investigasi pengalaman guru non jurusan bahasa inggris dalam mengajar bahasa inggris

Kuni Zakiyatul Hamidah ( a:1:{s:5:"en_US";s:23:"Universitas Nurul Jadid";} )
Durratul Hikmah ( Universitas Nurul Jadid )

Abstrak

Bahasa Inggris merupakan mata pelajaran wajib di sekolah menengah pertama, namun banyak lembaga, termasuk pesantren, bergantung pada guru non-Bahasa Inggris karena keterbatasan staf yang berkualifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengalaman guru non-Bahasa Inggris dalam mengajar Bahasa Inggris di MTs Nurul Jadid, dengan fokus pada tantangan yang dihadapi dan strategi yang diterapkan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Dengan menggunakan desain fenomenologi kualitatif dengan wawancara dan observasi, penelitian ini menemukan bahwa tantangan utama adalah kelelahan siswa akibat kegiatan pesantren yang intensif dan motivasi belajar yang rendah. Guru mengatasi hal ini melalui manajemen kelas yang adaptif, pembelajaran kontekstual dan interaktif, serta pengembangan diri yang berkelanjutan. Temuan ini menyoroti bahwa dengan komitmen, kesadaran profesional, dan kemampuan beradaptasi, guru non-Bahasa Inggris dapat mengajar Bahasa Inggris secara efektif dalam konteks pesantren.

Referensi

Ali Fauzi. (2020). Teaching English As a Local Content in the Fourth Grade Students of Sdn Bogorejo Merakurak Tuban. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(2), 62–79. https://doi.org/10.51675/jt.v14i2.102

Bell, E., Alan, B., & Bill, H. (2022). Sampling in qualitative research. Oxford University Press. https://doi.org/https://doi.org/10.1093/hebz/9780198869443.003.0030

Berlian, Z. (2022). Analysis of the Need for Increasing Professional Competence of Elementary School Teachers. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.973

Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. In Longman (Vol. 71, Issue 4). https://doi.org/10.2307/415773

Creswell, John W. & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry & research design: Choosing among five approaches (4th ed.).

Efendi, T. A., Nurhidayah, S., Prihantini, A. F., Basataka, J., Bina, S., & Mandiri, I. (2024). a Portrait of English Language Teaching in Elementary School By Non-English Major Teachers. 7(1), 312.

Fitria, T. N. (2023). Integrating English Language Teaching (ELT) Into Islamic Boarding Schools: A Review of Strategy and Challenges. Journal of English Language and Pedagogy (JELPA), 1(2), 64–78. https://doi.org/10.51826/jelpa.v1i2.772

Jalmaani, N. C. (2021). Square Peg in a Round Hole: Stories of The Non English Major Teachers Teaching English Subjects. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 05(11), 234–241. https://doi.org/10.47772/ijriss.2021.51116

Kathy Baxter, Catherine Courage, & Kelly Caine. (2015). Understanding Your Users: A Practical Guide to User Research Methods (Second Edi).

Olmos, F. (2010). Square Peg in an Round Hole: Out-of-Field Teaching and its Impact on Teacher Attrition.

Pribadi, R. A., Rasendriya, P. N., & Nazela, S. (2023). Peran Dan Fungsi Pendidik Ditinjau Dari Aspek Profesionalitas. NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 363–370. https://doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1036

Riadi, M. E., Biyanto, B., & Prasetiya, B. (2022). The Effectiveness of Teacher Professionalism in Improving the Quality of Education. KnE Social Sciences, 2022, 517–527. https://doi.org/10.18502/kss.v7i10.11253

Romadhon, M. G. E., Dzulfikri, D., & Ubaidillah, M. F. (2024). Non-English Major Teachers’ Experiences of Teaching English for Young Learners (Teyl): a Phenomenological Study. LLT Journal: Journal on Language and Language Teaching, 27(1), 320–335. https://doi.org/10.24071/llt.v27i1.6955

Saduyeva, F., Auezkhankyzy, D., Meyermanova, I., Khojakulova, U., & Hopia, H. (2023). Наблюдение Как Метод Сбора Данных В Исследованиях Сестринского Дела. Vestnik, 3(3(66)), 1–8. https://doi.org/10.53065/kaznmu.2023.66.3.001

Surayatika, D. (2022). Teachersâ€TM Strategies in Teaching English for Young Learners. Global Expert: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(1), 47–58. https://doi.org/10.36982/jge.v10i1.2229

UNESCO. (2020). Distance learning strategies in response to COVID-19 school closures. In UNESCO COVID-19 Education Response Education Sector issue notes (Issue April, pp. 1–8). https://en.unesco.org/covid19/educationresponse

Wulandari, O., Natasya, R. D., Masithoh, A. D., & Fuad, A. Z. (2024). Pengaruh Non-Linieritas Guru Terhadap Kompetensi Belajar Siswa Di Ma Safinda Surabaya. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 296–306. https://doi.org/10.51878/learning.v4i2.2923


Keywords  :  
Kata Kunci: Non-English Major Teacher, Challenges, Strategies Guru Non Jurusan Bahasa inggris, Tantangan, Strategi
Galleys  :  
Diterbitkan  :  
2025-11-30
Cara Mengutip  :  
Kuni Zakiyatul Hamidah, & Durratul Hikmah. (2025). investigasi pengalaman guru non jurusan bahasa inggris dalam mengajar bahasa inggris. Journal Of Language Education and Development (JLed), 8(1), 61–69. Diambil dari https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/pbi/article/view/3530
Terbitan  :