Desain E-Modul Model Pembelajaran Dilemma-STEAM Pada Materi Pengukuran Kelas

Fitria Putri Setyaningrum ( a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Universitas Negeri Jakarta";} )
Hadi Nasbey ( )
Yuli Rahmawati ( )

Abstract

Pengembangan e-modul pembelajaran fisika dengan menerapkan model pembelajaran Dilemma-STEAM pada materi pengukuran kelas X ini bertujuan untuk memberikan media pembelajaran yang efektif dalam membantu peserta didik memahami konsep fisika khususnya pada materi pengukuran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Materi pengukuran merupakan materi dasar pada pelajaran fisika, namun masih kurangnya pemahaman peserta didik mengenai hubungan materi pengukuran dengan kehidupan sehari-hari menyebabkan rendahnya pemahaman peserta didik. Pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) menggunakan data kualitatif dan kuantitaif dengan pengumpulan data antara lain menggunakan kuisioner mengenai kebutuhan media pembelajaran dan kebutuhan peserta didik mengenai e-modul dalam pembelajaran fisika serta melalui analisis literatur. Hasil penelitian menunjukkan 88,9% penggunan media belajar digital dapat mempermudah proses belajar dan 52,8% menyatakan kesulitannya dalam pembelajaran fisika adalah menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, pengembangan e-modul ini dilengkapi dengan contoh-contoh permasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari serta didukung dengan fitur-fitur interaktif seperti, gambar, audio, video, simulasi, dan kuis. E-modul ini disusun berdasarkan sintaks belajar Dilemma-STEAM dimulai dengan tahap refleksi, eksplorasi, elaborasi, integrasi dan diakhiri dengan tahap transformasi. Pada tahap integrasi akan dilakukan pengerjaan proyek STEAM seperti pembuatan alarm kebakaran dengan sensor suhu, alat peringatan banjir, serta alat pengukur kecepatan angin sederhana. Pada akhirnya desain e-modul yang berbasis Dilemma-STEAM dapat diakses melalui aplikasi Canva menggunakan perangkat elektronik dapat memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran.

References

Astalini, Darmaji, Kurniawan, W., Anwar, K., & Kurniawan, D. A. (2019). Effectiveness of Using E-Module and E-

Assessment. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(9), 21–39.

https://doi.org/10.3991/ijim.v13i09.11016

Azmi, R. D., & Ummah, S. K. (2021). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Instrumen Evaluasi

Pembelajaran Digital Berbasis Kontekstual. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5(4), 1–8.

https://eprints.umm.ac.id/77194/%0Ahttps://eprints.umm.ac.id/77194/1/Azmi Ummah - training instruments of

learning evaluation e-module contextual.pdf

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE. In Department of Educational Psychology and Instructional

Technology University of Georgia (Vol. 53, Issue 9).

Drigas, A., & Kontopoulou, M.-T. L. (2016). ICTs based Physics Learning. International Journal of Engineering

Pedagogy (IJEP), 6(3), 53. https://doi.org/10.3991/ijep.v6i3.5899

Elfrida, E., Hadinugrahaningsih, T., & Rahmawati, Y. (2017). Studi Pendekatan Dilemmas Stories pada Materi

Hidrolisis Garam dengan Metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS). JRPK: Jurnal Riset

Pendidikan Kimia, 7(2), 91–100. https://doi.org/10.21009/jrpk.072.02

Hasibuan, A. M., Saragih, S., & Amry, Z. (2019). Development of Learning Materials Based on Realistic

Mathematics Education to Improve Problem Solving Ability and Student Learning Independence.

International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 243–252.

https://doi.org/https://doi.org/10.29333/iejme/4000

Istianah, I., Rahmawati, Y., & Kurniadewi, F. (2020). Empowering Students’ Engagement in Organic Chemistry

Learning throug Integration of Dilemma Stories with Number Head Together. Journal of Physics: Conference

Series, 1521(4). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042075

Juliani, S., & Refelita, F. (2022). Desain dan Uji Coba Media Pembelajaran Berbasis E-Magazine dengan Pendekatan

Dilemmas Stories sebagai Sumber Belajar Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. JEDCHEM

(Journal Education and Chemistry), 4(1), 22–28.

http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/JEDCHEM/article/view/1887

Liliawati, W., Rusnayati, H., Purwanto, & Aristantia, G. (2018). Implementation of STEAM Education to Improve

Mastery Concept. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 288(1).

https://doi.org/10.1088/1757-899X/288/1/012148

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat

Memanipulasinya. Bintang: Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(2), 244–257.

