Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis ICARE Berbantuan Google Sites pada Materi Gerak Rotasi

HILMI KHOIRULLOH ( a:1:{s:5:"en_US";s:26:"UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA";} )
I Made Astra ( )
Umiatin ( )

Abstract

 

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya kesulitan peserta didik dalam mempelajari fisika pada materi gerak rotasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika yang interaktif dan layak digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dengan model pengembangan analysis, design, development, implementation, evaluation atau ADDIE, tetapi pada penelitian ini dibatasi sampai dengan tahap development. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis kebutuhan peserta didik terkait media pembelajaran fisika berdasarkan kuesioner yang disebar luaskan ke 118 peserta didik pada salah satu SMA di Jakarta. Hasil dari pengumpulan data menunjukkan bahwa sebanyak 67 peserta didik (56,8%) menganggap materi gerak rotasi pada bab dinamika gerak kelas XI adalah yang paling sulit dipelajari serta sebanyak 112 peserta didik (94,9%) membutuhkan media pembelajaran yang berbentuk website untuk mempelajari materi tersebut. Peserta didik menganggap perlu adanya model pembelajaran selain ceramah dan diskusi agar lebih mudah memahami fisika, sebanyak 86 peserta didik (72,9%) belum mengetahui model pembelajaran dengan pendekatan Introduction, Connection, Application, Reflection, and Extension (ICARE) dan tertarik mempelajari fisika menggunakan pendekatan tersebut pada media pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengembangkan media pembelajaran fisika berbantuan Google Sites yang interaktif dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika pada materi gerak rotasi.

 

References

(Rob) Branch, R. M., & Stefaniak, J. E. (2019). Instructional design theory. In SpringerBriefs in Open and Distance Education. Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-13-7740-2_10

Bahari, F., Wardani, D. A. K., Pascaeka, L., Febrianti, N. A. P., & Nuraini, L. (2023). Rancang Bangun Media Pembelajaran Berbasis Website Google Sites pada Materi Astronomi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(1), 53–67. https://doi.org/10.31571/edukasi.v21i1.5212

Dani, A. U., & Qurana. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning Trhadap Pemahaman Konsep Fisika. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 10(1), 56–60. https://doi.org/10.24252/jpf.v10i1.28231

Halmuniati, H., Riswandi, D., Zainuddin, Z., Asmin, L. O., & Isa, L. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(4), 332–340. https://doi.org/10.24815/jipi.v6i4.27199

Herawati, E., Suwilo, S., Mawengkang, H., & Syahmrani, A. (2023). Teaching Digital Archives Management Using Google Sites, Google Drive, and Gmail. ABDIMAS TALENTA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 867–871. https://doi.org/10.32734/abdimastalenta.v8i2.10444

Indriani, N., Suryani, I., & Mukaromah, ul. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Khazanah Pendidikan , 17(1), 242–252. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16228

Ma, A., Maftukhin, A., Al Hakim, Y., & Wakhid Akhdinirwanto, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Scratch Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Kumparan Fisika, 6(3), 185–194. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika

Mesra, R. (2023). Research & Development Dalam Pendidikan. In Https://Doi.Org/10.31219/Osf.Io/D6Wck.

Nahar, S., Suhendri, Zailani, & Hardivizon. (2022). Improving Students’ Collaboration Thinking Skill under the Implementation of the Quantum Teaching Model. International Journal of Instruction, 15(3), 451–464. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15325a

Priatna, R., Pitriana, P., & Nuryantini, A. Y. (2022). Peningkatan HOTS peserta didik melalui pembelajaran fisika berbasis App Inventor pada materi gelombang berjalan. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 7(1), 29–42. https://doi.org/10.17509/wapfi.v7i1.43958

Putra, D. P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Kartun 3D. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 88–93. https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.17

Rahmi, D. F., Satrio, M. T. J., Azmy, D. S., & Septian, A. (2023). Penerapan Model ICARE Berbasis Media Powtoon untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Prisma, 12(2), 486. https://doi.org/10.35194/jp.v12i2.3758

Rumawatine, Z. (2023). The Effect Of Personal Learning Models On Self-Confidence And Learning Outcomes To Play Soccer In Extracurricular Men’s Soccer. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 864–873.

Sari, T. I., & Rochmiyati, D. S. (2023). Pembelajaran Interaktif Berbantuan Google Sites dengan Model PJBL untuk Meningkakan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 106–115. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.15855

Sevtia, A. F., Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1167–1173. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.743

Siboro, A., Sianturi, T. A., Ndruru, S., & Sitompul, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pembelajaran Fisika Siswa Kelas IX MTSN 3 Medan. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3, 34.

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). ALFABETA.

Thornhill-Miller, B., Camarda, A., Mercier, M., Burkhardt, J. M., Morisseau, T., Bourgeois-Bougrine, S., Vinchon, F., El Hayek, S., Augereau-Landais, M., Mourey, F., Feybesse, C., Sundquist, D., & Lubart, T. (2023). Creativity, Critical Thinking, Communication, and Collaboration: Assessment, Certification, and Promotion of 21st Century Skills for the Future of Work and Education. Journal of Intelligence, 11(3). https://doi.org/10.3390/jintelligence11030054

Yenni, R. P., Siahaan, P., & Suwarmaz, I. R. (2022). ICARE-U Learning Model to Improve Critical Thinking Skills of High School Students in Indonesia. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(2), 585–594. https://doi.org/10.23960/jpmipa/v23i2.pp585-594


Keywords  :  
Keywords: gerak rotasi, ICARE, media pembelajaran
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-18
How to Cite  :  
HILMI KHOIRULLOH, Astra, I. M., & Umiatin. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis ICARE Berbantuan Google Sites pada Materi Gerak Rotasi. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 157–166. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2140
Issue  :