Urgensi artificial intelegency di era kurikulum Merdeka
Abstract
Pendidikan memainkan peran penting dalam membangun suatu negara dengan
menghasilkan tenaga kerja terampil dan adaptif. Fokus pembangunan Indonesia pada empat
pilar utama mencakup pengembangan sumber daya manusia dan penguasaan teknologi.
Society 5.0 menuntut integrasi kecerdasan buatan dalam sistem pendidikan untuk memajukan
pembelajaran. Kurikulum Merdeka menawarkan fleksibilitas dalam materi dan metode
pembelajaran untuk mendorong kreativitas dan berpikir kritis siswa. Meskipun AI memiliki
potensi untuk memajukan pendidikan, perlu diwaspadai implikasi negatifnya, seperti bias
algoritmik dan pengurangan motivasi belajar. Guru perlu memanfaatkan teknologi AI secara
kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyoroti urgensi artificial intelegency di
era kurikulum Merdeka dan mengajukan perlunya pendekatan yang hati-hati dalam
penerapannya. Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk menggambarkan
urgensi AI dalam kurikulum Merdeka, sementara hasil penelitian menunjukkan perlunya
pengembangan etika AI dan peran pendidikan dalam menghadapi kemajuan teknologi.
Kesimpulannya, integrasi kecerdasan buatan dalam pendidikan memerlukan keterampilan
guru dalam memanfaatkannya secara positif.
References
Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., ... &
Hamsiah, A. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Era Digital. PT. Sonpedia
Publishing Indonesia.
Atina, V. Z. (2021). A Guide To Survive In The Corona Virus Pandemic And The Society 5.0
Era. Deepublish.
Erwin, E., Pasaribu, A. W., Novel, N. J. A., Thaha, A. R., Adhicandra, I., Suardi, C., ... &
Syafaat, M. (2023). Transformasi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Eva, Y., & Ds, S. (2020). Suatu Pengantar: Metode dan Riset Desain Komunikasi Visual
DKV. Deepublish.
Haryati, L. F., Anar, A. P., & Ghufron, A. (2022). Menjawab Tantangan Era Society 5.0
Melalui Inovasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan
Konseling (JPDK), 4(5), 5197-5202.
Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: jurnal
pemikiran dan pendidikan islam, 5(2), 130-138.
Muharrom, M., Aslan, A., & Jaelani, J. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar
Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pusat Keunggulan SMK
Muhammadiyah Sintang. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 3(1), 1-13.
Noperman, F. (2022). INOVASI PEMBELAJARAN: Dari ide kreatif di kepala sampai praktik
inovatif di kelas. Laksbang Pustaka.
Prabowo, F. H. E., Sujai, I., & Fadillah, D. R. (2024). Peningkatan Keterampilan Digital bagi
Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) & Masyarakat Desa dalam Upaya
Pencegahan Penyebaran Berita Hoax. Langgam Pustaka.
Ratuela, Y. R., Nelwan, O. S., & Lumintang, G. G. (2022). Pengaruh hard skill, soft skill dan
efikasi diri terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa akhir Jurusan Manajemen FEB
UNSRAT Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan
Akuntansi, 10(1), 172-183.
Rozie, F., & Pratikno, A. S. (2023). Media Pembelajaran Digital dalam Pembelajaran di
Sekolah Dasar. Rena Cipta Mandiri.
Silvester, S., Purnasari, P. D., Aurelly, B. T., & Gunawan, R. (2022). Analisis Kemampuan
Guru Penggerak Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Wilayah Perbatasan Dalam
Perspektif Literasi Teknologi Digital. Sebatik, 26(2), 412-419.
Suharyo, S., Subyantoro, S., & Pristiwati, R. (2023). Kecerdasan Buatan dalam Konteks
Kurikulum Merdeka pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah: Membangun
Keterampilan Menuju Indonesia Emas 2045. HUMANIKA, 30(2), 208-217.
Supriyanto, S. (2020). Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa
Tunarungu. Jurnal Inspiras Manajemen Pendidikan, 8(3), 167-177.
Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati, M. (2019). Meningkatkan kompetensi
profesionalisme guru di abad 21 melalui pelatihan pembelajaran bahasa
inggris. TARBAWIYAH, 1(1), 35-44.
Keywords | : |
Keywords:
urgensi, intelegency, kurikulum merdeka
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-18
|
How to Cite | : |
Muhammad Dewa Zulkhi, delima kiska, nurul, qomara ika saputri, nofa, zusniarti, kurniawan, anggi, & susianing hendrawati, elida. (2024). Urgensi artificial intelegency di era kurikulum Merdeka. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 435–439. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2135
|
Issue | : |
Section
Articles
|