ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH IPA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran siswa dalam bentuk
video animasi pada pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan tujuan untuk meningkatkan
keterampilan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini merupakan tahapan awal dalam
mengembangkan video animasi untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa
pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian
menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 orang guru
dan 64 orang siswa di salah satu sekolah dasar negeri yang terletak di Kota Pekanbaru Provinsi
Riau. Adapun instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner, wawancara, dan studi
dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan metode skala likert dan
penyajian data disajikan dalam bentuk diagram lingkaran yang dijelaskan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi untuk meningkatkan keterampilan
pemecahanan masalah IPA pada siswa di sekolah dasar sangat dibutuhkan yang dapat terlihat
dari hasil kuesioner peserta didik maupun hasil wawancara kepada guru.
References
Asmahasanah, S., Ibdaisyah, I., & Sa’diyah, M (2018). Social Studies Education in Elementary Schools Through
Contextual REACT-Based on Environment and Sociopreneur. International Journal of Multicultural and
Multireligious Understanding, 5(6), 52 https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5j6.487
Fauzia, N. L. U., & Kelana, J. B. (2020). Naturan Science Problem Solving in Elementary School Students Using the
Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4), 596-603.
F. Utami., & Korwiyah. (2022). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan di
Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pelajaran. 7(2), 138-
https://doi.org/10.33394/jtp.v7i2.5415
Hasibuan, M. S. P. (2018). Organisasi dan Motivasi Dasar Peningkatan Produktivitas. (Cetakan Ketujuh). Jakarta:
Bumi Aksara.
M. Qistina, M. Alpusari, E. Noviana, & N. Hermita. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran
IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah
Dasar, vol. 8, no.2, pp. 160-172, 2019.
Munir. (2015). Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Purnamasari, S. (2020). Pengembangan Praktikum IPA Terpadu Tipe Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan
Proses Sains. Pancasakti Science Education Journal, 5(2), 8-15. https://doi.org/10.24905/psej.v6i1.43
Ramadhani, R. (2018). The Enhancement of Mathematical Problem Solving Ability and Self Confidence of Students
Through Problem Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 5(1), 127-134.
https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.13269
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara
Savitri, E. N., Amalia, A. V., Prabowo, S. A., Rahmadani, O. E P., & Kholidah, A. (2021). The Effectiveness of Real
Science Mask With QR Code Students’ Problem-solving Skilss and Scientific Literacy. Jurnal Pendidikan
IPA Indonesia, 10(2), 209-219. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29918
Stoeffler, K., Rosen, Y., Bolsinova, M., & Von Davier, A.A. (2020a). Gamified Perfoermance Assesment of
Collaborative Problem Solving Skills. Computers in Human Behaviour, 104.
https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.05.033
Suarsana, I. M., Lestari, I. A. P.D., & Mertasari, N. M. S (2019). The Effect of Online Problem Posing on Students’
Problem -Solving Ability in Mathematics. International Journal of Instruction (Vol. 12, Issue 1) www.e-
iji.net
Suendarti, M. (2017). The Influence of Jigsaw Learning Model on the Ability of Resolutiom Natural Science of
Middle East Junior High School Students Indonesia. International Journal of Environmental & Science
Education
.
Utami, R. I., Setiawan, W., & Yuliani, A. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada
Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 33-
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.11374
Wahyuni, L. T. S., Japa, I. G. N., & Rati, N. W. (2020). Correlation of Reading Interests and Learning Motivation
Toward Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(3), 484-495.
Keywords | : |
Keywords:
Video Animasi, Keterampilan pemecahan masalah, IPA
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-29
|
How to Cite | : |
Fahira Arsyaf, Purwanto, A., & Abdul Aziz, T. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH IPA DI SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 272–278. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2123
|
Issue | : |
Section
Articles
|