Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis Education for Sustainable Development untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar

Neneng Widya Sopa Marwa ( a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Universitas Negeri Jakarta";} )
agung purwanto ( )
herlina ( )

Abstract

 

Pendidikan memiliki peran krusial dalam membentuk individu dan masyarakat dalam mentransfer pengetahuan serta membentuk karakter, keterampilan, dan nilai-nilai etika yang esensial. Pendidikan berkelanjutan menjadi konsep kunci dalam menanggapi dinamika yang kompleks dan cepat berubah di abad 21. Pendidikan memiliki peranan penting dalam mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi masa depan berkelanjutan yang dikenal dengan istilah Education for Sustainable Development (ESD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis ESD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan tahapan awal dalam mengembangkan LKPD berbasis ESD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang guru dan 58 orang peserta didik di salah satu sekolah dasar negeri yang terletak di Kota Jakarta Timur. Adapun instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner, wawancara dan studi dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan metode skala likert serta penyajian data disajikan dalam bentuk diagram lingkaran yang dijelaskan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis ESD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran IPAS sangat diperlukan baik dilihat dari hasil kuesioner peserta didik maupun wawancara kepada guru

References

Ahmad, L. S., Sakti, I., & Setiawan, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Etnosains Menggunakan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 121–130.

Azizah, N., Zmaroni, M., & Ginanjar, R. R. (2022). Analisis Kesulitan Belajar dalam Pemahaman Konsep Pembelajaran IPA Kelas IV di MI Hidayaturrohman Kecamatan Teluknaga Kabupaten Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(5), 2419–2425.

Bungawati, B. (2022). Peluang dan Tantangan Kurikulum Merdeka Belajar Menuju Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan, 31(3), 381. https://doi.org/10.32585/jp.v31i3.2847

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah Bersama di Era Digital : Pentingnya Literasi Digital untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.

Evendy, R., Sumarmi, & Astina, I. K. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kontekstual pada Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2013, 271–277.

Fatiyah, H. N., Riandi, R., & Solihat, R. (2020). Development of learning tools education for sustainable development (ESD) integrated problem-solving for high school. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) 2020, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012157

Fauziyah, S., & Hamdu, G. (2022). Implementasi E-LKPD Berbasis ESD pada Kompetensi Berpikir Kritis di SD. Attadib: Journal of Elementary Education, 6(1), 172–179.

Firdausi, B. W., Warsono, & Yermiandhoko, Y. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(2), 229–243.

Gantini, U. T., & Hamdu, G. (2021). Student Worksheet Based on Education for Sustainable Development (ESD) in Elementary School. Jurnal Sekolah, 5(4), 23–31.

Hazraini, H. (2017). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Penyusunan Soal Pilihan Ganda Yang Baik dan Benar Melalui Pendampingan Berbasis KKG Semester Satu Tahun Pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 40 Cakranegara. JUPE, 2(2), 111–121.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. (2005). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar Dewi. International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 1(3), 36–46. https://doi.org/10.4018/jicte.2005070103

Jaya, H., Hambali, M., & Fakhrurrozi. (2023). Transformasi Pendidikan: Peran Pendidikan Berkelanjutan dalam Menghadapi Tantangan Abad Ke-21. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 6(4), 2416–2422.

Jelatu, S., Mandur, K., Makur, A. P., Nendi, F., & Gunur, B. (2019). Konstruksi Tes High Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru Matematika SMP di Manggarai Timur. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(2), 214. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3070

Karmana, I. W. (2022). Review Literatur: Studi Tingkat Pemahaman Education Sustainable Development (ESD) pada Siswa SMA. Biocaster: Jurnal Kajian Biologi, 2(3), 121–125.

Kemendikbud. (2022). Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) SD-SMA. In Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Kinoshita, H. (2022). Teaching of Critical Thinking Skills By Science Teachers in Japanese Primary Schools. Journal of Baltic Science Education, 21(5), 801–816. https://doi.org/10.33225/jbse/22.21.801

Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Kurniasih, Y., Hamdu, G., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Rubrik Asesmen Kinerja Berpikir Kritis pada Pembelajaran STEM dengan Media Lightning Tamiya Car. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 175–185.

