Penelitian Etnokimia Dalam Materi Laju Reaksi: Revieu Jurnal

Sukrisno ( a:1:{s:5:"en_US";s:16:"Universitas Riau";} )
asmadi M noer ( )
rasmiwetti ( )
lujeng paramastuti ( )

Abstract

Budaya merupakan hal yang selalu kita jumpai dalam lingkungan dan juga tidak terlepas dari ilmu kimia. Pengenalan budaya di daerahnya bagi generasi muda pada saat ini cukup sedikit yang diakibatkan oleh arus globalisasi yang berkembang pesat. Pengenalan budaya melalui pendidikan sains sangatlah menarik untuk dipahami. Persaingan pada abad ke- 21 sangat dibutuhkan kemampuan komprehensif, kreatif, literasi tinggi dan kemampuan memecahkan masalah. Penelitian ini merupakan studi pustaka dengan 23 jurnal yang ditemukan memenuhi kriteria inklusif yang telah ditentukan sebagai berikut: 1) jurnal 5 tahun terakhir (2019-2023); 2) jurnal terakreditasi SINTA dan Scopus 3) ruang lingkup penelitian di Indonesia dan Luar Negeri 4) kata kunci jurnal etnosains, etnokimia, laju reaksi. Pencarian jurnal menggunakan aplikasi Publish of Perish 8. Literatur sains menjadi aspek yang diukur secara serius dengan pendekatan etnokimia yang mayoritas melibatkan peserta didik sekolah menengah. Etnokimia menunjukkan minimnya pembahasan dalam materi laju reaksi. Nabun merupakan etnokimia yang dibahas dalam faktor yang mempengaruhi laju reaksi yang merupakan tradisi budaya Betawi. Penyampaian isu ini akan memperluas informasi dan mengubah perilaku siswa dalam menjawab permasalahan yang luas. Hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian, aspek pengukuran yang masih minim dilakukan adalah berpikir kritis, keterampilan penjelasan ilmiah, dan melestarikan budaya dari pendekatan etnokimia. Pendekatan etnokimia atau etnosains adalah pendekatan yang menyajikan budaya yang ada disekitar atau pengetahuan budaya yang dimiliki oleh peserta didik yang dikaitan dengan konsep ilmu yang sedang dipelajari. Penelitian dalam 5 tahun terakhir secara keseluruhan telah dilakukan aspek pengukuran literasi sains dan masih minim dalam pengukuran aspek berpikir kritis, keterampilan penjelasan ilmiah, dan melestarikan budaya

References

Anggreni, U. D., Hadiarti, D., & Fadhilah, R. (2023). Development of the Acid-Base Microblogs Based on Malay Ethnochemistry to Preserve Culture. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(8), 6067–6075. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i8.4300

Asda, V. D., Andromeda, Yerimadesi, & Hardeli. (2023). Development of Buffer Solution Students’ Worksheet Based on Problem Based Learning with Ethnochemistry to Improve Students’ Science Literacy Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(7), 5220–5227. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i7.4369

Asmaningrum, H. P., Pongkendek, J. J., & Marpaung, D. N. (2021). The Design of Vlogs as Ethnochemical Learning Media by Project Based Learning.

Astid Putera, D. B. R. (2023). Development Of Integrated Elements Chemical Domino Card Game With Ethnochemistry Madura Jamu Ingredients. IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, 5(1), 39. https://doi.org/10.29300/ijisedu.v5i1.10481

Basit, Buchori M., & Nanda S. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Etnosains Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia Spin 5 (1) (2023) 75-90. DOI: 10.20414/spin.v5i1.6907

Cahyani, Y., & Wahyudiati, D. (2023). Hydrogen Jurnal Kependidikan Kimia Ethnochemistry: Exploring the Potential of Samawa Local Wisdom as a Source for Learning Chemistry. https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i4.8402

Fuadi, H., Robbia, A. Z., Jamaluddin, J., & Jufri, A. W. (2020). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(2), 108–116. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i2.122

Hanum, L., Hasan, M., Ulfa Tenri Pada, A., Rahmatan, H., & Fazlia Inda Rahmayani, R. (2023). Development of Learning Devices Based on Ethnoscience Project Based Learning to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(2), 288–305. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.28294

Heliawati, L., Lidiawati, L., Adriansyah, P. N. A., & Herlina, E. (2022). Ethnochemistry-Based Adobe Flash Learning Media Using Indigenous Knowledge to Improve Students’ Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(2), 271–281. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i2.34859

Inovasi Penelitian, J., Nana Sutrisna Pendidikan Biologi, O., Muhammadiyah Sungai Penuh Jl Muradi Sungai Liuk, S., & Sungai Penuh, K. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Sains Peserta Didik SMA di Kota Sungai Penuh. 1(12), 2683.

