Students' Motivation Students' Motivation in Learning English Using Ice breaking: A case study of students At SDN 025/II Muara Bungo
Students Motivation in learning english using ice breaking: A case study of students At SDN 025/II Muara Bungo
Abstract
Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam
pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat dasar. Berdasarkan
observasi awal dan wawancara, siswa di SDN 025/II Muara Bungo menunjukkan
respon positif terhadap penggunaan ice breaking dalam proses pembelajaran. Mereka muncul
lebih antusias, fokus, dan terlibat aktif dalam kegiatan kelas. Ini
temuan awal mengarahkan peneliti untuk menyelidiki jenis motivasi apa yang dimiliki siswa
yang dimiliki dan strategi apa yang mereka gunakan untuk mempertahankan motivasi mereka.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan
dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan lima siswa sebagai peserta.
Peneliti menggunakan pertanyaan terbuka untuk mengeksplorasi pembelajaran siswa.
pengalaman mendalam. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman,
yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh
faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi minat terhadap bahasa Inggris dan
keinginan untuk berprestasi, sedangkan faktor eksternal meliputi dorongan guru, rasa gembira
suasana belajar, dan penerapan ice breaking. Ice breaking membantu
mengurangi ketegangan, menciptakan lingkungan kelas yang santai, dan meningkatkan
keterlibatan. Untuk tetap termotivasi, siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan interaktif
kegiatan, fokus pada penjelasan guru, dan merespon secara positif terhadap
- memuji.
References
Afriazi, R. (2016). Pembelajaran
Bahasa Inggris di Perguruan
Tinggi Menghadapi
Tantangan Abad XXI. Jurnal
Ilmu Pendidikan Universitas
Negeri Malang, 7(1),114103.
Amelia, S., Sitanggang,. The
Relationship Between the
Use of Ice Breaking and
Class Management in
Thematic Learning.
Paedagogi: Jurnal Kajian
Ilmu Pendidikan (E-Journal),
Arimbawa, I. K., (2017). Pengaruh
Penggunaan Ice Breaker
Terhadap Motivasi Belajar
Siswa Sekolah Dasar.
MIMBAR PGSD Undiksha,
(2).
Astuti, A,R. “The Influence Of Ice
Breaker To Students'
Motivation In Teaching
English”. (Vol..3, No.2,
.
Brown, D, H. (2007), Principle of
Language Learning &
Teaching (5th Edition)
Creswell,J,W. (2009). Research
Design: Qualitative,
Quantitative, and Mixed
Methods Approaches (3rd)
Los Angeles:Sage
Chani, S. R., (2024). Exploring the
efficacy of creative ice
breaking techniques in
classroom learning. Jurnal
Prima Edukasia, 12(2), 228-
Dauyah, E.,(2018). Journal Serambi
Ilmu, Volume 19, Nomor 2,
Edisi September 2018.
(September)
| Keywords | : |
Keywords:
Motivation,Ice breaking, Strategy
|
| Galleys | : | |
| Published | : |
2025-11-30
|
| How to Cite | : |
Sar'i Family, M. L. P., & Lestari, R. (2025). Students’ Motivation Students’ Motivation in Learning English Using Ice breaking: A case study of students At SDN 025/II Muara Bungo : Students Motivation in learning english using ice breaking: A case study of students At SDN 025/II Muara Bungo . Journal Of Language Education and Development (JLed), 8(1), 41–60. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pbi/article/view/3584
|
| Issue | : |







1.png)
