Analisis Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Cerita Siti Tedak Siten

Afiati Handayu Diyah Fitriyani ( a:1:{s:5:"en_US";s:28:"UIN Raden Mas Said Surakarta";} )

Abstract

Profil pelajar Pansila sangat bermanfaat bagi siswa alam kurikulum merdeka. Profil tersebut dapat ditemukan dalam sebuah karya sastra berupa cerita. Salah satunya adalah cerita Siti Tedak Siten. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai profil pelajar Pancasila dalam Cerita Siti Tedak Siten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif (Sugiyono: 2023). Sumber data penelitian ini adalah  Cerita Siti Tedak Siten karya Hasta Indriyana yang diterbitkan pada tahun 2022 oleh penerbit Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta sebagai bahan bacaan literasi 2018. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa langkah berikut: (1) mengidentifikasi tokoh, (2) mengidentifikasi alur, (3) mendata kutipan cerita yang menunjukkan perilaku tokoh yang mengandung nilai profil pelajar Pancasila, (4) klasifikasi dan kodifikasi, dan (5) menyimpulkan nilai profil pelajar pancasila berdasarkan kutipan cerita. Teknik analisis data dalam penelitian ini, yaitu (1) reduksi data, tahap ini adalah proses identifikasi, klasifikasi, dan kodifikasi.

References

Hadiansah, Deni. (2022). Kurikulum Merdeka dan Paradigma Pembelajaran Baru. Yrama Widya: Bandung.

Mulyasa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Nurgiyantoro, Burhan. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Gadjah Mada University Press: Yogyakarta.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian

Pendidikan). Alfabeta: Bandung.


Keywords  :  
Keywords: nilai, profil pelajar pancasila, cerita
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Afiati Handayu Diyah Fitriyani. (2024). Analisis Nilai Profil Pelajar Pancasila dalam Cerita Siti Tedak Siten. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 55–59. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2159
Issue  :