Izondeme, B., & Ebele Chinelo, O. (2021). Effect of Ethnochemistry Instructional Approach on Secondary School Students’ Achievement in Chemistry in Bayelsa State. International Journal of Education and Evaluation. www.iiardjournals.org

Jufrida, J., Basuki, F. R., Kurniawan, W., Pangestu, M. D., & Fitaloka, O. (2019). Scientific literacy and science learning achievement at junior high school. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 630–636. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20312

Lailil Aprilia, N., & Lutfi, A. (2023). Hydrogen Jurnal Kependidikan Kimia Ethnoscience-Based Interactive Multimedia to Improve Scientific Literacy in Chemical Equilibrium Materials. https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i3.7942

Noer, A. M. (2020). Content Needs Analysis and Development of the E-Module Reaction Rate in School Chemistry. Journal of Physics: Conference Series, 1655(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1655/1/012069

Nofiana, M., & Julianto, T. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. In Mufida Nofiana (Vol. 2).

Peranan Transformative Learning dalam Pendidikan Kimia: Pengembangan Karakter, Identitas Budaya, dan Kompetensi Abad ke-21. (2018). JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 8(1). https://doi.org/10.21009/jrpk.081.01

Pitnelly, P., Wahyuni, S., Elisa, E., Zurweni, Z., & Malik, A. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantukan Google Classroom Dimasa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Kimia. Journal of The Indonesian Society of Integrated Chemistry, 13(1), 58–65. https://doi.org/10.22437/jisic.v13i1.14507

Rahman, Abd. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Makasar. Universitas Muhammadiyah Makassar. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam ISSN: 2775-4855 Volume 2, Nomor 1, Juni 2022 https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul

Rahmawati, Y. (2018). Peranan Transformative Learning dalam Pendidikan Kimia: Pengembangan Karakter, Identitas Budaya, dan Kompetensi Abad ke-21. Jakarta. Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. DOI: https://doi.org/10.21009/JRPK.081.01

Rahmawati, Y., Baeti, H. R., Ridwan, A., Suhartono, S., & Rafiuddin, R. (2019). A culturally responsive teaching approach and ethnochemistry integration of Tegal culture for developing chemistry students’ critical thinking skills in acid-based learning. Journal of Physics: Conference Series, 1402(5). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1402/5/055050

Rukmi Octaviana, D., Aditya Ramadhani, R., Achmad Siddiq Jember, U. K., & Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2021). HAKIKAT MANUSIA: Pengetahuan (Knowladge), Ilmu Pengetahuan (Sains), Filsafat Dan Agama. In Jurnal Tawadhu (Vol. 5, Issue 2).

Salma, I. M., Eurika, N., & Wulandari, F. (2023). Upaya Peningkatan Literasi Sains Siswa Kelas XI MIPA 6 dengan PBL Berbasis Culturally Responsive Teaching Di SMAN Balung. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 220–230. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1267

Seprianto, S., & Hasibuan, M. P. (2021). Effectiveness of Blood Learning Based on the Ethnochemical Approach Module on Improving Science Literation Abilities. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(1), 1117–1122. https://doi.org/10.33258/birci.v4i1.1720

Siwale, A., Singh, I. Sen, & Hayumbu, P. (2020). IJRISS) |Volume IV, Issue VIII. In International Journal of Research and Innovation in Social Science. www.rsisinternational.org

Suanda, N., & Wahyudiati, D. (2023). Hydrogen Jurnal Kependidikan Kimia Ethnochemistry: Analysis of the Relevance of Material Atomic Structure with the Ngejot Tradition as a Source for Learning Chemistry. https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i3.7803

