Systematic Literature Review : MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PBL ( PROBLEM BASED LEARNING ) PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Alia Sopiatul Azkia ( a:1:{s:5:"en_US";s:26:"Universitas Negeri Jakarta";} )
Arifin Maksum ( Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )
herlina usman ( Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )

Abstract

Pendidikan  suatu  bangsa dipengaruhi oleh beberapa  faktor, antara lain kurikulum,   guru   atau   tenaga   pengajar, fasilitas,  dan  sumber  belajar.  Model problem based learning memiliki potensi besar untuk meningkatkan pembelajaran IPS dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian literatur terkait kemampuan berpikir kritis yang menggunakan model problem based learning dalam pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan mengkaji artikel terkait kemampuan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran IPS yang dipublikasi pada tahun 2019-2023. Peneliti mengumpulkan sebanyak 20 artikel dalam jurnal dari Google Schoolar. Berdasarkan hasil review secara sistematik terhadap beberapa studi yang telah terpublikasi dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran problem based learning efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam kegiatan pembelajaran IPS yang mana dalam implementasinya melibatkan siswa pada proses pembelajaran yang aktif, kolaboratif, berpusat pada siswa sekolah dasar.

References

Ariyani, O. W., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1149-1160.

Febrita, I. ., & Harni, H. (2020). Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu terhadap Berfikir Kritis Siswa di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1619–1633. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.627

Fitriyyah, S. J., Sri, T. and Wulandari,H. (2019) „Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Biologi Materi Pemanasan Global‟, BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(1), pp. 1–7.

Hamdani, A. D., Nurhafsah, N., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran IPS terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(1), 460-468.

Hamimah, H., Kenedi, A. K., Zuryanty, Z., & Nelliarti, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Menggunakan Model Problem-Based Learning. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 173-184.

Handayani, M., Puryatmi, H., & Hanafi, H. (2022). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis melalui Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 548-555.

Hasyda, S., & Arifin, A. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. Pendas Mahakam : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 62–69. https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.461

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(3), 1547-1554.

Intan Kartikasari, Nugroho, A., & Muslim, A. H. (2021). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 6(1), 44-56. https://doi.org/10.22437/gentala.v6i1.10124

Laili, N. I., & Murni, A. W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Problem Based Learning dalam Pembelajaran IPS Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas 4 SD. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 23-33.

Mareti, J. W., & Hadiyanti, A. H. D. (2021). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 31-41.

Naswa, N. L., Kurnianti, E. M., & Hasanah, U. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pelajaran Ips Untuk Meningkaykan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Genta Mulia, 14(2).

Nurma'ardi, H. D., & Kuswaty, M. (2023). Keefektifan Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 3(4), 139-146.

Putri, R. O., Nugroho, A. S., & Umam, N. K. (2023). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR PADA PELAJARAN IPS. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(2), 1-10. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i2.2229

Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 23(2), 132–141

Rahayu, R. and Ismawati, R. (2019) „Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Smk‟, Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2), pp. 221–226. doi: 10.31002/nse.v2i2.706.

Rahmadana, J., & Khawani, A. (2023). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 224-230.

Rahmayani, A. L. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa. JP (Jurnal Pendidikan): Teori Dan Praktik , 4 (1), Article 1. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p59 - 62

Sahira, S., Rejeki, R., Jannah, M., Gustari, R., Nasution, Y. A., Windari, S., & Reski, S. M. (2022). Implementasi Pembelajaran IPS terhadap Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar , 6 (1), Article 1. https://doi.org/10.36379/autentik.v6i1.173

Salam, R. (2017). Model Pembelajaran Inkui ri Sosial dalam Pembelajaran IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN , 2 (1), Article 1. https://doi.org/10.15294/harmony.v2i1.19965.

Saputri, M. A. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 92–98. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.602

Sasmita, R. S., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3472–3481. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1313

Shintia, I., Heldayani, E., & Marleni, M. (2023). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV SD. Jurnal Guru Kita PGSD , 7 (3), Article 3. https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.42244

Siagian, G. (2021). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.

Wahyu, A. O., & Tego, P. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 2247–2255. https;//jbasic.org/index.php/basicedu

Wiguna, A. C., Salamah, I. S., & Rustini, T. (2023). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa SD Dalam Pembelajaran IPS. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu dan Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 62-70.

Wulandari, R., Wardhani, S. and Nawawi, S. (2020) „Pengaruh Model Problem BasedLearningTerhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Keanekaragaman Hayati‟,

Yuniharto, B. S., & Nisa, A. F. (2022). Implementasi Pembelajaran Berorientasi HOTS dan Kreativitas pada Muatan Pelajaran IPA Siswa SD Negeri Sariharjo. Jurnal Pendidikan Modern , 7 (3), Article 3. https://doi.org/10.37471/jpm.v7i3.477


Keywords  :  
Keywords: Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Pembelajaran IPS, berpikir kritis, problem based learning, pembelajaran ips
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-18
How to Cite  :  
Alia Sopiatul Azkia, Maksum, A., & usman, herlina. (2024). Systematic Literature Review : MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PEMBELAJARAN IPS MENGGUNAKAN MODEL PBL ( PROBLEM BASED LEARNING ) PADA SISWA SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 216–225. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2131
Issue  :