Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas IV SD Negeri196/II Taman Agung
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses dan hasil belajar peserta didik yang rendah pada pembelajaran matematika di kelas IV SD Negeri 196/II Taman Agung. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatakan proses dan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing di kelas IV SD Negeri 196/II Taman Agung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif, subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 196/II Taman Agung yang berjumlah 35 peserta didik. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus yang dilakukan oleh peneliti. Setiap siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2023/2024 di SD Negeri 196/II Taman Agung, data yang dikumpulkan melalui observasi, tes soal, dokumentasi, dan wawancara. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkat proses dan hasil belajar matematika di kelas IV SD Negeri 196/II Taman Agung, hal ini terlihat dari proses mengajar pendidik pada siklus I mencapai 77,38% dengan kategori baik dan pada siklus II meningkat mencapai 86,90% kategori sangat baik. Proses belajar peserta didik pada siklus I mencapai 65,71% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II meningkat mencapai 82,85% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada siklus I mencapai 68,57% dengan kategori cukup baik dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71% dengan kategori sangat baik. Melihat hasil penelitian ini, maka penelitian tindakan kelas dalam penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing pada pembelajaran matematika perlu diterapkan dan dikembangkan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di masa yang akan datang.
References
Aprizan, Dkk. 2022. Penelitian Tindakan Kelas. Muara Bungo: Penerbit Lekeisha.
Arikunto, S. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
AVANA, N., WIYOKO, T., & WULANDARI, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Number Head Together Pada Siswa Kelas V Sdn 219/Ii Btn Lintas Asri Kecamatan Bungo Dani. Jurnal Tunas Pendidikan, 2(2), 87–96. https://doi.org/10.52060/pgsd.v2i2.254
Riska, L., Kartono, & Salimi, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaraan Tipe Stad. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9), 1–8.
Sari, Suci Perwita dkk. 2020. PENGGUNAAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD. Educational Journal of Elementary School, 1(1), 20.
Setyaningsih, Liza Ayu & Shanta Rezkita. (2019). Implementasi dan Kendala Model Pembelajaran Snowball Throwing di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD, 201-202.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Rembang: AR-RUZZ MEDIA.
Suhelayanti, Z, S., & Rahmawati, I. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). In Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Umaroh, S. T., Soeryanto, S., Warju, W., & Muslim, S. (2022). Peningkatan Kualitas Proses dan Prestasi Belajar Siswa SMK Teknik Otomotif dengan Blended Learning di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1150–1156. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2068
Yulia, Shasliani, & Isnawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Savi ( Somatic , Auditory , Visual dan Intellectualy ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV UPT SDN 106 Pinrang. Jurnal Publikasi Pendidikan, 20(30), :1-9.
Keywords | : |
Keywords:
proses belajar, hasil belajar, matematika, snowball throwing
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-29
|
How to Cite | : |
Siska Prasinta Kesum, eka putra, R., & Megawati. (2024). Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing di Kelas IV SD Negeri196/II Taman Agung. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1). Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2141
|
Issue | : |
Section
Articles
|