Analisis Pelaksanaan Perencanaan Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan

Zon saroha ritonga ( Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara, Indonesia )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Pelaksanaan Perencanaan Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan, penelitian ini ingin mengungkapkan tentang:  (1) Pelaksanaan perencanaan strategik dalam peningkatan mutu guru, (2) Pelaksanaan rencana strategik dalam peningkatan mutu pembelajaran, (3) Pelaksanaan rencana strategik dalam peningkatan mutu kesiswaan, (4) Pelaksanaan rencana strategik dalam peningkatan mutu sarana dan prasarana. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pendekatan penelitian kualitatif. Pengabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik triangulasi melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini mengungkap: Pertama. Pelaksanaan perencanaan strategik dalam peningkatan mutu guru di SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan sudah berorientasi pada tujuan pembelajaran secara menyeluruh. Guru sebagai orang yang menempati posisi utama dalam proses penyampaian pembelajaran memang harus diperhatikan sistem kerjanya, sehingga akan berdampak positif pada siswa. Tujuan pembelajaran pun akan berjalan efektif dan efisien. Kedua. Pelaksanaan rencana strategik dalam peningkatan mutu pembelajaran di SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan telah dilakukan secara optimal. Proses peningkatan mutu pembelajaran di SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan sejak awal sampai ahkir peneliti berada di lapangan peningkatan mutu pembelajaran itu sudah mulai nampak di terapkan. Keberhasilan mutu pembelajaran dapat dilihat dari jenjang pendidikan yang dicapai guru. Implikasinya diharapkan mampu menuntaskan sistem pembelajaran secara keseluruhan. Ketiga. Pelaksanaan rencana strategik dalam peningkatan mutu kesiswaan, secara keseluruhan bisa dikontrol dengan baik oleh pihak sekolah. Itu semua dikarenakan kerjasama yang baik antara PKS II bidang kesiswaan dengan guru BP juga wali kelas siswa. Keempat. Pelaksanaan rencana strategik dalam peningkatan mutu sarana dan prasarana secara keseluruhan dapat dicapai dengan baik di SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan.Sarana dan prasarana yang dimiliki SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan juga telah memadai, sehingga mampu mendukung terselenggaranya proses pendidikan yang efektif di sekolah. Sarana dan prasarana sekolah juga milik sendiri. Penanggung jawab sarana dan prasarana di bebankan kepada PKS II bidang sarana dan prasarana

References

Annisa Kharenina Augustine, Alda Clarissa Sunaryo, & Yohanes Firmansyah. (2022). Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 2(1), 147–156. https://doi.org/10.53625/juremi.v2i1.2691

Apriliana, S. D., & Nawangsari, E. R. (2021). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia (sdm) berbasis kompetensi. Forum Ekonomi, 23(4), 804–812. https://doi.org/10.30872/jfor.v23i4.10155

Mullis, L. J. (2005). Managemen and Organisational Behavior. Printice hall.

Mulyati, A. (2022). Peran Kepala Sekolah Dalam Pendidikan. Jurnal El-Idarah Manajemen Pendidikan Islam, 8(2), 1–16. https://journal.parahikma.ac.id/el-idarah

Nasution, I. dan A. S. (2009). Manajemen Pengembangan Profesionalitas Guru. Cita Pustaka Media.

Sagala, S. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Nimas Multimas.

Salim, S. (2007). Metodologi Penelitian Kulaitatif. Cita Pustaka Media.

Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu.

Syafaruddin. (2005). Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. PT. Ciputat Press.


Keywords  :  
Keywords: Perencanaan Strategik, Mutu Pendidikan
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
saroha ritonga, Z. (2024). Analisis Pelaksanaan Perencanaan Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan SMP Swasta Nahdlatul Ulama Medan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 287–293. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2121
Issue  :