Pengaruh Bidang Keahlian, Lingkungan Keluarga, dan Efikasi Diri Terhadap Minat Wirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Ulvatus Sholekha ( a:1:{s:5:"en_US";s:36:"Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa";} )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat wirausaha berdasarkan bidang keahlian, lingkungan keluarga, danefikasi diri siswa SMK secara bersama-sama, untuk mengetahui minat wirausaha berdasarkan bidang keahlian siswa SMK, untuk mengetahui minat wirausaha berdasarkan lingkungan keluarga siswa SMK, untuk mengetahui minat wirausaha berdasarkan efikasi diri siswa SMK. Fokus penelitian mencakup bidang keahlian, lingkungan keluarga, dan efikasi diri sebagai variabel yang potensial memengaruhi kecenderungan siswa untuk memilih dan mengembangkan minat wirausaha. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan survei sebagai alat pengumpulan data utama. Sampel penelitian 100 siswa SMK Swasta yang tersebar di sejumlah sekolah di Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Yogyakarta. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner yang dirancang untuk mengukur minat wirausaha siswa, bidang keahlian yang diikuti, pengaruh lingkungan keluarga, dan tingkat efikasi diri. Analisis data dilakukan menggunakan teknik statistik deskriptif dan analisis regresi untuk mengidentifikasi hubungan dan signifikansi antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan tentang sejauh mana faktor-faktor tersebut memainkan peran dalam membentuk minat wirausaha siswa SMK Swasta. Koefisien regresi X1 sebesar 0,191 menunjukan bahwa variabel bidang keahlian sebesar 19%, Koefisien regresi X2 sebesar 0,303 menunjukan bahwa variabel lingkungan keluarga sebesar 30%. Koefisien regresi X3 sebesar 0,306 menunjukan bahwa variabel efikasi diri sebesar 31%. Sehingga semua variabel bebas mempengaruhi variabel terikat secara positif. Setelah dilakukan pengolahan data dengan metode statistik beserta analisisnya, maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bidang keahlian, lingkungan keluarga, dan efikasi diri berpengaruh positif signifikan secara bersama-sama (simultan) terhadap minat wirausaha siswa.

References

Adekiya, A. A., & Ibrahim, F. (2016). Entrepreneurship intention among students: The antecedent role of culture and entrepreneurship training and development. The International Journal of Management Education, 14(2), 116–132. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2016.03.001

Ahmadi, H. Abu. (2007). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Alma, Buchari. (2016). Kewirausahaan untuk Siswa dan Umum. Bandung:

Alfabeta, Alwisol. (2009). Psikologi Kepribadian Edisi Revisi. Malang: UMM Press.

Andryan, Lim Calvin. (2016). Pengaruh pendidikan kewirausahaan dan self efficacay terhadap niat entrepreneurship siswa Universitas Ciputra. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Volume 1 No. Surabaya : Universitas Ciputra.

Antonia, Naning Y. & Badraningsih L. (2020). The Influence Of Parenting, Self-Efficacy, And Entrepreneurial Interest Toward The Learning Motivation Of Creative Products And Entrepreneurship Of Culinary Management Vocational School Students. Jurnal Pendidikan Vokasi Volume 10, No. 3, 2020 (315-323)

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rineka Cipta.

Barnawi. (2012). School Preneurship, Membangkitkan Jiwa dan Sikap Kewirausahaan Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Campo, Jose Luis Martinez. (2011). Analysis of the influence of self efficacy on entrepreneurial intentions. Prospect, Volume 9 No. 2.

Cervone, Daniel. (2012). Personality: Theory and Research (Kepribadian, Teori dan Penelitian). Terjemahan Aliya Tusyani. Jakarta: Salemba Humanika.

Ciputra. (2012). Membentuk Jiwa Wirausaha. Jakarta: Kompas Media Nusantara. Darmawan, Yusron Ardi. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan Terhadap Keaktifan Siswa dan Minat Berwirausaha. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi UNY.

