Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Media Komik Digital Bangun Datar berbasis Etnopedagogi

Nurafiah Rizkiyani ( a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Universitas Negeri Jakarta";} )
iva sarifah ( )
erry utomo ( )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan guru dan siswa dalam pembelajaran matematika, kegiatan ini merupakan bagian dari pengembangan produk komik digital sebagai pendukung pembelajaran matematika. Penelitian menggunakan metode deksriptif kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah suvey dengan teknik wawancara dan angket yang diberikan kepada guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa, guru, dan sekolah membutuhkan media komik digital bangun datar berbasis etnopedagodi sebagai media pembelajaran yang inovatif, menarik, dan bermakna. Hal ini didasarkan pada data yang diperoleh bahwa 77,5% siswa menyatakan membutuhkan media pembelajaran seperti komik digital bangun datar berbasis etnopedagogi. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa siswa, guru, dan sekolah memiliki karakteristik dan masalah yang berbeda-beda dalam pembelajaran bangun datar berbasis etnopedagogi, yang perlu diperhatikan dalam pengembangan media komik digital.

References

Apriza, B. (2019). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN

PROBLEM BASED LEARNING.

Asmaun, & Talib, A. (2019). Day pilgrimage walks to Cambridgeshire’s cathedrals.

Auerbach, R. P., Mortier, P., Bruffaerts, R., Alonso, J., Benjet, C., Cuijpers, P., Demyttenaere, K., Ebert, D. D.,

Green, J.

Cahyo Putro, P., & Setyadi, D. (2022). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Pengembangan Komik

Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. 11(1).

http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa.

Damas Sadewo, Y., Dheni Purnasari, P., Muslim, S., Universitas Negeri Jakarta, P., & Shanti Bhuana, I. (2022).

PHILOSOPHY OF MATHEMATICS: THE POSITION, ROLE, AND PERSPECTIVE OF PROBLEMS IN THE

STUDY OF MATHEMATICS. 10(1).

G., Hasking, P., Murray, E., Nock, M. K., Pinder-Amaker, S., Sampson, N. A., Stein, D. J., Vilagut, G., Zaslavsky, A.

M.,

Kessler, R. C., & WHO WMH-ICS Collaborators. (2018). WHO World Mental Health Surveys International College

Student Project: Prevalence and distribution of mental disorders. Journal of Abnormal Psychology, 127(7), 623–638.

https://doi.org/10.1037/abn00 00362

Blackley, S., Rahmawati, Y., Fitriani, E., Sheffield, R., & Koul, R. (2018). Using a Makerspace approach to engage

Indonesian primary students with STEM. In Issues in Educational Research (Vol. 28, Issue 1).

Burney, S., Iqbal, S., Riaz, K., & Hussainy, S. K. (2022). Covid-19 Pandemic: Analysis of E-learning Experience of

University Students in Pakistan. KASBIT Business Journal, 15(3), 49-59. Damas Sadewo, Y., Dheni Purnasari,

P., Muslim, S., Universitas Negeri Jakarta, P., & Shanti Bhuana, I. (2022). PHILOSOPHY OF

MATHEMATICS: THE POSITION, ROLE, AND PERSPECTIVE OF PROBLEMS IN THE STUDY OF

MATHEMATICS. 10(1).

İlhan, G. O., Kaba, G., & Sin, M. (2021). Usage of Digital Comics in Distance Learning During COVID-19

International Journal on Social and Education Sciences, 3(1), 161–179. https://doi.org/10.46328/ijonses.106

Katona, B., Venkataragavan, J., Erlandsson Nina, E., Ulrika, B., & Björn, O. (2022). Use of Visual Learning Media

to Increase Student Learning Motivation. World Psycholog, 89 - 105.

Khairani, M., Sutisna, & Suyanto, S. (2019). STUDI META-ANALISIS PENGARUH VIDEO PEMBELAJARAN

TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. 158–166.

Monalisa, A., Methalia, E., Yanti, Y. A., Syahrial, & Noviyanti, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Muatan

Matematika Kelas IV Sekolah Dasar (Vol. 4).

Moris, F. (2018). Definitions of Research and Development: An Annotated Compilation of Official Sources. Suite:

National Center for Science and Engineering Statistics

Usman, H., Ferdiansyah, S., Widodo, H. P., & Lestariyana, R. P. D. (2020). Primary school english teachers’

perceptions of the teacher educator-created english textbook: The case of Indonesia. In Journal of Asia TEFL

(Vol. 17, Issue 3, pp. 1057–1067). Asian Association of Teachers of English as a Foreign Language.

https://doi.org/10.18823/asiatefl.2020.17.3.22.1057

Widyasusanti, M., Sarifah, I., & Herlina, H. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-

LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATERI PECAHAN SENILAI KELAS IV SEKOLAH DASAR.

Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 1–15. https://doi.org/10.37478/jpm.v3i1.1289


Keywords  :  
Keywords: komik digital, bangun datar, etnopedagogi
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Nurafiah Rizkiyani, sarifah, iva, & utomo, erry. (2024). Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Media Komik Digital Bangun Datar berbasis Etnopedagogi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 66–71. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2157
Issue  :