Rancangan Website Interaktif “PHYROOM” Berbasis Model Pembelajaran Dilemma STEAM Pada Materi Energi Terbarukan

Muhammad Naufal ( Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )
Hadi Nasbey ( Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )
Umiatin ( )

Abstract

Pembelajaran abad ke-21 sudah menekankan pendekatan yang berpusat pada peserta didik dibandingkan pada guru, tetapi mayoritas guru masih menerapkan metode ceramah. Akibatnya, pembelajaran cenderung pasif, motivasi belajar menurun, dan keterampilan berpikir kritis serta kolaborasi peserta didik masih rendah. Untuk mengatasi tantangan ini, guru perlu mempersiapkan pembelajaran dengan merancang media pembelajaran berbasis teknologi seperti website. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah website interaktif yang layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode R&D serta mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil akhir penelitian ini yaitu rancangan website interaktif “PHYROOM” berbasis Dilemma-STEAM pada materi Energi Terbarukan yang menarik serta mudah diakses kapan dan dimana saja melalui perangkat elektronik. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, sebanyak 89,5% menginginkan media pembelajaran yang menarik, mudah diakses, dan interaktif. Sebanyak 54,7% menganggap materi energi terbarukan sulit dipahami. Penggunaan model Dilemma-STEAM karena pembelajaran menekankan pada pengembangan ketrampilan abad ke-21 agar peserta didik dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.  Sedangkan pemilihan materi energi terbarukan karena pembahasannya berhubungan dengan keberlangsungan kehidupan di bumi. Peneliti berharap dapat mengatasi permasalahan dan tantangan pembelajaran dengan merancang website interaktif “PHYROOM” berbasis model pembelajaran Dilemma-STEAM pada materi Energi Terbarukan.

References

Anam, C., Churiyah, M., & Pratama, N. Z. (2023). Improving Learning Outcomes and Self-Regulated Learning Through the

Development of Web-Based Learning Media with Canva Platform. International Journal of Multicultural and

Multireligious Understanding, 10(5), 376. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i5.4820

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk

Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. WIDYA ACCARYA: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP

Universitas Dwijendra, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Devi Erlistiana, Nur Nawangsih, Farchan Abdul Aziz, Sri Yulianti, & Farid Setiawan. (2022). Penerapan Kurikulum dalam

Menghadapi Perkembangan Zaman di Jawa Tengah. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–15.

https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.235

Ewar, H. A., Nasar, A., & Ika, Y. E. (2023). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA

PANAS BUMI (PLTP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI SUMBER ENERGI

TERBARUKAN. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 128–139. https://e-

journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/2777

Ferdiansyah, & Irfan, D. (2021). Interactive Learning Media Based on Website in Vocational School. Al-Ishlah: Jurnal

Pendidikan, 13(1), 755–762. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.591

Kurniawan, E. S. (2023). Strategi Jembatan Konsep Analogi Untuk Meningkatkan PhyHOTS Peserta Didik Pada

Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 26–35. https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3023

Nana, S. W. (2021). STUDI LITERATUR PENGGUNAAN PBL BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 7–17.

https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818

Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN

PLATFORM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS. Jurnal

Penjaminan Mutu, 8(2), 238–244. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM

Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE SITE DALAM PEMBELAJARAN UNTUK

MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Akademika, 11(01),

–172. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693

Puspitasari, E. D. T., Surjono, H. D., & Minghat, A. D. (2018). Utilizing Web Based Learning as 21st Century Learning

Media for Vocational Education. International Journal of Engineering & Technology, 7(4.33), 157–160.

https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.33.23522

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal

Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Rahmawati, Y., Afrizal, A., Astari, D. D., Mardiah, A., Utami, D. B., & Muhab, S. (2021). The integration of dilemmas

stories with stem-project-based learning: Analyzing students’ thinking skills using hess’ cognitive rigor matrix.

Journal of Technology and Science Education, 11(2), 419–439. https://doi.org/10.3926/jotse.1292

Ridwan, A., Fatimah, C., Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., & Mardiah, A. (2022). Development of 21st Century

Skills in Acid-Base Learning Through STEAM Projects. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 7(1), 121–134.

https://doi.org/10.15575/jtk.v7i1.4913

Ruth, B., Novia, R., & Surhayati, H. (2023). PERSPEKTIF SEMBOYAN PENDIDIKAN ING NGARSA SUNG

TULADHA, ING MADYA MANGUN KARSA, TUT WURI HANDAYANI DALAM KURIKULUM MERDEKA.

Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3674–3678. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23009

Settelmaier, E., Wallace, J., & Taylor, P. (2004). Dilemmas of School-Based Reform: An Interpretive Case Study of

Teacher Empowerment and Dissent. International Journal of Educational Reform, 13(3), 181–203.

https://doi.org/10.1177/105678790401300302

Sumardi, L., Rohman, A., & Wahyudiati, D. (2020). Does the teaching and learning process in primary schools correspond

to the characteristics of the 21st century learning? International Journal of Instruction, 13(3), 357–370.

https://doi.org/10.29333/iji.2020.13325a


Keywords  :  
Keywords: dilemma STEAM, Energi terbarukan, Website, PHYROOM
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Muhammad Naufal, Nasbey, H., & Umiatin. (2024). Rancangan Website Interaktif “PHYROOM” Berbasis Model Pembelajaran Dilemma STEAM Pada Materi Energi Terbarukan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 344–353. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2112
Issue  :