Chester, K. M. T., Martínez, J. M. G., Orero-Blat, M., & Chau, K. P. (2020). Predicting motivational outcomes in social entrepreneurship: Roles of entrepreneurial self-efficacy and situational fit. Journal of Business Research, 121, 209– 222. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2020.08.022

Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Direktori Jateng: Pendidikan SMK Negeri 2 Semarang. http://www.direktorijateng.com/2016/05/profil-smk-negeri-2 semarang.html?m=1. (4 Januari 2023).

Farrukh, M., Khan, A. A., Khan, M. S., Ramzani, S. R., & Soladoye, B. S. A. (2017). Entrepreneurial intentions: The role of family factors, personality traits and self-efficacy. World Journal of Entrepreneurship, Management and Sustainable Development, 13(4), 303–317. https://doi.org/10.1108/WJEMSD-03-2017-0018

Fuadi, I.F. (2009). Hubungan Minat Berwirausaha dengan Prestasi Praktik Kerja Industri Siswa kelas XII Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Adiwerna Kabupaten Tegal. Jurnal PTM, Volume 9 No. 2. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Ghasemi, F., Rastegar, A., Jahromi, R. G., & Marvdashti, R. R. (2011). The relationship between creativity and achievement motivation with high school students’ entrepreneurship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 30, 1291–1296. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.10.250

Ghozali, Imam. (2009). Ekonometrika, Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Girindiawati, D., dkk. (2022). The Influence of Self-Motivation, Family Environment, Technoprenuership Literacy Through Self-Efficacy on The Interest in Entreprenuership. Journal of Economic Education JEE 11 (2) 2022 : 220-230.

Gregory, Jess Feist. (2008). Theories of Personality Edisi 6 (Teori Kepribadian). Terjemahan Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadi, Sutrisno. (2004). Statistik Jilid 2. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamidah, Siti., dan Chomzana Kinta Marini. (2014). Pengaruh Self-Efficacy, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Pendidikan Vokasi, Volume 4 No. 2. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Handoko, Martin. (2003). Motivasi Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisius.

Hendro. (2011). Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.

Hussain, Altaf. (2015). Impact of Entrepreneurial Education on Entrepreneurial Intentions of Pakistani Students. Journal of Entrepreneurship and Business Innovation, Vol. 2 No. 1. Malaysia: University of Uttara.

Ikhsan, Arfan. (2005). Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Salemba Empat. Indarti, N., dan Rostiani, R. (2008). Intensi Kewitausahaan Siswa:Studi

Perbandingan Antara Indonesia, Jepang, dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia, Volume 23 No. 4. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Ismaya. (2012). Pengaruh Prestasi Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII pada Jurusan Akuntansi di SMK Negeri II Bandung Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Kruger, S., & Steyn, A. A. (2021). A conceptual model of entrepreneurial competencies needed to utilise technologies of Industry 4.0. International Journal of Entrepreneurship and Innovation, 22(1), 56–67. https://doi.org/10.1177/1465750320927359

Mahanani, Hanum Risfi. (2014). Analisis Pangaruh Faktor Internal danFaktor Lingkungan Eksternal Terhadap Minat Berwirausaha. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Mahfudzi, Ahmad A.B. & Raisa Fitri. (2022). The Influence of Family Environment on Generation Z's Entrepreneurial Intention through Self-Efficacy. Journal of Economics, Finance and Management Studies, Volume 5 Issue 10 October 2022. DOI: 10.47191/jefms/v5-i10-29

Mardta, Rendy, dkk. (2022). The Influence Of Entrepreneurship Knowledge, SelfEfficiency And Family Environment On Interest In Entrepreneurship, Students Of The Faculty Of Social Sciences, Jakarta State University. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran Dan Akuntansi, 7 (4) 2022, 120-128.