Maharcika, A. A. M., Suarni, N. K., & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul)

Berbasis Flipbook Maker Untuk Subtema Pekerjaan Di Sekitarku Kelas IV SD/MI. PENDASI: Jurnal

Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), 165–174. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v5i2.240

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan

Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on

Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Muliyati, D., Bakri, F., & Ambarwulan, D. (2018). Aplikasi Android Modul Digital Fisika Berbasis Discovery

Learning. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 74. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i1.10944

Nasution, S. W. R. (2019). Pengaruh Penguasaan Pengukuran Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi

Besaran Dan Satuan. Jurnal Education and Development, 7(4), 175–179.

Nurul, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal

Inovasi Dan Teknologi Pendidikan, 9(2), 20. https://doi.org/https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i1

Ozkan, G., & Umdu Topsakal, U. (2021). Investigating The Effectiveness of STEAM Education on Students’

Conceptual Understanding of Force and Energy Topics. Research in Science and Technological Education,

(4), 441–460. https://doi.org/10.1080/02635143.2020.1769586

Rahmawati, A. S. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) sebagai Media Pembelajaran dalam

Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Pancasakti Science Education Journal PSEJ, 4(1), 7–17. http://e-

journal.upstegal.ac.id/index.php/psej

Rahmawati, Y., Nanda, E. V., Khairani, A., & Mardiah, A. (2024). A Close Look at Chemistry in Real Life:

Analyzing Students’ Chemical Literacy through the Integration of an Ethical Dilemma-STEAM Teaching

Model. AIP Conference Proceedings, 2982(1). https://doi.org/10.1063/5.0183350

Rahmawati, Y., Taylor, E., Taylor, P. C., Ridwan, A., & Mardiah, A. (2022). Students’ Engagement in Education as

Sustainability: Implementing an Ethical Dilemma-STEAM Teaching Model in Chemistry Learning.

Sustainability (Switzerland), 14(6). https://doi.org/10.3390/su14063554

Sari, A. S. D., Ruslimin.A, Safitri, U. N., & Anam, K. (2022). Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pengukuran

di SMAN 1 Grati Menggunakan CRI (Certainty Of Response Index). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,

(24), 337–342.

Setiadi, I. (2023). Penerapan Pendekatan Dilemma Story Pada Materi Statistika Melalui Model Pembelajaran Think

Pair Share. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 4(2), 247–261.

https://doi.org/10.53800/wawasan.v4i2.255

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Issue April).

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat

Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1), 71–81.

https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Taylor, P. C. (2016). Why is a STEAM Curriculum Perspective Crucial to the 21st Century? 14th Annual Conference

of the Australian Council for Educational Research, 89–93.

Wengrum, T. D., & Nurhartanto, A. (2021). Pengembangan Modul Digital Bahasa Inggriss Bagi Mahasiswa Bisnis di

Era Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 148–153. https://esqcourse.com/english-for-

specific-purposes/

Werth, J. C. (2017). Teaching a Dilemma Story in My Science Classroom: Enabling Students to Make Ethically

Aware Decisions (Issue January) [Curtin University]. http://hdl.handle.net/20.500.11937/54049

Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk

Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika Dan Sains, 1–18.

Zuhra, F., Hasan, M., & Safitri, R. (2017). Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Buku Saku Terhadap

Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendi, 05(01), 134–139.


Keywords  :  
Keywords: e-modul, dilemma-steam, pengukuran
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Fitria Putri Setyaningrum, Nasbey, H., & Rahmawati, Y. (2024). Desain E-Modul Model Pembelajaran Dilemma-STEAM Pada Materi Pengukuran Kelas. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 36–48. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2161
Issue  :