Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Karamahat (Keanekaragaman Rumah Adat) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Ngrenak

Zulfah Noor Aini ( Universitas Negeri Yogya, Universitas PGRI Yogyakarta )
Beny Dwi Lukitoaji ( Universitas PGRI Yogyakarta )

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengembangan media Karamahat (Keanekaragaman rumah adat) dalam bentuk CD (Compact Disc), 2) peningkatan prestasi belajar siswa pada materi keanekaragaman rumah adat di Indonesia kelas 4 sekolah dasar menggunakan media Karamahat (Keanekaragaman rumah adat) dalam bentuk CD (Compact Disc). Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan 1) langkah-langah pengembangan yang digunakan: a) potensi dan masalah, b) pengumpulan data, c) desain produk, d) validasi desain, e) revisi desain, f) uji coba produk. 2) Peningkatan prestasi belajar menggunakan media Karamahat (Keanekaragaman rumah adat) dalam bentuk CD (Compact Disc) melalui Pretest dan Postest pada kelas before-after dengan uji data menggunakan Paired Sample T-Test. Nilai Sig. (2-tailed) pada Postest adalah 0.021 < 0.05 sehingga terdapat perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan media Karamahat (Keanekaragaman rumah adat) dalam bentuk CD (Compact Disc) layak digunakan dan dapat meningkatkan pretasi belajar siswa kelas 4 sekolah dasar pada materi keanekaragaman rumah adat di Indonesia.

References

Arsyad Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arsyad, Azhar. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Edi Riadi. 2016. Statistika Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.

Fuji Laksono. 2017. “Pengembangan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Budaya Hidup Sehat Khususnya Kebersihan Tangan Dan Kaki Pada Peserta Didik Kelas II SD Negeri Semen Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Nurjannah Husain. 2017. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP Negeri 6 Duampauna Kabupaten Pinrang”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makasar.

Olivia. (2011). Good Memory Building: Panduan Meningkatkan Kekuatan Bank Memori dan Konsetrasi Anak Suoaya Anak Bisa jadi Bintang Kelas. Jakarta: PT Elex Media.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Siti Fatmawati Utami. 2013. “Pengembangan Media Audio Visual Untuk Menunjang Pembelajaran Membaca Indah Tembang Dolanan Pada Siswa Kelas II SD”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sunarti dan Selly Rahmawati. 2014. Penilaian Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Andi.

Suprihatiningrum, J. (2013). Guru profesional: pedoman kinerja, kualifikasi, & Kompetensi guru. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.


Keywords  :  
Keywords: Media Karamahat, Prestasi Belajar Siswa.
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-16
How to Cite  :  
Aini, Z. N., & Lukitoaji, B. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Karamahat (Keanekaragaman Rumah Adat) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Ngrenak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 46–53. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1331
Issue  :