Urgensi Nilai Karakter Religius Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Yanti Kusuma ( Universitas Negeri Yogyakarta )
Firda Razaq ( SD Negeri Mendongan )

Abstract

Bahasa merupakan alat untuk berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan. Seseorang dapat menyampaikan beragam informasi yang diperoleh kepada orang lain melalui bahasa yang digunakan. Pendidikan tingkat sekolah dasar merupakan tempat terbaik untuk memperkenalkan bahasa Indonesia sejak usia dini. Selain bahasa, pendidikan sekolah dasar juga menjadi salah satu tempat untuk menanamkan nilai-nilai karakter pada peserta didik, seperti nilai-nilai religius, cinta tanah air, jujur, disiplin dan lain-lain. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan kajian literatur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan subyek penelitian menggunakan jurnal, buku dan artikel. Hasil penelitian didapatkan bahwa dengan diintegrasikannya mata pelajaran bahasa Indonesia dengan nilai-nilai karakter religius dapat meningkatkan mutu peserta didik untuk menjadi manusia yang cerdas, berwawasan luas, mampu mengelola dan mengendalikan diri, serta bermoral. Bahasa Indonesia untuk peserta didik SD/MI berfokus pada penguasaan berbahasa dengan tujuan untuk mengasah dan membekali peserta didik dengan kemampuan berkomunikasi atau kemampuan menerapkan bahasa Indonesia dengan tepat untuk berbagai tujuan dan dalam konteks yang berbeda. Urgensi karakter religius dalam pembelajaran bahasa indonesia untuk mencetak generasi yang unggul dan bermoral dalam kehidupan sehari-hari, membentuk sifat religius peserta didik melalui program keteladanan dan pembiasaan yang diterapkan oleh sekolah serta meningkatkan mutu peserta didik agar menjadi manusia yang memiliki intelektual, emosional, dan spiritual

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Habe, H., & Ahiruddin, A. (2017). Sistem Pendidikan Nasional. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 2(1), 39–45. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

I Wy. Ariyastana. 2017. “Insersi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Pada Materi Dan Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3, 1

Khotimah. (2017). Model Manajemen Pendidikan Karakter Religius Di SDIT Qurrota A’Yun Ponorogo. Muslim Heritage, 1(2), 371–388.

Kosim, M. (2015). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Itqan, VI(2), 17–27.

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.

Nasional, K. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Jakarta: Depdiknas (Vol. 33, Issue 31, p. 79192564).

Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Standar, B., & Pendidikan, D. A. N. A. (2022). Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi (Issue 021).

Permendikbud. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Internatinal Science, 5, 1–238.

Rina Devianty. 2017. “Bahasa Sebagai Cermin Kebudayaan.” Jurnal Tarbiyah 24.

Rischa Pramudia Trisnani. 2018. “Penerapan Pendidikan Karakter Religius Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Pada Remaja.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan: Jenis, Metode, Dan Prosedur. Jakarta: Prenadamedia Group.

Septiningsih, L. (2015). Membangun Karakter Bangsa Berbasis Sastra: Kajian terhadap Materi Karya Sastra di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(1), 71–86. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i1.177

Solchan T.W.,dkk. 2014. Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Suarajogja.id. (2020). Viral, Video Anak Berdebat dengan Orang Tua Hingga Ucapkan Kata Kasar. In Suarajogja.Id. https://jogja.suara.com/read/2020/10/12/144000/viral-video-anak-berdebat-dengan-orang-tua-hingga-ucapkan-kata-kasar

Tatan Zenal Mutakin, Nurhayati, Dan Indra Martha Rusmana. 2014. “Penerapan Teori Pembiasaan Dalam Pembentukan Karakter Religi Siswa Di Tingkat Sekolah Dasar.” Jurnal Educational Technology, 3, 1.

Youpika, F., & Zuchdi, D. (2016). Nilai Pendidikan Karakter Cerita Rakyat Suku Pasemah Bengkulu Dan Relevansinya Sebagai Materi Pembelajaran Sastra. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 48–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10731

Yuniartik, H. (2020). Pendidikan Profesi Guru. National Seminar, 1(1), 671–683.


Keywords  :  
Keywords: karakter, religius, bahasa
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-16
How to Cite  :  
Kusuma, Y., & Razaq, F. (2023). Urgensi Nilai Karakter Religius Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 54–61. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1330
Issue  :