Upaya Mahasiswa Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa

Rosyida Nurul Anwar ( Universitas PGRI Madiun )

Abstract

Literasi menjadi kecakapan hidup yang menjadikan manusia berfungsi maksimal dalam masyarakat. Ruang lingkup pembelajaran pada kampus mengajar mencakup pembelajaran disemua mata pelajaran yang berfokus literasi dan numerasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya mahasiswa kampus mengajar angkatan dua untuk meningkatkan literasi membaca siswa di satuan pendidikan tempat mahasiswa ditugaskan. Metode Penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Informan penelitian adalah mahasiswa, guru, kepala sekolah, dosen pembimbing lapangan, siswa dan wali murid. Penelitian dilakukan pada sekolah yang menjadi sasaran kampus mengajar sebanyak sepuluh sekolah di Jawa Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya mahasiswa untuk meningkatkan literasi membaca siswa melalui upaya menumbuhkan kesadaran dalam membaca, pembimbingans secara intens, membudayakan membaca di kelas, pengoptimalan ruang perpustakaan, serta membimbing siswa melalui permainan literasi. Kesimpulan penelitin adalah Literasi bermanfaat bagi siswa untuk bekal kecakapan hidup siswa dan menjadi manusia yang berfungsi maksimal dalam masyarakat

References

Adellia, R., & Ika Pasca Himawati. (2021). Aktualisasi Peran Mahasiswa Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di SD Muhammadiyah Lahat. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 142–150. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8063

Anwar, R. N. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), 210–220. https://doi.org/https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221

Anwar, R. N., Amalia, Y. I., Puspita, A., & Safitri, S. (2022). Making a Website as Brand Image at SMPN 3 Kutorejo , Mojokerto Regency. Room of Civil Society Development, 1(1), 8–14.

Anwar, R. N., & Umar, M. (2021). Motivasi Guru Dalam Bekerja Perspektif Islam. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 296–302.

Christanti, Y. D., & Anwar, R. N. (2019). Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Kecerdasan Spiritual Generasi Milenial. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 06(01), 31–65.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar Kampus merdeka. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Falah, M. (2021). Digitalisasi pada Program Kampus Merdeka untuk Menjawab Tantangan SDGs 2030. Sultan Agung Fundamental Research Journal, 2(2), 87–94. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/safrj/article/view/17991%0Ahttp://jurnal.unissula.ac.id/index.php/safrj/article/download/17991/6084

Hewi, L. (2020). Pengembangan Literasi Anak Melalui Permainan Dadu Literasi. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(1), 112–124.

Maghfiroh, A. (2015). Froom Daily To Fluency: Melejitkan Kemampuan Bahasa Asing dengan Aktifitas Bahasa Harian Ana. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 1–9.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76. https://doi.org/10.52217/pedagogia.v2i1.640

Munawar, W., Amin, M., Kurnia, T., Alhifni, A., & Akbar, A. (2021). Strategi Peningkatan Intensi Mahasiswa Ekonomi Syariah Dalam Partisipasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Syarikah, 7(2), 204–214.

Nurhasanah, A. D., & Nopianti, H. (2021). Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 166–173. http://journal.unilak.ac.id/index.php/SNPKM/article/view/8066

Rahmawanti, M. R., Nurzaelani, M. M., Ibn, U., & Bogor, K. (2022). Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Bagi Peningkatan Soft Skills Dan Hard Skills. 7(1), 37–47. https://doi.org/10.32832/educate.v7i1.6218

Rezania, V., & Rohmah, J. (2021). Student Self-Development Through Kampus Mengajar Angkatan 1 Program At SDIT Madani Ekselensia Sidoarjo. Journal of Character Education Society, 4(4), 1–8. http://journal.ummat.ac.id/index.php/JCEShttps://doi.org/10.31764/jces.v3i1https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.XXX

Rifai, A. (2018). Strategi Kepala Sekolah Dalam Implementasi Pendidikan Nilai Di Sekolah. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 1. https://doi.org/10.30659/jpai.1.1.1-10

Setyaningrum, A. (2016). Penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Raudhatul Athfal sebagai Upaya Mengembangkan Kecerdasan Anak. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 4(2), 59–76.

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Pengaruh Persepsi Dan Motivasi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Minat Mengikuti “ Kampus Merdeka ” Dengan Pemahaman Akuntansi Sebagai Variabel Intervening. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi), 12(03), 1003–1012.

Siskawati, F. S., Chandra, F. E., & Irawati, T. N. (2021). Profil Kemampuan Literasi Numerasi Di Masa Pandemi COV-19. Prosiding Seminar Nasional Arah Kebijakan Pendidikan Dan Kajian Riset Di Era New Normal, 101, 253–261.

Zati, V. D. A. (2018). Upaya Untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. In Bunga Rampai Usia Emas (Vol. 4, Issue 1, pp. 18–21).


Keywords  :  
Keywords: Kampus Mengajar, Literasi, Membaca, Siswa
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-24
How to Cite  :  
Anwar, R. N. (2023). Upaya Mahasiswa Kampus Mengajar untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 182–184. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1507
Issue  :