ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Keterampilan menulis puisi termasuk ke dalam capaian pembelajaran Bahasa Indonesia Fase C pada Kurikulum Merdeka. Keterampilan menulis puisi tidak dapat dikuasai secara spontan, namun membutuhkan latihan-latihan yang terstruktur. Untuk itu, pembelajaran menulis puisi harus dimaksimalkan dengan memperhatikan kebutuhan belajar siswa, salah satu caranya adalah dengan penggunakaan LKPD dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kebutuhan terhadap pengembangan LKPD khususnya pada konteks puisi. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dokumen, wawancara dan angket analisis kebutuhan. Responden dan narasumber pada penelitian ini adalah siswa dan guru kelas 5 SDN Cigoong 3 Kota Serang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dibutuhkannya pengembangan LKPD untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa yang memuat aktivitas yang berbasis pada komponen Contextual Teaching and Learning (CTL), dengan desain rancangan LKPD yang berbentuk buku cetak berukuran A4, berwarna, memuat gambar ilustrasi. Selanjutnya hasil analisis kebutuhan ini akan digunakan sebagai acuan dalam pembuatan dan pengembangan produk LKPD, yang akan dilakukan pada tahap selanjutnya.
References
Anggraini, N., Nurudin, & Rohman, S. (2022). The Effectiveness of Learning Model of Contextual Writing Poetry Based on Literary Ecology. Journal of English Education and Teaching (JEET), 6(1), 142–157. https://doi.org/10.33369/jeet.6.1.142-157
Astuti, L. F., & Humaira, M. A. (2022). Analisis Puisi “Puisi Untuk Ibu” Karya Muhammad Ichsan dengan Pendekatan Struktural. Karimah Tauhid, 1(1), 48–57. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v1i1.7541
Dewi, N. P. C. P. (2020). Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) Berbasis Lokal Genius untuk Menyeimbangkan Pengetahuan dan Karakter Anak Bangsa. In Membangun Pendidikan Indonesia Berkelas Dunia (1st ed., p. 151). Goresan Pena.
Ensiawati. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA KELAS V SDN 005 KOTO SENTAJO KECAMATAN SENTAJO RAYA. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(3), 331–336. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i3.5525
Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Asbari, M., Purwanto, A., Santoso, P. B., Wardani, I., Bernarto, I., & Pramono, R. (2020). Implementation of Contextual Teaching and Learning (CTL) to Improve the Concept and Practice of Love for Faith-Learning Integration. International Journal of Control and Automation, 13(1), 365–383.
Johansz, D., & Onarely, M. (2023). PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA SD INPRES TELA. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 385–389. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.17207
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (3rd ed.). Bumi Aksara.
Mustofa, R., Munaris, & Suyanto, E. (2020). PENGEMBANGAN LKPD MENULIS PUISI MELALUI STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNAL PADA SISWA SMA/SMK KELAS X. J-Simbol (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 8(1), 1–10. https://doi.org/10.23960/J-Simbol
Nurgiyantoro, B. (2005). SASTRA ANAK (Pengantar Pemahaman Dunia Anak) (1st ed.). Gadjah Mada University Press.
Pakpahan, F. H., Saragih, M., Pendidikan, M., Inggris, B., & Medan, A. W. (2022). Theory of Cognitive Development By Jean Piaget. Journal of Applied Linguistics, 2(1), 55–60. https://doi.org/10.52622/joal.v2i2.79
Pratiwi, A. D., Yayuk, E., & Widjaja, J. R. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MODEL CTL PADA TEMA 5 SUBTEMA 3. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar, 7(1), 4–9. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v7i1.8631
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru) (2nd ed.). Rajawali Pers.
Solihah, L. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Pendekatan Kontekstual Di Kelas V SD Negeri Rancaloa Kota Bandung. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.708
Susanti, H., Muktadir, A., & Parmadi, B. (2023). Pengembangan LKPD Menulis Puisi Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Class untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Kajian Pendidikan Dasar, 2(1), 136–144. https://doi.org/10.33369/kapedas.v2i1.22011
Tarigan, H. G. (1991). Prinsip-prinsip Dasar Sastra (4th ed.). Angkasa.
Utami, R. I., Setiawan, W., & Yuliani, A. (2023). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(1), 33–40. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.11374
Waluyo, H. J. (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Erlangga.
Yanti, C. H., Aprilia, F., & Mayrita, H. (2023). Pengembangan Kemampuan Menulis Puisi Untuk Anak: Early Literacy. JPKMBD (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Bina Darma), 3(3), 187–193. https://doi.org/10.33557/pengabdian.v3i3.2555
Keywords | : |
Keywords:
analisis kebutuhan, pengembangan LKPD, keterampilan menulis puisi
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-29
|
How to Cite | : |
Aprianti Derlis, Yarmi, G., & Tarwiyah Adi S, T. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA SEKOLAH DASAR. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 279–286. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2122
|
Issue | : |
Section
Articles
|