Masitoh, G., dkk. (2022). The Influence of Field Work Practices, Entrepreneurship Knowledge, and Family Environment on Entrepreneurial Interests Through Soft Skill. Journal of Economic Education JEE 11 (2) 2022 : 278-286

Munib, Achmad. (2012). Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Nasution. (2003). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nitisusastro, Mulyadi. (2013). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Prasetyo, Bambang. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Praswati, Aflit Nuryulia. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat wirausaha di kalangan siswa. Jurnal Research Methods and Organizational Studies. Hal 134-142. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Puni, A., Anlesinya, A., & Korsorku, P. D. A. (2018). Entrepreneurial education, self-efficacy and intentions in SubSaharan Africa. African Journal of Economic and Management Studies, 9(4), 492–511. https://doi.org/10.1108/AJEMS-09-2017-0211

Purwanto, Ngalim. (2003). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya. Republika. Jumlah Wirausahawan Meningkat. https://www.google.co.id/amp/m.republika.co.id/amp_version/n54k9 p. (11 April 2023).

Raine, A. L., & Pandya, M. (2019). Three keys to entrepreneurial success: Curiosity, creativity, and commitment. Entrepreneurship Education, 2(3–4), 189–198. https://doi.org/10.1007/s41959-019- 00019-y

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta. Semarangpedia.com: Tingkat Pengangguran Terbuka di Jateng 2016. http://semarangpedia.com/tingkat-pengangguran-terbuka-di-jateng. (23 Maret 2023).

Sanchez, P. L., Abad, P., Cabrero, C. F., & Calero, R. (2020). A university training programme for acquiring entrepreneurial and transversal employability skills, a students' assessment. Journal of Sustainability (Switzerland), 12(3), 1–17. https://doi.org/10.3390/su12030796

Saptono, A., Wibowo, A., Widyastuti, U., Narmaditya, B. S., & Yanto, H. (2021). Entrepreneurial self-efficacy among elementary students: The role of entrepreneurship education. Heliyon, 7(9), Article e07995. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07995

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor – faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solesvik, M. Z. (2017). A cross-national study of personal initiative as a mediator between self-efficacy and entrepreneurial intentions. Journal of East-West Business, 23(3), 215–237. https://doi.org/db2n

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudrajad. (2012). Kiat Mengentaskan Pengangguran & Kemiskinan Melalui Wirausaha. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugianingrat, Ida Ayu P.W., dkk. (2020). Determination of Entrepreneurship Education, Family Environment, and Self-Efficacy on Entrepreneurship Interest. Jurnal Economia, Vol. 16, No. 1, April 2020, 33-43

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

--------- (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

--------- (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharyadi. (2013). Statistika untuk Ekonomi dan Keuangan Modern Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat.

Suherman, Eman. (2008). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Sujanto, Agus. (2006). Psikologi Umum. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukardi. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryana. (2006). Kewirausahaan, Pedoman Praktis Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

--------- (2010). Kewirausahaan, Pendekatan Karakteristik Wirausahawan Sukses. Jakarta: Kencana.

-------- (2014). Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Trihendradi, Cornelius. (2013). Step By Step IBM SPSS 21. Yogyakarta: Andi Offset Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta.

Uno, Hamzah B. (2012). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Wibowo, Agung Edy. (2012). Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava Media.

Yusuf, Syamsu dan Nurihsan. (2008). Teori Kepribadian. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zimmerer, T. W., Scarborough, N. M., & Wilson, D. (2008). Essentials of entrepreneurship and small business management. In Kwary, Deny Armos. Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil edisi 5 Book 1 and 2. Salemba Empat.

-------- (2009). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdaka


Keywords  :  
Keywords: minat wirausaha, bidang keahlian, lingkungan keluarga, efikasi diri
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Ulvatus Sholekha. (2024). Pengaruh Bidang Keahlian, Lingkungan Keluarga, dan Efikasi Diri Terhadap Minat Wirausaha Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 6–16. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2166
Issue  :