Urgensi Peran Guru Sekolah Dasar Awal Dalam Meningkatkan Kesiapan Sekolah Anak Pada Transisi Ke Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur
Abstract
Transisi dari pendidikan anak usia dini (PAUD) ke sekolah dasar (SD) merupakan tahap penting dalam perkembangan anak. Kesiapan yang baik pada masa transisi ini menjadi kunci keberhasilan belajar siswa di SD. Oleh karena itu, peran guru sekolah dasar awal dalam mempersiapkan kesiapan anak pada masa transisi menjadi sangat penting untuk menciptakan fondasi yang kokoh bagi perkembangan selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui urgensi peran guru sekolah dasar awal dalam meningkatkan kesiapan sekolah anak pada transisi ke sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti buku dan jurnal yang relevan. Data kemudian dianalisis untuk mencapai tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa urgensi peran guru sekolah dasar awal sangat krusial dalam mempersiapkan kesiapan anak pada masa transisi ke sekolah dasar. Implementasi empat peran utama guru sebagai fasilitator, motivator, contoh perilaku, dan pengamat berpotensi memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kesiapan anak secara holistik, baik secara akademis maupun aspek lainnya.Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kesiapan anak pada masa transisi ke sekolah dasar sangat dipengaruhi oleh peran guru sekolah dasar awal. Guru yang efektif dalam memainkan peran-peran tersebut dapat membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung, memotivasi, dan menginspirasi siswa untuk mencapai potensi maksimal siswa. Implikasi kebijakan dari penelitian ini menekankan perlunya dukungan pemerintah dan sumber daya yang memadai untuk pelatihan guru, serta pentingnya kerja sama antara pendidik, orang tua, dan lembaga pendidikan dalam memfasilitasi transisi yang lancar bagi siswa.
References
Altun, D. (2018). A Paradigm Shift in School Readiness: A Comparison of Parents', Pre-Service and Inservice Preschool Teachers' Views. International Journal of Progressive Education, 14(2), 37-56.
Amerijckx, G., & Humblet, P. C. (2015). The transition to preschool: a problem or an opportunity for children? A sociological perspective in the context of a ‘split system’. European early childhood education research journal, 23(1), 99-111.
Ballam, N., Perry, B., & Garpelin, A. (2017). International perspectives on the pedagogies of educational transitions. Pedagogies of educational transitions: European and antipodean research, 1-12.
Benedict, E. A., Horner, R. H., & Squires, J. K. (2017). Assessment and implementation of positive behavior support in preschools. Topics in Early Childhood Special Education, 27(3), 174–192.
Besi, M., & Sakellariou, M. (2019). Factors associated with the successful transition to primary school. European Journal of Education Studies.
Copple, C., & Bredekamp, S. (2019). Developmentally appropriate practice in early childhood programs serving children from birth through age 8. ERIC.
Cunningham, C. P. (2016). Transition Strategies in Early Childhood Settings.
Faridah, I., Rachmawaty, M., Maryati, S., Adiarti, W., & Zukhairina. (2021). Bahan Ajar Program Transisi Paud-Sd. 1–38.
Finders, J. K., Budrevich, A., Duncan, R. J., Purpura, D. J., Elicker, J., & Schmitt, S. A. (2021). Variability in preschool CLASS scores and children’s school readiness. Aera Open, 7, 23328584211038938.
Fridani, L. (2018). Early Childhood Education Journal of Indonesia. Ijeces, 1(2), 1–8. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eceji/article/view/32411
Goble, P., Eggum-Wilkens, N. D., Bryce, C. I., Foster, S. A., Hanish, L. D., Martin, C. L., & Fabes, R. A. (2017). The transition from preschool to first grade: A transactional model of development. Journal of Applied Developmental Psychology, 49, 55-67.
Goble, P., Hanish, L. D., Martin, C. L., Eggum-Wilkens, N. D., Foster, S. A., & Fabes, R. A. (2016). Preschool contexts and teacher interactions: Relations with school readiness. Early education and development, 27(5), 623-641.