Sudarmin, S., Zahro, L., Pujiastuti, S. E., Asyhar, R., Zaenuri, Z., & Rosita, A. (2019). The development of PBL-based worksheets integrated with green chemistry and ethnoscience to improve students’ thinking skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 492–499. https://doi.org/10.15294/jpii.v8i4.17546

Suja, W. (2022). Revitalisasi etnosains untuk mendukung literasi Ethnoscience revitalization to support literacy. In Bivalen: Chemical Studies Journal (Vol. 5, Issue 1). http://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/bivalen

Suparwati., Made, N., A., Suja, W., & Tika, N. (2023). E-LKPD Kimia Berbasis STEM dengan Muatan Etnosains untuk Meningkatkan Model Mental Kimia pada Materi Laju Reaksi A R T I C L E I N F O Kata Kunci: E-LKPD Kimia STEM etnosains model mental kimia. 7(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPK

Suparya, I. K., I Wayan Suastra, & Putu Arnyana, I. B. (2022). Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab dan Alternatif Solusinya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166. https://doi.org/10.38048/jipcb.v9i1.580

Sutrisno, H., Wahyudiati, D., & Louise, I. S. Y. (2020). Ethnochemistry in the Chemistry Curriculum in Higher Education: Exploring Chemistry Learning Resources in Sasak Local Wisdom. Universal Journal of Educational Research, 8(12A), 7833–7842. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082572

Ugwu, A. N. (2020). Effects Of Ethno-Chemistry-Based Curriculum Delivery On Students’ Interest In Chemistry In Obollo-Afor Education Zone Of Enugu State. Journal of the Nigerian Academy of Education (Vol. 14, Issue 2).

Wahyudiati, D. (2021). Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia Ethnochemistry: Analisis Relevansi Materi Sistem Periodik Unsur dengan Kearifan Lokal Sasak. SPIN, 3(2), 190–199. https://doi.org/10.20414/spin.v3i2.4402

Wahyudiati, D. (2022). Ethnochemistry: Exploring the Potential of Sasak and Java Local Wisdom as a Teaching Materials. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 6(2), 116–122. https://doi.org/10.23887/jpki.v6i2.49890

Wahyudiati, D. (2022). Implementation of Islamic Education Concept in Ethnochemistry. Jurnal Tarbiyatuna, 13(1), 19–28. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v13i1.5310

Wahyudiati, D., & Qurniati, D. (2023). Ethnochemistry: Exploring the Potential of Sasak and Javanese Local Wisdom as a Source of Chemistry Learning to Improve the Learning Outcomes of Pre-Service Teachers. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 11(1), 12–24. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i4.26790

Wibowo, T., & Ariyatun, A. (2020). Kemampuan Literasi Sains pada Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Kimia Berbasis Etnosains. Edusains, 12(2), 214–222. https://doi.org/10.15408/es.v12i2.16382

Wiratma, I. G. L., & Yuliamiastuti, I. A. A. (2023). Ethnochemistry potential of vines contained in lontar usada taru pramana on students’ scientific explanation skills through task-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(2), 208–220. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i2.42826

Yusaerah, N., Anugra, N., Anwar, D., & Nurfadillah, N. (2023). Hydrogen Jurnal Kependidikan Kimia Ethnochemistry: Exploring the Silk Ecoprint Steaming of Kampung Sabbeta as a Source of Learning Chemistry. https://doi.org/10.33394/hjkk.v11i5.8883

Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia: Hasil Pisa dan Faktor Penyebab. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 11–19. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283

Zahro, A. N., Sumarni, W., & Kurniawan, C. (2022). Development of Colloid System Electronic Module Based On Problem Solving Integrated Ethnochemistry for High School Students. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/iset

Zahro, A. N., Sumarni, W., & Kurniawan, C. (2023). Tradition of Making Lontong Tuyuhan in Rembang Regency as a Science Learning Resource. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(1), 207–215. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i1.2197


Keywords  :  
Keywords: budaya, etnomika, laju reaksi, literasi sains
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-18
How to Cite  :  
Sukrisno, M noer, asmadi, rasmiwetti, & paramastuti, lujeng. (2024). Penelitian Etnokimia Dalam Materi Laju Reaksi: Revieu Jurnal. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 196–205. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2134
Issue  :