Kajian Kurikulum Bahasa Arab di SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin

Harmina ( a:1:{s:5:"en_US";s:24:"UIN Antasari Banjarmasin";} )

Abstract

Penelitian ini mengungkap tentang kurikulum pembelajaran bahasa Arab yang ada di Sekolah Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin. Kurikulum yang digunakan  sekolah Islam terpadu berbasis tahfidz dan kitab kuning dalam pembelajaran bahasa Arab adalah sejumlah perencanaan dan materi yang digunakan pengajar bagi para peserta didiknya di lingkungan sekolah. Disekolah ini, pembelajaran bahasa Arab dan pelajaran umum seimbang dalam pemberian materinya berupa sintaksis bahasa dan kajian keislaman dalam bentuk kitab kuning atau buku-buku berbahasa Arab tanpa baris, hal ini sesuai dengan visi  dan misi sekolah yaitu berwawasan luas dan membudayakan kehidupan peserta didik yang dilandasi akhlak mulia. Disamping itu, sekolah ini juga menerapkan kurikulum tahun 2013 dan kurikulum merdeka belajar dari kementrian Agama untuk para peserta didiknya. Terkait dengan materi bahasa Arab, materi yang disajikan di kelompokkan dalam berbagai mata pelajaran seperti nahwu, sharaf, ta’lim al-muta’allim, tafsir, tarikh al-Islami dan lainnya. Metode yang digunakan para guru paling dominan adalah qowaid wa tarjamah juga metode lainnya yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Evaluasi yang digunakan adalah tes lisan dan tulisan. Adapun metode yang digunakan dalam mengkaji bahasan ini adalah studi kasus, dengan metode kualitatif deskriptif. Tujuannya untuk  mendeskripsikan hasil temuan pustaka dari observasi, wawancara, artikel, buku dan dokumen lainnya. Kemudian data disajikan dan ditarik kesimpulan.

References

Ahmad Mukhlasin, Racmat Wibowo, “Desain Pengembangan Kurikulum Integratif Dan

Implementasinya Dalam Pembelajaran,” Jurnal Tawadhu 2, no. 1 (2018)

Mardliyyah, Aisyam dan Tulus Musthofa, "Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab di Sekolah

Islam Terpadu SMP Luqmanul Hakim Aceh," al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa

Arab Vol. 6 No.1, 2020

Mariatul Hikmah, “Makna Kurikulum Dalam Perspektif Pendidikan,” Jurnal Pendidikan dan

Pemikiran 15, no. 1 (Mei 2020)

Nurman Ginting, Hasanuddin, “Implementasi Konsep Pendidikan Islam Tepadu di sekolah Islam

Terpadu Ulul Ilmi Islamic School Kota Medan,” Al-Muaddib: Jurnal Ilmu Sosial dan

Keislamaan 5, no. 2 (2022): 294, http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v5i1.293-304.

Rina Febriana, Evaluasi Pembelajaran, 1 ed. (PT. Bumi Aksara, 2021), 1.

Rosnaeni, Sukiman, , Apriliyanti Muzayanati, dan ,Yani Pratiwi, “Model-Model Pengembangan

Kurikulum di Sekolah,” Jurnal Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (t.t.): 469,

https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1776.

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Bandung:

Rajawali Pers, 2011)

Sheikh Mustafa Al-Ghalayen , Kumpulan Pelajaran Bahasa Arab , (Lebanon: Dar Al-Fikr

Undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wina Sanjaya, Kurikulum dan Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2008)

Zainal Arifin , Konsep dan Model Penengembangan Kurikulum , (Bandung: Remaja Mawar

Kariya 2011)


Keywords  :  
Keywords: kurikulum, sekolah islam terpadu, bahasa arab
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Harmina. (2024). Kajian Kurikulum Bahasa Arab di SMP Islam Terpadu Insan Madani Banjarmasin. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 28–35. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2162
Issue  :