González-Moreira, A., Ferreira, C., & Vidal, J. (2021). Comparative Analysis of the Transition from Early Childhood Education to Primary Education: Factors Affecting Continuity between Stages. European Journal of Educational Research, 10(1), 441-454
Harrington, E. M., Trevino, S. D., Lopez, S., & Giuliani, N. R. (2020). Emotion regulation in early childhood: Implications for socioemotional and academic components of school readiness. Emotion, 20(1), 48.
Haslip, M. J., & Gullo, D. F. (2018). The changing landscape of early childhood education: Implications for policy and practice. Early Childhood Education Journal, 46, 249-264
Huser, C., Dockett, S., & Perry, B. (2016). Transition to school: Revisiting the bridge metaphor. European Early Childhood Education Research Journal, 24(3), 439-449.
Irianto, B. (2017). Bahan Ajar Pendidikan Anak Usia Dini. Kemendikbud.
Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–465.
Marjan, J., & Hilmi, M. Z. (2020). Penyesuaian Diri Anak-Anak Di Lingkungan Sekolah. SOSIO EDUKASI Jurnal Studi Masyarakat Dan Pendidikan, 4(1), 33–38. https://doi.org/10.29408/sosedu.v4i1.411
Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Journal. Open Science Framework, 1–3. Retrieved from osf.io/efmc2
Mirascieva, S. (2011). Didactical principles in the teaching and education for human relations. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 15, 1401–1403.
Murati, R. (2015). The role of the teacher in the educational process. The Online Journal of New Horizons in Education, 5(2), 75–78.
Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Neaum, S. (2016). School readiness and pedagogies of Competence and Performance: theorising the troubled relationship between early years and early years policy. International Journal of Early Years Education, 24(3), 239–253. https://doi.org/10.1080/09669760.2016.1205970
Pekdogan, S., & Akgül, E. (2017). Preschool Children's School Readiness. International Education Studies, 10(1), 144-154.
Pirskanen, H., Jokinen, K., Karhinen-Soppi, A., Notko, M., Lämsä, T., Otani, M., Meil, G., Romero-Balsas, P., & Rogero-García, J. (2019). Children’s emotions in educational settings: Teacher perceptions from Australia, China, Finland, Japan and Spain. Early Childhood Education Journal, 47, 417–426.
Puccioni, J., Froiland, J. M., & Moeyaert, M. (2020). Preschool teachers’ transition practices and parents’ perceptions as predictors of involvement and children’s school readiness. Children and Youth Services Review, 109, 104742.
Tuati, A. F., Rosyidi, U., & Zulaikha, S. (2019). Building School Culture Through Implementation Of Character Education. Jurnal Ilmiah Econosains, 17(1),20–30. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/ECONOSAINS.01
Vogler, P., Crivello, G., & Woodhead, M. (2008). Early Childhood Transitions Research: A Review of Concepts, Theory and Practice. In Bernard van Leer Foundation Working Paper in Early Childhood Development (Vol. 48).
Wahid, F. S., & Purnomo, A. (2020). Kajian Pendidikan Karakter Pada Sekolah Dasar Ramah Anak Di Kabupaten Brebes. Syntax Idea, 2(4), 48–54.
Widiastuti, H. (2019). Peran Guru dalam Membentuk Siswa Berkarakter. Pendidikan Karakter Di TingkatSekolah Dasar, 41–53. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/1670
Zed. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia
Keywords | : |
Keywords:
kesiapan sekolah, transisi, peran guru sekolah dasar
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-18
|
How to Cite | : |
Lisda Yuni Mardiah, wulan, S., & akbar, Z. (2024). Urgensi Peran Guru Sekolah Dasar Awal Dalam Meningkatkan Kesiapan Sekolah Anak Pada Transisi Ke Sekolah Dasar: Tinjauan Literatur. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 181–188. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2137
|
Issue | : |
Section
Articles
|