Pendekatan Teoritis dan Praksis dalam Paradigma Etis Terhadap Islamisasi Pemikiran Ilmu Pengetahuan Profetik Kuntowijoyo: Suatu Telaah

Arditya Prayogi ( UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan )
Nadia Faradhillah ( UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan )
lilik Riandita ( UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan )

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengulas pandangan salah seorang cendekiawan muslim Indonesia, Kuntowijoyo dalam melihat posisi ilmu pengetahuan dalam paradigma etis, baik teoritis maupun praksis. Hal demikian dilatarbelakangi dengan pendekatan etis ilmu (pengetahuan) yang berangkat dari sebuah keyakinan bahwa ilmu itu pada dasarnya tidak ada yang benar-benar netral atau bebas nilai yang justru ilmu sarat dengan bias-bias dan kepentingan dari para perumusnya. Artikel ini ditulis menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif dengan didukung dengan metode pengumpulan data berupa studi pustaka. Dari pembahasan diketahui bahwa secara etis Kuntowijoyo melihat landasan ilmu pengetahuan yang tidak dapat berdiri bebas nilai. Paradigma demikian secara teoritis, terdapat empat aspek yang menurut Kuntowijoyo yang relevan untuk dibicarakan antara lain tujuan akhir paradigma Islam, keterlibatan paradigma Islam dalam sejarah, methodological objectivism, serta sikap terhadap ilmu-ilmu sekuler. Pada praksisnya, paradigma etis ilmu pengetahuan profetik dapat diwujudkan melalui tiga cara antara lain teorisasi, strukturasi, serta transformasi.

References

Abdurrahman, M. (1997). Islam Transformatif. Jakarta: Pustaka Firdaus.

Abidin, M. Z. (2016). Paradigma Islam dalam Pembangunan Ilmu Integralistik: Membaca Pemikiran Kuntowijoyo. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

al-Attas, M. N. (2003). Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam. (H. F. Zarkasyi, Trans.) Bandung: Mizan.

Deriansyah, R., Febiani, N. N., Yuliani, A. I., Aqilah, S., Zanuba, A., Maulidina, E., & Prayogi, A. (2022). SOSIALISASI LITERASI DASAR BAGI MAHASISWA BARU UIN KH ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN. Jubaedah: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 2(3), 235-245.

Izutsu, T. (1966). Ethico Religious Concepts in the Qur’an . Canada: McGill University Press.

Keraf, S. A., & D, M. (2001). Ilmu Pengetahuan Sebuah Tinjauan Filosofis. Yogyakarta: Kanisius.

Kuntowijoyo. (1991). Paradigma Islam Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan.

Kuntowijoyo. (2006). Islam Sebagai Ilmu: Epistemologi, Metodologi, & Etika . Yogyakarta: Tiara Wacana.

Kuntowijoyo. (2018). Muslim Tanpa Masjid: Esai-esai Agama, Budaya, Politik dalam Bingkai Strukturalisme Transendental. Bandung: Mizan.

Maskur. (2012). Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo; Telaah atas Relasi Humanisasi, Liberasi, dan Transendensi. . Makassar: Tesis UIN Alaudin Makassar.

Muktiwibowo, A., & Prayogi, A. (2022). PERAN PEKERJA SOSIAL MASYARAKAT DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN REHABILITASI SOSIAL KEPADA ANAK PENYANDANG DISABILITAS BERBASIS MASYARAKAT. Peksos: Jurnal Ilmiah Pekerjaan Sosial, 21(1).

Prayogi, A. (2022). Karakteristik Wacana Keilmuan Islam: Suatu Telaah Komparatif. KOLONI, 1(2), 73-82.

Prayogi, A. (2022). TELAAH KONSEPTUAL PENDEKATAN KUANTITATIF DALAM SEJARAH. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah, 8(2).

Prayogi, A. (2022). Perspektif Filosofis dalam Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 23(2), 23-32.

Randi, A., & Prayogi, A. (2022). Simbol Palu dan Eksistensinya dalam Politik Praktis Indonesia‎ Tahun 1955‎. Journal of Education and Culture, 2(3), 19-29.

Sagala, S. (2013). Etika dan Moralitas Pendidikan; Peluang dan Tantangan. Jakarta: Kencana.

Susanto, A. (2011). Filsafat Ilmu Suatu kajian dalam dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis. Jakarta: Bumi Aksara.

Zainuddin, M. (2008). Paradigma Pendidikan Terpadu: Menyiapkan Generasi Ulul Albab. Malang: UIN Maliki Press.


Keywords  :  
Keywords: paradigma, ilmu pengetahuan, profetik, etis
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-16
How to Cite  :  
Prayogi, A., Faradhillah, N., & Riandita, lilik. (2023). Pendekatan Teoritis dan Praksis dalam Paradigma Etis Terhadap Islamisasi Pemikiran Ilmu Pengetahuan Profetik Kuntowijoyo: Suatu Telaah. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 34–39. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1333
Issue  :