Student Worksheet STEAM-Project Based Learning pada Materi Induksi Elektromagnetik

Salsan Sya'bana Zahra ( Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )
Hadi Nasbey ( Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )
I Made Astra ( Universitas Negeri Jakarta, Indonesia )

Abstract

Student Worksheet STEAM-Project Based Learning adalah sebuah inovasi bahan ajar yang dikembangkan dalam rangka mendukung proses pembelajaran yang relevan dengan pemenuhan kebutuhan keterampilan abad 21, di mana produk yang dihasilkan dapat memfasilitasi pembelajaran peserta didik pada materi induksi elektromagnetik melalui sebuah kegiatan proyek. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan student worksheet STEAM-Project Based Learning pada materi induksi elektromagnetik yang valid digunakan sebagai bahan ajar fisika SMA kelas XII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dimodifikasi menjadi 2 tahapan, yaitu tahap Analyze (Analisis), dan Design (Perancangan). Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan kepada 40 peserta didik kelas XII didapatkan sebanyak 77,8% peserta didik menyatakan materi induksi elektromagnetik dianggap sulit, 13,9% peserta didik menyatakan materi induksi elektromagnetik sangat sulit, serta 86,1% peserta didik menyatakan tertarik menggunakan student worksheet STEAM-Project Based Learning. Berdasarkan analisis kebutuhan tersebut dapat dinyatakan bahwa dibutuhkan pengembangan student worksheet STEAM-Project Based Learning pada materi Induksi Elektromagnetik.

References

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PjBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2): 145–150.

Elisabet, Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2019). Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Journal of Education Action Research, 3(3): 285.

Fatimah, C. (2017). Penerapan Pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dalam Upaya Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Menggunakan Project Based Learning. In Skripsi. UIN Jakarta.

Fhadhila, F., Ertikanto, C., & Rosidin, U. (2018). Developing Student Worksheet of Temperature and Heat Based on Scientific Process Skill. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(1): 21–32.

Haifaturrahmah, Hidayatullah, R., Maryani, S., & Nurmiwati. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2): 310.

Hartini, S., Mariani, I., Misbah, & Sulaeman, N. F. (2020). Developing of students worksheets through STEM approach to train critical thinking skills. Journal of Physics: Conference Series, 1567(4).

Hsu, T. C., Lee-Hsieh, J., Turton, M. A., & Cheng, S. F. (2014). Using the ADDIE model to develop online continuing education courses on caring for nurses in Taiwan. Journal of Continuing Education in Nursing, 45(3): 124–131.

Kania, R. R., Effendi, & Ulianas, A. (2023). Development of student woorksheet base on STEAM-PjBL integrated on reaction rate material for senior high school class XI. Chemistry Smart.

Kara, M. (2018). A Systematic Literature Review: Constructivism in Multidisciplinary Learning Environments. International Journal of Academic Research in Education, 4(1–2): 19–26.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Liliawati, W., Rusnayati, H., Purwanto, & Aristantia, G. (2018). Implementation of STEAM Education to Improve Mastery Concept. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 288(1).

Purwanto, A. eko, Hendri, M., & Susanti, N. (2016). Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Phet Simulations dengan Alat Peraga pada Pokok Bahasan Listrik Magnet di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1): 22–27.

Putri, S. D., & Effendi. (2023). Development of STEAM-PJBL Integrated LKPD on Acid and Based Materials For Class XI SMA. Journal of Educational Sciences, 7(2): 148.

Rolling Jr., J. H. (2016). Reinventing the STEAM Engine for Art + Design Education. Art Education, 69(4): 4–7.


Keywords  :  
Keywords: student worksheet, STEAM, project based learning, induksi elektromagnetik
Galleys  :  
Published  :  
2024-07-29
How to Cite  :  
Salsan Sya'bana Zahra, Nasbey, H., & Astra, I. M. (2024). Student Worksheet STEAM-Project Based Learning pada Materi Induksi Elektromagnetik. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 2(1), 394–400. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/2106
Issue  :