Sinergi Dunia Pendidikan dan Industri dalam Mewujudkan Kemandirian Energi Berbasis Panas Bumi

Lutfi Apriyadi ( Universitas Sultan Ageng Tirtayasa )

Abstract

Energi yang berkelanjutan menjadi tantangan besar bagi Indonesia, terutama dalam menghadapi keterbatasan sumber energi fosil. Salah satu potensi energi terbarukan yang melimpah namun belum dimanfaatkan secara maksimal adalah energi panas bumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara dunia pendidikan dan industri dalam mendukung pengembangan energi panas bumi sebagai langkah strategis menuju kemandirian energi nasional. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara kepada pihak-pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sinergi antara institusi pendidikan dan pelaku industri masih lemah dan belum terintegrasi secara sistematis. Diperlukan pembaruan kurikulum, peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta dukungan kebijakan dari pemerintah agar kolaborasi ini dapat berjalan efektif. Dengan memperkuat hubungan antara pendidikan dan industri, pemanfaatan panas bumi diharapkan mampu menjadi solusi energi jangka panjang yang ramah lingkungan dan mendukung ketahanan energi nasional.

References

Ahluriza, P., & Harmoko, U. (2021). Analisis Pemanfaatan Tidak Langsung Potensi Energi Panas Bumi di Indonesia. Jurnal Energi Baru dan Terbarukan, 2(1), 53–59. https://doi.org/10.14710/jebt.2021.11075

Andwir, R., & Setiawan, A. D. (2023). Strategi Pengembangan Panas Bumi di Perusahaan Minyak dan Gas. Jurnal Energi Baru dan Terbarukan, 4(3), 145–153. https://doi.org/10.14710/jebt.2023.17604

Gendut Suprayitno, A. E. F., Arief Daryanto,. (2015a). Pengembangan Energi Panas Bumi yang Berkelanjutan. Semesta Teknika, 17(1), 68–82. https://doi.org/10.18196/st.v17i1.412

Khasmadin, M. F., & Harmoko, U. (2021). Kajian Potensi dan Pemanfaatan Energi Panas Bumi di Wilayah Kerja Panas Bumi Patuha Ciwidey. Jurnal Energi Baru dan Terbarukan, 2(2), 101–113. https://doi.org/10.14710/jebt.2021.11187

Muttaqin, A. R., Wibawa, A., & Nabila, K. (2021). Inovasi Digital untuk Masyarakat yang Lebih Cerdas 5.0: Analisis Tren Teknologi Informasi dan Prospek Masa Depan. Jurnal Inovasi Teknologi dan Edukasi Teknik, 1(12), 880–886. https://doi.org/10.17977/um068v1i122021p880-886

Nurwahyudin, D. S., & Harmoko, U. (2020). Pemanfaatan dan Arah Kebijakan Perencanaan Energi Panas Bumi di Indonesia Sebagai Keberlanjutan Maksimalisasi Energi Baru Terbarukan. Jurnal Energi Baru dan Terbarukan, 1(3), 111–123. https://doi.org/10.14710/jebt.2020.10032

Tampubolon, B. I., Fauzi, A., & Ekayani, M. (2016). INTERNALISASI BIAYA EKSTERNAL SERTA ANALISIS KEBIJAKAN PENGEMBANGAN ENERGI PANAS BUMI SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF. RISALAH KEBIJAKAN PERTANIAN DAN LINGKUNGAN: Rumusan Kajian Strategis Bidang Pertanian dan Lingkungan, 2(2), 97. https://doi.org/10.20957/jkebijakan.v2i2.10966

Umam, M. F., Muhammad, F., Adityatama, D. W., & Purba, D. P. (n.d.). Tantangan Pengembangan Energi Panas Bumi Dalam Perannya terhadap Ketahanan Energi di Indonesia.


Keywords  :  
Keywords: Kemandirian Energi, Energi Terbarukan, Transisi Energi
Galleys  :  
Published  :  
2025-06-19
How to Cite  :  
Apriyadi, L. (2025). Sinergi Dunia Pendidikan dan Industri dalam Mewujudkan Kemandirian Energi Berbasis Panas Bumi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 3, 31–34. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/3107
Issue  :