Rancangan Website Interaktif “PHYROOM” Berbasis Model Pembelajaran Dilemma STEAM Pada Materi Energi Terbarukan
Abstract
Pembelajaran abad ke-21 sudah menekankan pendekatan yang berpusat pada peserta didik dibandingkan pada guru, tetapi mayoritas guru masih menerapkan metode ceramah. Akibatnya, pembelajaran cenderung pasif, motivasi belajar menurun, dan keterampilan berpikir kritis serta kolaborasi peserta didik masih rendah. Untuk mengatasi tantangan ini, guru perlu mempersiapkan pembelajaran dengan merancang media pembelajaran berbasis teknologi seperti website. Penelitian ini bertujuan merancang sebuah website interaktif yang layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan metode R&D serta mengacu pada model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil akhir penelitian ini yaitu rancangan website interaktif “PHYROOM” berbasis Dilemma-STEAM pada materi Energi Terbarukan yang menarik serta mudah diakses kapan dan dimana saja melalui perangkat elektronik. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, sebanyak 89,5% menginginkan media pembelajaran yang menarik, mudah diakses, dan interaktif. Sebanyak 54,7% menganggap materi energi terbarukan sulit dipahami. Penggunaan model Dilemma-STEAM karena pembelajaran menekankan pada pengembangan ketrampilan abad ke-21 agar peserta didik dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan pemilihan materi energi terbarukan karena pembahasannya berhubungan dengan keberlangsungan kehidupan di bumi. Peneliti berharap dapat mengatasi permasalahan dan tantangan pembelajaran dengan merancang website interaktif “PHYROOM” berbasis model pembelajaran Dilemma-STEAM pada materi Energi Terbarukan.
References
Anam, C., Churiyah, M., & Pratama, N. Z. (2023). Improving Learning Outcomes and Self-Regulated Learning Through the
Development of Web-Based Learning Media with Canva Platform. International Journal of Multicultural and
Multireligious Understanding, 10(5), 376. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v10i5.4820
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk
Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. WIDYA ACCARYA: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP
Universitas Dwijendra, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Devi Erlistiana, Nur Nawangsih, Farchan Abdul Aziz, Sri Yulianti, & Farid Setiawan. (2022). Penerapan Kurikulum dalam
Menghadapi Perkembangan Zaman di Jawa Tengah. Al-Fahim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 1–15.
https://doi.org/10.54396/alfahim.v4i1.235
Ewar, H. A., Nasar, A., & Ika, Y. E. (2023). PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA
PANAS BUMI (PLTP) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI SUMBER ENERGI
TERBARUKAN. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 128–139. https://e-
journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/2777
Ferdiansyah, & Irfan, D. (2021). Interactive Learning Media Based on Website in Vocational School. Al-Ishlah: Jurnal
Pendidikan, 13(1), 755–762. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.591
Kurniawan, E. S. (2023). Strategi Jembatan Konsep Analogi Untuk Meningkatkan PhyHOTS Peserta Didik Pada
Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 26–35. https://doi.org/10.37729/jips.v4i1.3023
Nana, S. W. (2021). STUDI LITERATUR PENGGUNAAN PBL BERBASIS VIDEO UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 7–17.
https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.13818
Priantini, D. A. M. M. O., Suarni, N. K., & Adnyana, I. K. S. (2022). ANALISIS KURIKULUM MERDEKA DAN
PLATFORM MERDEKA BELAJAR UNTUK MEWUJUDKAN PENDIDIKAN YANG BERKUALITAS. Jurnal
Penjaminan Mutu, 8(2), 238–244. http://ojs.uhnsugriwa.ac.id/index.php/JPM
Pubian, Y. M., & Herpratiwi, H. (2022). PENGGUNAAN MEDIA GOOGLE SITE DALAM PEMBELAJARAN UNTUK
MENINGKATKAN EFEKTIFITAS BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Akademika, 11(01),
–172. https://doi.org/10.34005/akademika.v11i01.1693
Puspitasari, E. D. T., Surjono, H. D., & Minghat, A. D. (2018). Utilizing Web Based Learning as 21st Century Learning
Media for Vocational Education. International Journal of Engineering & Technology, 7(4.33), 157–160.
https://doi.org/10.14419/ijet.v7i4.33.23522
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal
Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Rahmawati, Y., Afrizal, A., Astari, D. D., Mardiah, A., Utami, D. B., & Muhab, S. (2021). The integration of dilemmas
stories with stem-project-based learning: Analyzing students’ thinking skills using hess’ cognitive rigor matrix.
Journal of Technology and Science Education, 11(2), 419–439. https://doi.org/10.3926/jotse.1292
Ridwan, A., Fatimah, C., Hadinugrahaningsih, T., Rahmawati, Y., & Mardiah, A. (2022). Development of 21st Century
Skills in Acid-Base Learning Through STEAM Projects. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 7(1), 121–134.
https://doi.org/10.15575/jtk.v7i1.4913
Ruth, B., Novia, R., & Surhayati, H. (2023). PERSPEKTIF SEMBOYAN PENDIDIKAN ING NGARSA SUNG
TULADHA, ING MADYA MANGUN KARSA, TUT WURI HANDAYANI DALAM KURIKULUM MERDEKA.
Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 3674–3678. https://doi.org/10.31004/jrpp.v6i4.23009
Settelmaier, E., Wallace, J., & Taylor, P. (2004). Dilemmas of School-Based Reform: An Interpretive Case Study of
Teacher Empowerment and Dissent. International Journal of Educational Reform, 13(3), 181–203.
https://doi.org/10.1177/105678790401300302
Sumardi, L., Rohman, A., & Wahyudiati, D. (2020). Does the teaching and learning process in primary schools correspond
to the characteristics of the 21st century learning? International Journal of Instruction, 13(3), 357–370.
Keywords | : |
Keywords:
dilemma STEAM, Energi terbarukan, Website, PHYROOM
|
Galleys | : | |
Published | : |
2024-07-29
|
How to Cite | : |
Muhammad Naufal, Nasbey, H., & Umiatin. (2024). Rancangan Website Interaktif “PHYROOM” Berbasis Model Pembelajaran Dilemma STEAM Pada Materi Energi Terbarukan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 344–353. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2112
|
Issue | : |
Section
Articles
|