Peran dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Matematika

Monalisa Sinaga ( a:1:{s:5:"en_US";s:24:"Universitas Negeri Medan";} )

Abstract

Kemajuan teknologi telah membawa dampak yang signifikan pada berbagai bidang, termasuk pendidikan. Salah satu inovasi teknologi terkini yang dapat digunakan dalam pendidikan adalah AI, yang sering disebut sebagai kecerdasan buatan. Penggunaan AI dalam pendidikan membawa dampak positif dengan mendorong proses belajar mengajar menjadi lebih efisien, efektif, dan mudah diakses. Salah satu ranah yang sangat dipengaruhi oleh penggunaan AI adalah pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran dan tantangan yang terkait dengan penggunaan AI dalam pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AI memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pembelajaran. Meskipun demikian, penggunaan AI dalam pembelajaran matematika juga menghadapi sejumlah tantangan. Faktor-faktor seperti kekhawatiran terkait privasi dan etika, ketersediaan teknologi, serta penyesuaian kurikulum merupakan hal-hal yang perlu dipertimbangkan secara hati-hati.

References

Akbar, J. S. (2023, November 15). Penerapan Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Pembelajaran Kimia.

Antoroputri, Y.P., Priharsari., D., & Perdanakusuma, A.R. (2022). Eksplorasi Perspektif Mahasiswa dalam Penggunaan Turnitin untuk Menghindari Plagiasi.Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 6 (11): 5191-5195.

Amrizal, V., Aini, Q. (2013). Kecerdasan Buatan. Jakarta: Halaman Moeka Publishing.

Artanti, Y., Nuryadi, N., & Marhaeni, N. H. (2022). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Tepytha. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1): 25-38.

Farid, I., Reksoprodjo, A. H. S., & Suhirwan, S. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence Dalam Pertahanan Siber. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 10 (2):779–788.

Fal, A.Q. (2023). Chat GPT, Kemajuan atau Ancaman di Bidang Pendidikan?. Diakses dari https://retizen.republika.co.id/posts/215435/chat-gpt-kemajuan-atau-ancaman-dibidangpendidikan.

Fredlina, K. Q., Putri, G. A., & Putri, N. L. (2021). Penggunaan Teknologi sebagai Media Pembelajaran Matematika di Era New Normal. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5 (1): 79-84.

Gumelar, G. (2023). Catatan Editor: Menavigasi Tantangan dan Menciptakan Peluang, Peran Vital Ilmu Psikologi di Era Kecerdasan Buatan. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi: JPPP, 12 (1): 1-4.

Gunawan, D., Purba, K. R., & Rostianingsih, S. (2023). Aplikasi Media Pembelajaran Kimia untuk SMA Kelas X. Jurnal Infra, 4 (2): 92-97.

Hadi, S. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Banjarmasin:Tulip Banjarmasin.

Harefa, N., Tafonao, G. S., & Hidar, S. (2020). Analisis minat belajar kimia peserta didik melalui pembelajaran berbasis multimedia. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11 (2): 81-86.

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group (Issue Mei).

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. Jambura Journal of Mathematics Education, 2 (2): 59-69.

Kristianti, Tri. 2023. Implementasi Artificial Intelegence (AI) Dalam Dunia Pendidikan Di Era Society 5.0. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru XV, 15 (1): 145-155.

Limna, P., Jakwatanatham, S., Siripipattanakul, S., Kaewpuang, P., & Sriboonruang, P. (2022). A review of artificial intelligence (AI) in education during the digital era. Advance Knowledge for Executives, 1 (1): 1-9.

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1 (2): 191-201.

Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, . I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3 (2): 110-124.

Mawarni, Sella, Citra R.A, Hartoto. 2023. Diskusi Publik Artificial Intelligence (AI): Mengoptimalkan Pemanfaatan Teknologi untuk Kemajuan Pendidikan dan Produktivitas Masyarakat. PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 4 (1): 1-9.

Misnawati, M. (2023, April). ChatGPT: Keuntungan, Risiko, Dan Penggunaan Bijak Dalam Era Kecerdasan Buatan. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN, BAHASA, SASTRA, SENI, DAN BUDAYA, 2 (1): 54-67.

Molenaar, I. (2022). The concept of hybrid human-AI regulation: Exemplifying how to support young learners’ self-regulated learning. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3 (1): 1–17.

Muchamad, M. K., Gani, T. A., & Wahyuni, P. (Eds.). (2020). Kampus Merdeka Seri 1: Menilik Kesiapan Teknologi Dalam Sistem Kampus. Syiah Kuala University Press.

Munawar, Z., Soerjono, H., Putri, N.I., Hernawati., & Dwijayanti, A. (2023). Manfaat Kecerdasan Buatan ChatGPT Untuk Membantu Penulisan Ilmiah. Jurnal Teknologi Informasi, 10 (1): 54-60.

Pabubung, M. R. (2021). Epistemologi Kecerdasan Buatan (AI) dan Pentingnya Ilmu Etika dalam Pendidikan Interdisipliner. Jurnal Filsafat Indonesia, 4 (2): 152-159.

Pakpahan, R. (2017). Analisis Fenomena Hoax Diberbagai Media Sosial Dan Cara Menanggulangi Hoax.Konferensi Nasional Ilmu Sosial & Teknologi.

Permata, C. A. M., Kristanto, Y. D. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 4 (2): 279-291.

Putra, Gede Raditya (2023). Sejarah Artificial (AI) dan Fungsi Dalam Kehidupan Sehari Hari. Makalah Pengantar Teknik Informatika Universitas Palangka Raya.

Putri, Y. D., Elvia, R., & Amir, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Alotrop, 5 (2): 168-174.

Rifky, S., Paling, S., Arifudin, O., & Narayanti, P. S. (2024). Professionalism Of EducatorsInLearning Development. International Journal of Teaching Learning, 2 (2): 579–588.

Ririh, K. R., Laili, N., Wicaksono, A., & Tsurayya, S. (2020). Studi Komparasi Dan Analisis Swot Pada Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Di Indonesia. Jurnal Teknik Industri, 15 (2): 122-133.

Rohmah, O. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Peserta didik terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta didik (Eksperimen Pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kabupaten Tangerang). Alfarisi: Jurnal Pendidikan MIPA, 2 (1).

Subagia, I. W. (2014). Paradigma baru pembelajaran Kimia SMA. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.

Taseman & Dahlan, Abdul Malik. 2018. Tantangan Pendidikan Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Journal Of Islamic Elementary School, 3 (3).

Widodo, A., & Zuhdy, A. (2020). Artificial Intelligence in Education: Opportunities and Challenges. Journal of Educational and Developmental Psychology, 10 (2): 117-125.

Zebua, Rony Sandra Yofa, dkk. 2023. Fenomena Artificial Intelligence (AI). Padang: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.


Keywords  :  
Keywords: ai, artificial intelligence, pembelajaran matematika
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Monalisa Sinaga. (2024). Peran dan Tantangan Penggunaan AI (Artificial Intelligence) Dalam Pembelajaran Matematika. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 115–121. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2147
Issue  :