Students' Motivation Students' Motivation in Learning English Using Ice breaking: A case study of students At SDN 025/II Muara Bungo

Students Motivation in learning english using ice breaking: A case study of students At SDN 025/II Muara Bungo

Manisa Laksana Putri Sar'i Family ( a:1:{s:5:"en_US";s:12:"Teluk Pandak";} )
Renda Lestari ( UNIVERISITAS MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO )

Abstract

Motivasi merupakan salah satu faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam

pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat dasar. Berdasarkan

observasi awal dan wawancara, siswa di SDN 025/II Muara Bungo menunjukkan

respon positif terhadap penggunaan ice breaking dalam proses pembelajaran. Mereka muncul

lebih antusias, fokus, dan terlibat aktif dalam kegiatan kelas. Ini

temuan awal mengarahkan peneliti untuk menyelidiki jenis motivasi apa yang dimiliki siswa

yang dimiliki dan strategi apa yang mereka gunakan untuk mempertahankan motivasi mereka.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan

dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dengan lima siswa sebagai peserta.

Peneliti menggunakan pertanyaan terbuka untuk mengeksplorasi pembelajaran siswa.

pengalaman mendalam. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman,

yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh

faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi minat terhadap bahasa Inggris dan

keinginan untuk berprestasi, sedangkan faktor eksternal meliputi dorongan guru, rasa gembira

suasana belajar, dan penerapan ice breaking. Ice breaking membantu

mengurangi ketegangan, menciptakan lingkungan kelas yang santai, dan meningkatkan

keterlibatan. Untuk tetap termotivasi, siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan interaktif

kegiatan, fokus pada penjelasan guru, dan merespon secara positif terhadap

  • memuji. 

References

Afriazi, R. (2016). Pembelajaran

Bahasa Inggris di Perguruan

Tinggi Menghadapi

Tantangan Abad XXI. Jurnal

Ilmu Pendidikan Universitas

Negeri Malang, 7(1),114103.

Amelia, S., Sitanggang,. The

Relationship Between the

Use of Ice Breaking and

Class Management in

Thematic Learning.

Paedagogi: Jurnal Kajian

Ilmu Pendidikan (E-Journal),

Arimbawa, I. K., (2017). Pengaruh

Penggunaan Ice Breaker

Terhadap Motivasi Belajar

Siswa Sekolah Dasar.

MIMBAR PGSD Undiksha,

(2).

Astuti, A,R. “The Influence Of Ice

Breaker To Students'

Motivation In Teaching

English”. (Vol..3, No.2,

.

Brown, D, H. (2007), Principle of

Language Learning &

Teaching (5th Edition)

Creswell,J,W. (2009). Research

Design: Qualitative,

Quantitative, and Mixed

Methods Approaches (3rd)

Los Angeles:Sage

Chani, S. R., (2024). Exploring the

efficacy of creative ice

breaking techniques in

classroom learning. Jurnal

Prima Edukasia, 12(2), 228-

Dauyah, E.,(2018). Journal Serambi

Ilmu, Volume 19, Nomor 2,

Edisi September 2018.

(September)


Keywords  :  
Keywords: Motivation,Ice breaking, Strategy
Galleys  :  
Published  :  
2025-11-30
How to Cite  :  
Sar'i Family, M. L. P., & Lestari, R. (2025). Students’ Motivation Students’ Motivation in Learning English Using Ice breaking: A case study of students At SDN 025/II Muara Bungo : Students Motivation in learning english using ice breaking: A case study of students At SDN 025/II Muara Bungo . Journal Of Language Education and Development (JLed), 8(1), 41–60. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pbi/article/view/3584
Issue  :