Pengaruh Modul Ajar Project Based Learning Terintegrasi Entrepreneurship Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perangkat ajar Project Based Learning (PjBL) terintegrasi entrepreneurship dalam meningkatkan kreativitas dan keterampilan siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif berupa quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII. Sampel penelitian ini berjumlah 62 siswa yang terdiri dari siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol, dengan teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan perangkat ajar model PjBL dengan integrasi entrepreneurship sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional sesuai yang dimiliki guru sekolah. Hasil penelitian kreativitas siswa menunjukkan bahwa rata-rata N-Gain di kelas eksperimen sebesar 0,48 dengan kriteria sedang, sedangkan kelas kontrol rata-rata N-Gain sebesar 0,24 dengan kriteria rendah. Data keterampilan siswa didapatkan dari nilai penugasan proyek, data ini diuji dengan membandingkan nilai rata-rata pada hasil akhir nilai proyek. Berdasarkan nilai dari tiga indikator penilaian yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan laporan menunjukkan hasil bahwa rata-rata keterampilan siswa setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen lebih tinggi dengan rata-rata 90,62 dibandingkan di kelas kontrol dengan rata-rata 77,30. Dengan demikian penerapan perangkat ajar Project Based Learning terintegrasi entrepreneurship berpengaruh terhadap peningkatan kreativitas dan keterampilan siswa.
References
Abraham, Irfan, and Yetti Supriyati. 2022. “Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review.” Jurnal
Ilmiah Mandala Education 8(3):2476–82. doi: 10.58258/jime.v8i3.3800.
Hewi, La, and Muh Shaleh. 2020. “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment):
Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini).” Jurnal Golden Age 4(01):30–41. doi:
29408/jga.v4i01.2018.
Hormadia, Ijce, and Aan Putra. 2021. “Systematic Literature Review: Kemampuan Berpikir Kreatif Pada
Pembelajaran Matematika.” Didactical Mathematics 3(1):1–7. doi: 10.31949/dm.v3i1.914.
Kemendikbud. 2022. Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lestari, Ina, and Aldeva Ilhami. 2022. “Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan
Berpikir Kreatif Siswa Smp: Systematic Review.” LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA
(2):135–44. doi: 10.24929/lensa.v12i2.238.
Lestari, Renda, Boby Syefrinando, Nel Efni, and Firman Firman. 2021. “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis
Entrepreneur Di Sekolah.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(1):154–61. doi: 10.31004/edukatif.v4i1.1760.
Natty, Richard Adony, Firosalia Kristin, and Indri Anugraheni. 2019. “Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar
Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu
(4):1082–92. doi: 10.31004/basicedu.v3i4.262.
Sari, Komala, Yunita Yunita, and Djohar Maknun. 2021. “Meta-Analisis Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap
Kemampuan Berpikir Kreatif Biologi Siswa SLTP Dan SLTA.” Quagga: Jurnal Pendidikan Dan Biologi
(2):51–59. doi: 10.25134/quagga.v13i2.3668.
Silmi Kurnia Sa’adah, Sudarmin, dan Skunda Diliarosta. 2021. “25898-73390-1-Pb.” Pengembangan Pembelajaran
Dengan Pendekatan Stem Terintegrasi Science Entrepreneurship Untuk Meningkatkan Karakter
Kewirausahaan 15(1):2778–91.
Tyas, Ari Anggarani Winadi Prasetyoning, and Katryn Trie Wicak Ikhsani. 2015. “Sumber Daya Alam & Sumber
Daya Manusia Untuk Pembangunan Ekonomi Indonesia.” Forum Ilmiah 12(1):1–15.
Keywords | : |
Keywords:
perangkat ajar, PJBL, enterpreneurship, kreativitas, keterampilan
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-18
|
How to Cite | : |
Ida Trisnawati, Masykuri, M., & Yamtinah, S. (2024). Pengaruh Modul Ajar Project Based Learning Terintegrasi Entrepreneurship Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Keterampilan Siswa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 175–180. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2138
|
Issue | : |
Section
Articles
|