Rancangan Media Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis I-SETS Berbantuan Google Sites Pada Materi Pemanasan Global

Ihya Ulumuddin ( a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Universitas Negeri Jakarta";} )
Hadi hasbey ( )
Umiatin ( )

Abstract

Pemanasan global menjadi perhatian di seluruh dunia. Melibatkan peserta didik dalam pemahaman pemanasan global menjadi hal yang sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika yang interaktif dan layak digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode research and development (R&D) dengan model pengembangan analysis, design, development, implementation, evaluation atau ADDIE, tetapi pada penelitian ini dibatasi sampai dengan tahap development. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis kebutuhan peserta didik terkait media pembelajaran fisika berdasarkan kuesioner yang disebar luaskan ke 86 peserta didik pada salah satu MAN di Bekasi. Hasil dari pengumpulan data menunjukkan bahwa sebanyak 62 peserta didik (72,1%) pemahaman dan kesadaran mereka terhadap pemanasan global ternyata masih rendah. Hal ini bisa disebabkan karena model pembelajaran yang digunakan guru masih terbatas dengan model konvensional. Sehingga, sebanyak 75 peserta didik (87,2%) berpendapat bahwasanya diperlukan adanya model pembelajaran berbasis I-SETS di dalam pelajaran fisika untuk memudahkan mempelajari fisika. Selain itu, kebutuhan media pembelajaran berbentuk website diperlukan, sebanyak 80 peserta didik (93%) berpendapat bahwasanya membutuhkan media pembelajaran yang berbentuk website untuk mempelajari fisika. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran fisika berbantuan Google Sites yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi  pemanasan global.

References

Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., Oloyede, A. A., Surajudeen-Bakinde, N. T., Olawoyin, L. A., Mejabi, O. V., ... & Azeez, A. L. (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes: A systematic review. Heliyon, 6(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312

Allen, M. R., Dube, O. P., Solecki, W., Aragón-Durand, F., Cramer, W., Humphreys, S., ... Zickfeld, K. (2018). Framing and Context. In Global Warming of 1.5°C. An IPCC Special Report on the impacts of global warming of 1.5°C above pre-industrial levels and related global greenhouse gas emission pathways, in the context of strengthening the global response to the threat of climate change, sustainable development, and efforts to eradicate poverty. Cambridge University Press. pp. 49-92. https://doi.org/10.1017/9781009157940.003.

Asmaria, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PPKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas VIII-A MTsN 3 Aceh Barat . Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(3), 89–96. https://doi.org/10.51276/edu.v1i3.80

Branch, R. M., & Stefaniak, J. E. (2019). Instructional design theory. In SpringerBriefs in Open and Distance Education. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-13-7740-2_10

Eko Kristianto, P. (2022). Perjalanan Maraton Menuju 2030: Menyelamatkan Bumi, Menggapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Pasca 2015 dari Sisi Pemikiran Ekofeminisme. Dekonstruksi, 6(01), 233–266. https://doi.org/10.54154/dekonstruksi.v6i01.97

Fienda, T. E. (2023). Memprioritaskan Pendidikan Lingkungan dalam Membangun Kepedulian: Sebuah Studi Relasi Manusia dan Lingkungan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(02), 318-323. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i02.2713

Hidayatun, U., & Wachid, A. (2021). Kegiatan Pembelajaran Kreatif Guru Di Masa Pandemi Covid 19 Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mi Ma’arif NU Rabak. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3). http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v5i3.2169

Irani, N. K. C. P. (2022). Pemanfaatan Google Workspace For Education Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 2(3), 160–174. https://doi.org/10.37329/metta.v2i3.1795

Iskandar, R., & F, F. (2020). Implementasi Model ASSURE untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1052–1065. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.468

Jaiswal, P. (2020). Integrating Educational Technologies to Augment Learners’ Academic Achievements. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(02), pp. 145–159. https://doi.org/10.3991/ijet.v15i02.11809

Khasanah, U., & Izza Mazida, L. (2021). Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Kisah Al-Qur’an sebagai upaya Membudayakan Nilai-Nilai KeIslaman. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(11), 1989–2000. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i11.361

Kurnia, D. (2021). Dinamika Gejala Kejenuhan Belajar Siswa Pada Proses Belajar Online Faktor Faktor Yang Melatarbelakangi Dan Implikasinya Pada Layanan Bimbingan Keluarga. Teaching : Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.51878/teaching.v1i1.70

Parvin, M. (2020). Dynamic learning platform for dynamic EFL learners: a new journey to navigate effective e-learning program for English education at the university level. International Journal of English Linguistics, 10(2), 170-183. https://doi.org/10.5539/ijel.v10n2p170

Rafles, R., Riswandi, R., Nurwahidin, M., Herpratiwi, H., & Yulianti, D. (2023). Efektifitas Desain Pelatihan Model Addie Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Sekolah Minggu. Media Bina Ilmiah, 17(7), 1327-1336. https://doi.org/10.33578/mbi.v17i7.261

Sudirman, M. (2024, September 1). Anomali Suhu Udara Rata-Rata Tahun 2023. Diakses dari https://www.bmkg.go.id/iklim/anomali-suhu-udara-tahunan.bmkg?p=anomali-suhu-udara-rata-rata-tahun-2023&tag=&lang=ID

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Edisi ke-2; Sutopo, Ed.). ALFABETA.

World Meteorological Organization. (2024, March 19). Climate change indicators reached record levels in 2023: WMO. Diakses dari https://wmo.int/news/media-centre/climate-change-indicators-reached-record-levels-2023-wmo

Zebua, F. R. S. (2023). Analisis Tantangan dan Peluang Guru di Era Digital. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 21–28. https://doi.org/10.25008/jitp.v3i1.55

Zhang, S., Che, S., Nan, D., & Kim, J. H. (2023). How does online social interaction promote students’ continuous learning intentions?. Frontiers in Psychology, 14, 1098110. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1098110


Keywords  :  
Keywords: Pemanasan Global, I-SETS, Media Pembelajaran
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Ihya Ulumuddin, hasbey, H., & Umiatin. (2024). Rancangan Media Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis I-SETS Berbantuan Google Sites Pada Materi Pemanasan Global. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 85–94. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2152
Issue  :