Perbedaan Gender pada Gaya Belajar Mahasiswa Bahasa Inggris

Yuliana ( a:1:{s:5:"en_US";s:32:"Universitas Muhammadiyah Sorong ";} )

Abstract

Penelitian ini mengkaji variasi gaya belajar bahasa antara mahasiswa laki-laki dan perempuan  Universitas Muhammadiyah Sorong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan cara siswa laki-laki dan perempuan belajar bahasa secara berbeda dan untuk menentukan apakah terdapat perbedaan yang signifikan secara statistik dalam gaya belajar bahasa yang dipilih siswa laki-laki dan perempuan. Tiga puluh lima siswa laki-laki dan tiga puluh lima siswa perempuan berpartisipasi dalam penelitian ini. Sebanyak 48% dari jumlah populasi. Dari setiap kelas dipilih 35 siswa laki-laki dan 35 siswa perempuan secara acak dengan menggunakan Teknik Acak Sederhana. Tes Gaya Belajar Kolb digunakan untuk mengumpulkan data. Dengan menggunakan SPSS versi 29, prosedur independent sample t-test digunakan untuk menguji data yang dikumpulkan. Temuan menunjukkan bahwa baik siswa laki-laki maupun siswa perempuan lebih dominan dalam gaya belajar Reflective Observation. Hasil keseluruhan menunjukkan bahwa gaya belajar bahasa mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong yang mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL) tidak berbeda jauh. Peneliti menemukan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik dalam gaya belajar bahasa antara laki-laki dan perempuan.

References

Alonso-Martín, P., Cruz-Díaz, R., Granado-Alcón, C., Lago-Urbano, R., & Martínez-García, C. (2021). Variability of higher education students’ learning styles depending on gender, course, degree and institutional context. Sustainability, 13(4), 1659.

Chan, S. C., & Mak, W. (2010). The use of learning styles questionnaire in Macao. Industrial and Commercial Training, 42(1), 41–46.

Gilchrist, C. (2021). Interactions Among Learning Style Preferences, Generational Cohorts, and Gender. Walden University.

Halili, S. H., Naimie, Z., Sira, S., AhmedAbuzaid, R., & Leng, C. H. (2015). Exploring the link between learning styles and gender among distance learners. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 1082–1086.

Honey, P., & Mumford, A. (1992). The manual of learning styles. Berkshire: Peter Honey Publications. Retrieved from: https://scirp.org/reference/referencespapers?referenceid=673294

Kolb, D. A. (1984). Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall. Retrieved from http://academic.regis.edu/ed205/Kolb.pdf

Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2017). Experiential learning theory as a guide for experiential educators in higher education. Experiential Learning & Teaching in Higher Education, 1(1), 7–44.

Kolb, D. A. (2014). Experiential learning: Experience as the source of learning and development. FT press.

Liu, M., & Shi, J. (2015). Chinese university students’ learning styles: Gender and discipline differences. Institute for learning Styles, 1, 1–16.

Subadi, T., & Sulistyanto, H. (2021). A survey on phenomenon of VARK learning style preferences of undergraduate students in a private University Baseon gender and scientific background. Annals of the Romanian Society for Cell Biology, 10269–10276.

Yean, C. P., Siok, T. H., & Chieh, L. K. K. (t.t.). Investigating The Preferences of The Learning Style in Third Language Learning at A Public University.


Keywords  :  
Keywords: gender, perbedaan gender, gaya belajar, gaya belajar bahasa
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Yuliana. (2024). Perbedaan Gender pada Gaya Belajar Mahasiswa Bahasa Inggris. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 17–21. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2165
Issue  :