ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH IPA DI SEKOLAH DASAR

Fahira Arsyaf ( Magister Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )
Agung Purwanto ( Magister Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )
Tian Abdul Aziz ( Magister Pendidikan Dasar Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran siswa dalam bentuk
video animasi pada pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan tujuan untuk meningkatkan
keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan tahapan awal dalam
mengembangkan video animasi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa
pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang guru
dan 64 orang siswa di salah satu sekolah dasar negeri yang terletak di Kota Pekanbaru Provinsi
Riau. Adapun instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner, wawancara, dan studi
dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan metode skala likert dan
penyajian data disajikan dalam bentuk diagram lingkaran yang dijelaskan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi untuk meningkatkan keterampilan
pemecahanan masalah IPA pada siswa di sekolah dasar sangat dibutuhkan yang dapat terlihat
dari hasil kuesioner peserta didik maupun hasil wawancara kepada guru.

References

Asmahasanah, S., Ibdaisyah, I., & Sa’diyah, M (2018). Social Studies Education in Elementary Schools Through

Contextual REACT-Based on Environment and Sociopreneur. International Journal of Multicultural and

Multireligious Understanding, 5(6), 52 https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5j6.487

Fauzia, N. L. U., & Kelana, J. B. (2020). Naturan Science Problem Solving in Elementary School Students Using the

Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 596-603.

F. Utami., & Korwiyah. (2022). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di

Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelajaran. 7(2), 138-

https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5415

Hasibuan, M. S. P. (2018). Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. (Cetakan Ketujuh). Jakarta:

Bumi Aksara.

M. Qistina, M. Alpusari, E. Noviana, & N. Hermita. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran

IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah

Dasar, vol. 8, no.2, pp. 160-172, 2019.

Munir. (2015). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Purnamasari, S. (2020). Pengembangan Praktikum IPA Terpadu Tipe Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan

Proses Sains. Pancasakti Science Education Journal, 5(2), 8-15. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43

Ramadhani, R. (2018). The Enhancement of Mathematical Problem Solving Ability and Self Confidence of Students

Through Problem Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 5(1), 127-134.

https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13269

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara

Savitri, E. N., Amalia, A. V., Prabowo, S. A., Rahmadani, O. E P., & Kholidah, A. (2021). The Effectiveness of Real

Science Mask With QR Code Students’ Problem-solving Skilss and Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan

IPA Indonesia, 10(2), 209-219. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29918

Stoeffler, K., Rosen, Y., Bolsinova, M., & Von Davier, A.A. (2020a). Gamified Perfoermance Assesment of

Collaborative Problem Solving Skills. Computers in Human Behaviour, 104.

https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.05.033

Suarsana, I. M., Lestari, I. A. P.D., & Mertasari, N. M. S (2019). The Effect of Online Problem Posing on Students’

Problem -Solving Ability in Mathematics. International Journal of Instruction (Vol. 12, Issue 1) www.e-

iji.net

Suendarti, M. (2017). The Influence of Jigsaw Learning Model on the Ability of Resolutiom Natural Science of

Middle East Junior High School Students Indonesia. International Journal of Environmental & Science

Education

.

Utami, R. I., Setiawan, W., & Yuliani, A. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada

Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 33-

https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.11374

Wahyuni, L. T. S., Japa, I. G. N., & Rati, N. W. (2020). Correlation of Reading Interests and Learning Motivation

Toward Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(3), 484-495.


Keywords  :  
Keywords: Video Animasi, Keterampilan pemecahan masalah, IPA
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Fahira Arsyaf, Purwanto, A., & Abdul Aziz, T. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH IPA DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 272–278. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2123
Issue  :