persepsi, ice breaking
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-12-01
Cara Mengutip  :  
Nuryanti, F., Trisnawati, W., & Lestari, R. (2025). the persepsi siswa tentang penggunaan ice breaking dalam pembelajaran bahasa inggris di sd alam muara bungo: analisis persepsi siswa . Journal Of Language Education and Development (JLed), 8(1), 1–13. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pbi/article/view/3564
Terbitan  :  

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 > >>