Penggunaan Kurikulum Bahasa Arab “ISMUBA” di SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin

Aulia Nur Afifah Rahmi ( a:1:{s:5:"en_US";s:24:"UIN Antasari Banjarmasin";} )

Abstract

Kurikulum merupakan suatu rancangan atau sistem yang memuat rencana dan proses
pembelajaran yang dilaksanakan di lembaga pendidikan. Kurikulum merupakan salah satu
tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Penelitian ini membahas tentang kurikulum
pembelajaran bahasa Arab di SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagai sekolah dasar berbasis Islam, kurikulum
yang digunakan SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin pada umumnya adalah kurikulum
2013. Kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah kurikulum
khusus yang disebut kurikulum Al-Islam, Muhammadiyah dan Pendidikan Bahasa Arab
(ISMUBA). . Kurikulum ISMUBA merupakan kurikulum yang dirancang khusus untuk
meningkatkan mutu pendidikan Muhammadiyah dengan memperhatikan perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi serta harapan masyarakat. Pembelajaran bahasa Arab pada
Kurikulum ISMUBA dimulai dari kelas 4 sampai kelas 6. Namun di sekolah ini
pembelajaran bahasa Arab sudah dilaksanakan mulai kelas 3 SD sebagai persiapan
memasuki kelas 4 SD. Materi yang diajarkan di kelas 3 merupakan materi dasar seperti
pengenalan kosakata, perlengkapan kosa kata di kelas, berhitung dalam bahasa arab, kata
ganti dan lain sebagainya. Materi yang diajarkan di kelas 4 sampai kelas 6 merupakan
materi yang sesuai dengan buku pegangan khusus terbitan Pimpinan Pusat Muhammadiyah.
Pembelajaran bahasa Arab di sekolah ini pada dasarnya berorientasi pada 2 arah yaitu
bahasa Arab aktif dan pasif. Pengalaman belajar bahasa Arab yang diberikan dominan
berupa pengenalan kosa kata, percakapan sederhana tentang kehidupan sehari-hari dan
membaca teks pendek berbahasa Arab. Metode yang paling dominan digunakan guru
adalah metode hafalan dan metode lain sesuai materi yang diajarkan. Evaluasi yang
digunakan dalam pembelajaran berupa ujian tertulis.

References

Achadah, Alif. “Model Inovasi Pengembangan Kurikulum Pai Untuk Menghadapi

Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme 2, no. 1

(March 2020).

Baedhowi, Baedhowi. Kurikulum Pendidikan Al-Islam, Kemuhammadiyahan Dan Bahasa

Arab (ISMUBA). Jakarta: Majelis Pendidikan Dasar Dan Menengah Pimpinan Pusat

Muhammadiyah, 2017.

Bisri, Mohamad. “Komponen-Komponen Dan Model Pengembangan Kurikulum.”

Prosiding Pascasarjana IAIN Kediri 3 (2020).

Fazrina, Diah, and Ahmad Muradi. “Dirasah Manhaj Al-Lughah Al-Arabiyah fi Ma’hadi

Al-Falah lil Banat.” Jurnal Al-Mi’yar 3 (Oktober 2020).

https://doi.org/10.35931/am.v3i1.317.

Jafar Shodiq, Muhammad. “Telaah Kurikulum Bahasa Arab Perguruan Tinggi Islam.” Al-

Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya

, no. 1 (2013): 72–80.

Mufidah, Nurul. Wawancara via Whatsapp, Rabu Mei 2023.

Muradi, Ahmad, and Taufiqurrahman Taufiqurrahman. Pengembangan Kurikulum

Pembelajaran Bahasa Arab (Konsep dan Aplikasi). 1st ed. Depok: Rajawali Pers,

Nira, Ragilian Diasi, and Yayuk Fauziyah. “Development Of Arabic Curriculum In

Improving Pedagogic Competence Of Lecturer Ma’had Umar Bin Al-Khattab.”

Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 2 (2021). https://doi.org/10.31538/nzh.v4i2.1480.

Muradi and Taufiqurrahman, Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab (Konsep dan

Aplikasi), 27.

Noor, Fatwiah. “Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Di Perguruan Tinggi.” Jurnal

Bahasa Arab 2, no. 1 (2018).

Sadri, Sadri. Wawancara Langsung, Kamis Mei 2023.

Salsabila, Salsabila. Wawancara via Whatsapp, Kamis Mei 2023.

Sarip Hidayat, Nandang. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Jurnal Pemikiran

Islam 37, no. 1 (June 2012): 82–89.


Keywords  :  
Keywords: kesiapan sekolah, transisi, peran guru sekolah dasar
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Aulia Nur Afifah Rahmi. (2024). Penggunaan Kurikulum Bahasa Arab “ISMUBA” di SD Muhammadiyah 9 Banjarmasin. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 22–27. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2163
Issue  :