KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAGI ANAK ASD (AUTISM SPECTRUM DISORDER)

INSTRUCTIONAL COMMUNICATION IN TEACHING AND LEARNING PROCESS

Putri Ekaristy Haes ( Universitas Pendidikan Nasional Denpasar )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi instruksional dalam proses belajar mengajar guru dan anak ASD (Autism Spectrum Disorder) di kelas.Berdasarkan serangkaian kegiatan penelitian yang dilakukan pada Lembaga Pendidikan Prananda Bandung, komunikasi instruksional yang dilakukan oleh guru dalam proses belajar mengajar menggunakan pesan verbal berupa bahasa instruksi dan pesan nonverbal. Antara Bahasa instruksi dan pesan nonverbal keduanya saling melengkapi sehingga anak ASD (Autism Spectrum Disorder) dapat menerima materi pengajaran dengan baik. Pemberian pesan verbal dan nonverbal dalam proses belajar mengajar yang dilakukan guru didalam kelas memberikan perubahan dalam perilaku anak ASD (Autism Spectrum Disorder), perubahan perilaku berbeda-beda pada setiap anak, hal ini disebabkan oleh kondiri anak ASD (Autism Spectrum Disorder) yang tidak sama, selain itu,  pola asuh orang tua dirumah juga turun berperan terhadap perubahan perilaku anak. Media yang dipergunakan dalam proses belajar mengajarpun hanya media visual yang membantu anak ASD (Autism Spectrum Disorder) untuk mengenali materi yang disampaikan dengan mudah.

 


Keywords  :  
Keywords: Instructional Communication, verbal message, ASD Children's Komunikasi Instruksional, pesan verbal, anak ASD (Autism Spectrum Disorder
Galleys  :  
Published  :  
2019-07-30
How to Cite  :  
Haes, P. E. (2019). KOMUNIKASI INSTRUKSIONAL DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAGI ANAK ASD (AUTISM SPECTRUM DISORDER): INSTRUCTIONAL COMMUNICATION IN TEACHING AND LEARNING PROCESS. Journal Of Language Education and Development (JLed), 1(2), 112–124. https://doi.org/10.52060/jled.v1i2.141
Issue  :