Pengembangan Desain Pembelajaran Geometri Dengan Teori Van Hiele Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis

Galih Tresna Nugraha Perkasa ( a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Universitas Negeri Jakarta";} )

Abstract

Masalah pembelajaran matematika disebabkan karena guru tidak memberi perhatian secara khusus menyusun pembelajaran yang membuka ruang bertukar fikiran antar siswa dan guru. Sehingga hal tersebut berdampak pada siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Sehingga dibutuhkan proses pembelajaran yang berfokus untuk membuka ruang dialog antar siswa dan guru. Maka tujuan penelitian ini menyusun pembelajaran berupa desain pembelajaran pada materi geometri yang khusus untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Subjek pada penelitian ini adalah siswa SMPN 2 Karawang Timur dengan metode penelitian RnD. Penelitian ini menggunakan Model Pengembangan Instruksional (Suparman, 2012). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan melakukan tes. Setelah melakukan identifikasi kebutuhan instruksional, hanya 1 dari 90 siswa yang dapat menjelaskan segitiga sama sisi dapat disebut dengan segitiga sama kaki. Sehingga ditemukan urgensi dalam penyusunan desain pembelajaran geometri dengan menggunakan teori Van Hiele untuk kelas VII.  Penyusunan desain pembelajaran geometri dengan memperhatikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis memungkinkan untuk siswa mengutarakan ide dan gagasan bukan hanya saja terkait geometri, namun matematika dan bidang ilmu lain secara luas.

References

Andila, Y. D., & Musdi, E. (2020). Practicality of geometry learning set based on van hiele theory to

increase students’ mathematical communication ability. Journal of Physics: Conference Series,

(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1554/1/012007

Barnes, A. (2019). Perseverance in mathematical reasoning: the role of children’s conative focus in the

productive interplay between cognition and affect. Research in Mathematics Education, 21(3),

–294. https://doi.org/10.1080/14794802.2019.1590229

Brinkerhoff, D. A. (2001). Survey of instructional development models, third edition. In TechTrends (Vol.

, Issue 1, pp. 48–50). https://doi.org/10.1007/bf02763388

Budiarto, M. T. A., & Ono, R. (2019). Geometri dan Permasalahan Dalam Pembelajarannya (Suatu

Penelitian Meta Analisis). 1, 9–18.

Fuys, D., Geddes, D., & Tischler, R. (2013). THE VAN HIELE MODEL OF THINKING IN GEOMETRY

AMONG ADOLESCENTS. 3(1988).

Goldhaber, D., Krieg, J. M., & Theobald, R. (2020). Exploring the Impact of Student Teaching

Apprenticeships on Student Achievement and Mentor Teachers. Journal of Research on Educational

Effectiveness, 13(2), 213–234. https://doi.org/10.1080/19345747.2019.1698087

Hirschfeld-Cotton, K. (2008). Mathematical Communication, Conceptual Understanding, and Students’

Attitudes Toward Mathematics. Action Research Projects, 4, 54.

http://digitalcommons.unl.edu/mathmidactionresearch/4

Ina V.S. Mullis, Michael O. Martin, Pierre Foy, and A. A. (2015). Timss 2015 International Results in

Science Saved. Distribution of Science Achievement. http://timss2015.org/timss-

/science/student-achievement/distribution-of-science-achievement/

OECD. (2016). PISA 2015 Results EXCELLENCE AND EQUITY IN EDUCATION: Vol. I.

https://doi.org/10.1787/9789264266490-5-en

Suparman, M. A. (2012). Panduan Para Pengajar & Inovator Pendidikan Desain Instruksional Modern.

Penerbit Erlangga.

Tabach, M., & Nachlieli, T. (2016). Communicational perspectives on learning and teaching mathematics:

prologue. Educational Studies in Mathematics, 91(3), 299–306. https://doi.org/10.1007/s10649-

-9638-7

Wijayanti, I. D., Hariastuti, R. M., Yusuf, F. I., & Pgri Banyuwangi, U. (2019). INDIKTIKA (Jurnal Inovasi

Pendidikan Matematika) KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI

GAYA BELAJAR. Desember, 2(1), 68–76.

Yalley, E., Armah, G., & Ansah, R. K. (2021). Effect of the VAN Hiele Instructional Model on Students’

Achievement in Geometry. Education Research International, 2021(April 2006).

https://doi.org/10.1155/2021/6993668

Yudianto, E., Sunardi, S., Sugiarti, T., Setiawan, T. B., & Maghfiroh, A. (2022). Pengaruh Penerapan Fase-

Fase Pembelajaran Van Hiele Terhadap Tingkat Berpikir Geometri Siswa SMA. Jurnal Cendekia :

Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 710–720. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1289


Keywords  :  
Keywords: desain pembelajaran, geometri, kemampuan komunikasi metamis
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Galih Tresna Nugraha Perkasa. (2024). Pengembangan Desain Pembelajaran Geometri Dengan Teori Van Hiele Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 122–131. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2145
Issue  :