Luh, N., Karang, G., Ayu, D., Manu, M., & Priantini, O. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kontekstual pada Muatan Pelajaran IPA. 5, 147–160.

Marwa, N. W. S., & Hamdu, G. (2021). Analyzing HOTS Type-Critical Thinking Test Based on Education for Sustainable Development at Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 785–795.

Merritt, E., Hale, A., & Archambault, L. (2019). Changes in Pre-Service Teachers’ Values, Sense of Agency, Motivation and Consumption Practices: A Case Study of an Education for Sustainability Course. Sustainability, 11, 1–15. https://doi.org/10.3390/su11010155

Mulyadiprana, A., Rahman, T., Hamdu, G., & Yulianto, A. (2023). Kesadaran Keberlanjutan Siswa pada Aspek Pengetahuan Melalui Penerapan Program Education For Sustainable Developmnet (ESD) di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 577–585.

Murni, A. W., & Yasin, F. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek pada Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. 5(6), 6196–6210.

Nafi’ah, I., & Prasetyo, A. P. B. (2015). Analisis Kebiasaan Berpikir Kritis Siswa Saat Pembelajaran IPA Kurikulum 2013 Berpendekatan Scientific. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 53–59.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal ilmu-ilmu Al-Quran, Hadits, Syariah dan Tarbiyah, 1(2).

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84–97.

Primayana, K. H. (2019). Menciptakan Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Berorientasi Pembentukan Karakter Untuk Mencapai Tujuan Higher Order Thingking Skilss (HOTS) Pada Anak Sekolah Dasar. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), 85–92.

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092

Rahmawati, F., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Media Digital Video Pembelajaran Abad 21 Menggunakan Aplikasi Canva Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 5(6), 6271–6279.

Salsabila, U. H., Ilmi, M. U., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104–112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820.

Setya, M. D., & Ediyono, S. (n.d.). Kajian Perspektif Fisalfat: Berpikir Kritis dalam Hubungannya di Dunia Psikologi.

Setyawan, R. A., & Atapukan, W. F. (2018). Pengukuran Usability Website E-Commerce Sambal Nyoss Menggunakan Metode Skala Likert. Compiler, 7(1), 54–61.

Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. 5(2), 1076–1082.

Suratmi, S., & Sopandi, W. (2022). Knowledge, skills, and attitudes of teachers in training critical thinking of elementary school students. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(3), 291–298.

Suwartini, S. (2017). Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4(1), 220–234. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/trihayu.v4i1.2119

Syadiah, A. N., & Hamdu, G. (2020). Analisis rasch untuk soal tes berpikir kritis pada pembelajaran STEM di sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 10(2), 138–148.

Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. (2021). AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320.

Umar, M. A. (2017). Penerapan pendekattan saintifik dengan meode pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning) dalam materi ekologi. Bionatural : Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 4(2), 1–12.

UNESCO. (2012). Education for Sustainable Development in Action. In United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization.

Vioreza, N., Hilyati, W., & Lasminingsih, M. (2023). Education for Sustainable Development: Bagaimana Urgensi Dan Peluang Penerapannya Pada Kurikulum Merdeka? EUREKA: Journal of Educational Research and Practice, 1(1), 34–47. https://doi.org/10.56773/eureka.v1i1.

Wijayanti, D. A. I., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPA di 3 SD Gugus X Kecamatan Buleleng. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1).

Wijayanti, I. D., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2100–2112.

Wiksana, W. A. (2017). Studi Deskriptif Kualitatif tentang Hambatan Komunikasi Fotografer dan Model dalam Proses Pemotretan. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 121–131.

Wiradarma, K., Suarni, N. K., & Renda, N. T. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(3), 408–415.

Yulinar, Y., Haenilah, E. Y., & Rusminto, N. E. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Tematik Tema Merawat Hewan dan Tumbuhan Siswa Kelas II SD. Pedagogii: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(18).


Keywords  :  
Keywords: LKPD, Lembar kerja peserta didik, Education for Sustainable Development, Keterampilan Berpikir Kritis, pembelajaran IPAS
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Neneng Widya Sopa Marwa, purwanto, agung, & herlina. (2024). Analisis Kebutuhan LKPD Berbasis Education for Sustainable Development untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 416–424. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2153
Issue  :