Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis Lingkungan disertai Events Chain terdahap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Emy Shofiah Setyowati ( Universitas Sebelas Maret, Indonesia )
Sri Yamtinah ( Universitas Sebelas Maret, Indonesia )
Prambang Setyono ( Universitas Sebelas Maret, Indonesia )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan disertai events chain terhadap kemampuan berpikir krtitis siswa. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen semu (Quasi Eksperiment) menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan control dengan desain pretest-posttest. Pengumpulan data dilakukan mrnggunakan instrumen berupa soal essay kemampuan berpikir kritis siswa terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kartasura pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Kesimpulan penelitian berdasarkan hasil analisis uji efektifitas menggunakan N-Gain dengan aplikasi SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis yang signifikan pada kelas eksperimen. Model inkuiri terbimbing berbasis lingkungan disertai events chain efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dilihat dari perbandingan nilai N-gain kelas eksperimen dan kelas kontrol. N-gain kelas control sebesar 34.46% dengan kategori tidak efektif dan nilai N-gain kelas eksperimen yaitu sebesar 76.33 % berarti masuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil analisis statistik menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan disertai events chain dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

References

Ennis, R. H. (1989). Critical Thinking and Subject Specificity: Clarification and Needed Research.

https://doi.org/10.3102/0013189 X018003004.

Facione, P. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Diperoleh pada 14 Oktober 2019 dari

https://www.researchgate.net /publication/251303244_Critical_Thinking_What_It_Is_and_Why_It_Counts.

Graciella, M & Suwangsih, E. (2016). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan

Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Metodi Didaktik, 10(2),27-36

Hadiyanti, L. N. U. R. (2013). Keterampilan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skills) Program Magister Pendidikan

Biologi.

Hake, R. 1999. Analizyingh Change/Gain Scoreh. http://lists.asu.edu

Herzon, H. H., Budijanto & Utomo, D. H. (2018). Problrm Based Learning (PBL) terhadap Keterampilan Berpikir

Kritis. Jurnal Pendidikan, 3(1), 42-46.

Kadir, M. A. (2017). What Teacher Knowledge Matters in Effectively Developing Critical Thinkers in the 21 st

Century Curriculum.

Mu’minah, I.H. 2018. Pengaruh Pendekatan Lingkungan Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah

Siswa. Jurnal Bio Educatio, Vol 3 No 2 hlm 1-7. ISSN: 222541-2280.

Myers, B. E., & Dyer, J. E. (2006). The influence of student learning style on critical thinking skill. Journal of

Agricultural Education, 47(1), 43.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro,M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal

Pendidikan:Teori, Penelitian, dan Pengembangan.

Parwati, G.A.P.U., Rapi, N.K., & Rachmawati, D.O. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing

untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika

Undiksa, 10 (1) 49-60.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan

Menengah, 1 (2016).

Qian, M., & Clark, K. R. (2016) . Game-based Learning and 21st century skills: A review of recent research.

Sarifah, F., & Nurita, T. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan

Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Siswa. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 11(1), 22-31.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Jurnal Inovasi Pendidikan.

Volume 7 Nomor 1.

Verina, I. O. (2010). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Model

Cooperative. Repositori UM

Wahyuni, F. (2015). Kurikulum dari Masa ke Masa. Vol. 10 No. 2, Al-Adabiya


Keywords  :  
Keywords: model pembelajaran inkuiri terbimbing, pembelajaran berbasis lingkungan, event chain, kemampuan berpikir kritis
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Emy Shofiah Setyowati, Yamtinah, S., & Setyono, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis Lingkungan disertai Events Chain terdahap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 250–257. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2126
Issue  :