Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik IPS Siswa Sekolah Dasar

  • Suyanti Suyanti Universitas Pgri Madiun
Keywords: Problem Based Learning,Hasil belajar, Tematik IPS

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada jenjang Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan PTK dalam penelitian ini adalah adanya siklus-siklus yang terdiri dari 4 tahapan. Adapun tahapan-tahapan ini adalah (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi.  Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar observasi aktivitas siswa dan tes. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah model deskriptif Dari penelitian ini di dapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran yang di terapkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan belajar siswa kelas dari nilai rata-rata yang sebelum di lakukannya model Problem based learning sebesar 76,0 dapat meningkat sebesar 5 menjadi 81,0 setelah di jalankannya Problem Based Learning dalam pembelajaran. Selanjutnya penelitian lebih banyak menggunakan artikel - artikel yang terkait dengan Problem Based Learning dan juga data diperoleh lebih luas serta mendalam.

References

Desnarita. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/khazanah/article/view/1062/983

Drs. Ahmad Susanto, M. P. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PRENADAMEDIA GROUP.

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Sd. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i1.5338

Fetra Bonita Sari, Risda Amini, M. (2020). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(2), 524–532.

Hidayah, N., Pgmi, J., Tarbiyah, F., & Keguruan, D. (2015). Tematik Sd. TERAMPIL Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 34–49.

Nasution, M. D., Oktaviani, W., Muhammadiyah, U., Utara, S., Muhammadiyah, U., & Utara, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP PAB 9 Klambir V T.P 2019/2020. Journal Mathematics Education Sigma, 1(1), 3. http://journal.umsu.ac.id/index.php/jmes/article/view/4390.

Novianti, A., Bentri, A., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 194–202. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.323.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 Sd. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p241-250.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374.

Sanjaya, Wina. (2015). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: KENCANA.

Siregar, Eveline. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor:Penerbit Ghalia Indonesia.

Stefani, & Abidin, Z. (2019). Penggunaan Model Pbl Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sd Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang. School Education Journal, 9(4), 346–352.

Published
2023-08-16
How to Cite
Suyanti, S. (2023). Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik IPS Siswa Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 40-45. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1332
Section
Articles