Alat Peraga Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dilengkapi LKPD Berbasis STEAM

Susilawati ( a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Universitas Negeri Jakarta";} )
Hadi Nasbey ( )
Andreas Handjoko Permana ( )

Abstract

Dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi, pendidikan memainkan peran kunci dalam menyiapkan generasi muda menghadapi tantangan masa depan, termasuk pemahaman tentang energi terbarukan seperti tenaga surya. Kurikulum Merdeka di Indonesia menekankan pembelajaran yang kontekstual dan relevan, menjadikan integrasi alat peraga pembangkit listrik tenaga surya penting untuk memfasilitasi pembelajaran siswa. Alat peraga dirancang sesuai prinsip pengetahuan materi, meningkatkan efektivitas pembelajaran dengan melibatkan semua indra siswa. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga energi terbarukan memotivasi siswa dan meningkatkan pemahaman ilmiah mereka. Namun, survei menunjukkan kebutuhan akan alat peraga tersebut di beberapa sekolah. Oleh karena itu, penulis mengusulkan pengembangan alat peraga pembangkit listrik tenaga surya yang sederhana, praktis, serta disertai LKPD berbasis STEAM. Alat ini juga lebih terjangkau secara finansial dibanding alat peraga yang terdapat di sekolah. Metode pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, dengan menggunakan wawancara, Analisis kebutuhan, tes, dan pencatatan dokumen sebagai instrumen pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga PLTS yang dikembangkan berhasil melewati tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi dalam model ADDIE.

References

Arikunto, S. Suhardjono. Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Apriliana, Mentari. Rezza, Ridwan, Achmad, Hadinugrahaningsih, Titriyatma, & Rahmawati, Yuli. 2018).

Pengembangan Soft Skill Peserta Didik melalui Integrasi Pendekatan Science, Technology, Engineering, Arts, and

Mathematics (STEAM) dalam Pembelajaran Asam Basa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia.

Akbar, Sa'ud. (2016). (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arsyad, Azhar. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Azhar & Satriawan. (2018). Implementasi Kebijakan Energi Baru dan Energi Terbarukan Dalam Rangka Ketahanan

Energi Nasional. Adminitrative Law & Governance Journal.

Baharuddin & Wahyuni, Nur Esa. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran.Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Bombang, Viktor, Trija Fayeldi & Ika Putri Pranyata, Yuniar. (2022). Pengembangan LKPD Elektronik

Menggunakan Aplikasi Live Worksheet Materi Bangun Ruang Sisi Datar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 17 Malang.

Rainstek: Jurnal Terapan Sains & Teknologi,

Borich, G. D. (1994). Observation Skill for Effective Teaching. New York: Macmillan Publishing Company.

Daling, Stepanus, tandililing, Edi & Hamdani. (2022). Pengembangan LKPD Bermuatan Strategi “Ideal” dalam

Materi Program Linier Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran

Khatulistiwa (JPPK),

Fadiawati, Noor, & Fauzi, Mahfudz. (2016). Merancang Pembelajaran Kimia di Sekolah. Jakarta: Media Akademi.

Fatimah, Aini. (2017). Pengembangan Komponen Instrumen Terpadu (KIT) Praktikum Pembangkit Listrik Tenaga

Surya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Hadinugrahaningsih, Titriyama, Rahmawati, Yuli, Ridwan, Achmad, Budiningsih, Arie, Suryani, Elma, Nurlitiani,

Anisa, & Fatimah, Cinthia. (2017). Keterampilan Abad 21 dan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, dan

Mathematics) Project dalam Pembelajaran Kimia. Jakarta: LPPM Universitas Negeri Jakarta.

Halliday, Resnick, & Walker, J. (2011). Principles of Physics: 9th edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Indarti, dkk. (2016). Buku Siswa FISIKA untuk SMA/MA XI. Surakarta: CV Mediatama.

Iwamoto, dkk. (2017). Analyzing the efficacy of the testing effect using Kahoot on student performance. Turkish

Online Journal of Distance Education, 18, 80-93.

Kamajaya, Ketut & Purnama, Wawan. (2018). Buku Siswa Aktif dan Kreatif Belajar Fisika 2. Bandung: Grafindo

Media Pratama.

Khaffi, dkk. (2020).Rancang Bangun Modul Trainer Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Makassar: Politeknik

Negeri Ujung Pandang.

Kosasih, Endang. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, D.A. & Sucahyo, I. (2023). Pengembangan Alat Peraga Mini Sopetric (Solar Powered Electricity) pada

Materi Energi Alternatif di Kelas X SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 77-90.

Masyruhan, dkk. (2020). Perancangan Alat Peraga Hukum Hooke Berrbasis Mikrokontroler Arduino Sebagai Media

Pembelajaran Fisika. Jurnal kajian Pendidikan Sains.

Sanjaya, L. A. (2016). Pengembangan Alat Peraga Energi Terbarukan Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa.

Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Saputro, dkk. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar

Matematika di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education.

Solihat, Anisa. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Digital Berbasis STEAM Pada Materi

Elektrokimia (Sel Volta). Jakarta: Universitar Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit

Alfabeta.

Suryani, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syahwil, Muhammad & Kadir, Nasrun. (2021). Rancang Bangun Modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS)

Sistem Off-grid Sebagai Alat Penunjang Praktikum Di Laboratorium. Jurnal Pengelolaan Laboratorium Pendidikan.

Triana, Neni. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen: Tingkatkan Hasil Belajar Siswa. Jakarta: Guepedia.


Keywords  :  
Keywords: addie, media pembelajaran, plts, STEAM
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Susilawati, Nasbey, H., & Handjoko Permana, A. (2024). Alat Peraga Pembangkit Listrik Tenaga Surya Dilengkapi LKPD Berbasis STEAM. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 60–65. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2158
Issue  :