Analisis Bibliometrik Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Sains Di Sekolah Menengah Atas: Studi Berbasis Scopus (2015–2025)

Amanda Agustin Nurzahra ( Universitas Negeri Jakarta )
Esmar Budi ( Universitas Negeri Jakarta )
Ely Rismawati ( Universitas Negeri Jakarta )

Abstract

Project Based Learning (PjBL) merupakan pendekatan inovatif yang menekankan partisipasi aktif siswa dalam pemecahan masalah nyata melalui kerja kolaboratif. Penerapan metode ini dalam pendidikan sains di Sekolah Menengah Atas terus berkembang, namun tren dan kontribusi ilmiahnya belum dipetakan secara sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren, kontribusi penulis dan institusi, serta distribusi penelitian Project Based Learning (PjBL) dalam pembelajaran sains di SMA dalam tahun 2015-2025 menggunakan metode bibliometrik. Penelitian ini merupakan studi bibliometrik dengan pendekatan deskriptif dan kuantitatif. Data dikumpulkan dari database Scopus selama periode 2015-2025, kemudian dianalisis menggunakan perangkat lunak R dengan Bibliometrik dan Biblioshiny. Populasi penelitian adalah seluruh publikasi yang memuat topik Project Based Learning (PjBL) di bidang sains pada jenjang Sekolah Menengah Atas. Data yang dianalisis mencakup tahun publikasi, afiliasi penulis, sumber publikasi, negara kontribusi terbanyak, penulis teratas, serta kata kunci dominan. Analisis dilakukan untuk melihat distribusi tren, kontribusi sumber, dan kontribusi institusional dengan menggunakan kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tren penelitian mengenai Project Based Learning melibatkan 376 sumber dan 849 dokumen. Berdasarkan analisis data, topik ini paling banyak dibahas pada tahun 2020 dengan mencatatkan 115 publikasi. Setelah data disaring, diketahui bahwa sumber publikasi dengan kontribusi terbanyak berasal dari ASEE Annual Conferences and Exposition, Conferences dengan jumlah 94 dokumen. Sementara itu, penulis yang paling aktif dalam penelitian ini adalah Capraro MM dan Capraro RM. Amerika Serikat (USA) tercatat sebagai negara dengan produksi ilmiah tertinggi dalam bidang project based learning di Sekolah Menengah Atas dengan jumlah 1424 dokumen. Penelitian ini menunjukkan bahwa minat terhadap Project Based Learning dalam pembelajaran sains di Sekolah Menengah Atas meningkat signifikan dalam dekade terakhir, dengan kontribusi besar dari institusi dalam penulis internasional. Penggunaan Project Based Learning (PjBL) di perguruan tinggi Indonesia mengalami peningkatan seiring dengan transformasi digital dalam dunia pendidikan. Di bidang pendidikan fisika Universitas Negeri Jakarta (UNJ), pendekatan ini mulai diimplementasikan salah satunya melalui model STEM-Project Based Learning (STEM-PjBL). Hasil ini memberikan gambaran komprehensif tentang arah perkembangan riset dan dapat menjadi dasar penguatan kebijakan dan praktik pembelajaran berbasis proyek di masa depan.

References

Bulkini, J., & Nurachadijat, K. (2023). Potensi Model PjBL (Project-Based Learning)dalam MeningkatkanMotivasi Belajar Siswa di SMP Azzainiyyah Nagrog Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi, dan Pengembangan Pembelajaran(JIEPP), (Hal. 16-21).

Pratiwi, S., Cari, C., & Aminah, N. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 2089-6158.

Hasanah, I., Anwar, S., & Mutshapa, I. (2024). A Trend Analysis of Project-based Learning in Chemistry Experiment: A Bibliometric Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 655-666.

Muhammad, I., Marchy, F., Rusyid, H., & Dasari, D. (2022). Analisis Bibliometrik: Penelitian Augmented Reality Dalam Pendidikan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 141-155.

Mutawally, A. (2021). Pengembangan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 1-6.

Naredi, H., Ruslan, A., & Samiah, W. (2023). REKONTRUKSI PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DI SMA SAINTEK BOARDING SCHOOL UHAMKA. Historical Studies Journal, 29-35.

Nugraha, I., Supriadi, U., & Iman, M. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) , 39-47.

Qorimah, F., Nasbey, H., & Rahmawati, Y. (2024). Desain Physics Parabolic Motion Digital Module (PPMDM) Berbasis Model Pembelajaran STEM-Project Based Learning. ejournal ummuba, 445–454.

Robbia, A., & Fuadi, H. (2020). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK DI ABAD 21. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 117–123DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.125118hari (Gultepe & Kilic, 2015). Kemampuan literasi sains merupakan kemampuan berpikir secara ilmiah dan kritis dan menggunakan pengetahuan ilmiah untuk mengembangkan keterampilan membuat .

Selamat, I. (2021). KETERAMPILAN ABAD KE-21PADA PEMBELAJARAN SAINS DENGAN KONTEKS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUESDI INDONESIA: TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2615-742.

Trimawati, K., Tjandrakirana, & Raharjo. (2020). PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN IPA TERPADU DALAM PEMBELAJARAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA SMP . Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 36-52


Keywords  :  
Keywords: Project Based Learning, Science, education, high School
Galleys  :  
Published  :  
2025-06-24
How to Cite  :  
Amanda Agustin Nurzahra, Esmar Budi, & Ely Rismawati. (2025). Analisis Bibliometrik Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Sains Di Sekolah Menengah Atas: Studi Berbasis Scopus (2015–2025). PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 167–177. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3172
Issue  :