Analisis Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Siak

Salmiah Safitri ( Universitas Riau )

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan Lingkungan Hidup adalah suatu program pendidikan untuk membangun kesadaran agar lebih peduli terhadap lingkungan dan masalah yang berkaitan dengan lingkungan. Pendidikan Lingkungan Hidup perlu diterapkan sedini mungkin agar rasa kepedulian dapat dibentuk sehingga melahirkan generasi yang dapat menjaga kelestarian lingkungan yang ada saat ini dan di masa depan. Subjek dalam penelitian ini terdiri atas satuan Pendidikan anak Usia Dini (N=115). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup yang telah dilakukan oleh tenaga pendidik ditingkat satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Siak. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa satuan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Siak telah menerapkan Pendidikan Lingkungan Hidup di sekolahnya meski tidak memiliki pembelajaran khusus dan mengintegrasikan PLH pada pembelajaran lainnya. Siswa antusias dalam melakukan kegiatan PLH yang diterapkan guru melalui berbagai macam metode pembelajaran yang menarik mulai dari kegiatan di dalam kelas melalui ceramah, diskusi hingga pembelajaran yang dilakukan di luar kelas seperti mengamati, membuat proyek, menanam sampai dengan melakukan kunjungan. Kegiatan yang dilakukan ini diharapkan agar anak memiliki pengetahuan dan pemahaman sejak dini melalui kegiatan sederhana dari pemahaman guru agar dapat bersikap dan bertanggung jawab terhadap lingkungannya. Keseluruhan satuan pendidikan anak usia dini dalam penelitian ini telah melakukan upaya untuk memberikan pendidikan lingkungan hidup pada siswa dengan menyesuaikan atas sumber daya internal dan eksternal yang dimiliki setiap sekolah.

References

Chandrawati, T., & Aisyah, S. (2022). Penanaman Cinta Lingkungan Pada Masyarakat PAUD. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 131-136.

Fauziyah, A. I., & Hasibuan, R. (2020). Pengaruh Metode Eksperimen Tema Gejala Alam Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Sebab-Akibat Pada kelompok B di TK Labschool UNESA. Jurnal PAUD Teratai, 9(1).

Fitri, R. A., & Hadiyanto, H. (2022). Kepedulian Lingkungan melalui Literasi Lingkungan pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6690-6700.

Kadir, A. (2013). Signifikansi Strategi Pembelajaran Pendidikan Lingkungan dalam Membentuk Prilaku Siswa Berwawasan Lingkungan. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 1-18.

Muliasari, M., Chairilsyah, D., & Novianti, R. (2022). Hubungan Literasi Lingkungan dengan Kecerdasan Naturalis Anak Uisa 5-6 Tahun di Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2404-2411.

Mustain, M. (2023). Peningkatan Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Bagi Guru Melalui Supervisi Akademik di SDN Pesanggrahan 02 Kota Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(1), 210-231.

Noverita, A., Darliana, E., & Darsih, T. K. (2022). Pendidikan Lingkungan Hidup Untuk Meningkatkan Ecoliteracy Siswa. Jurnal Sintaksis, 4(1), 52-60.

Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6), 9333-9343.

Pelima, J. N. (2018). Pendidikan Lingkungan Hidup Dengan Metode Outbound Untuk Anak Usia Dini: Kajian Pustaka.

Rezkita, S., & Wardani, K. (2018). Pengintegrasian pendidikan lingkungan hidup membentuk karakter peduli lingkungan di sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 4(2).

Safira, A. R., & Wati, I. (2020). Pentingnya Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 1(1), 22-25.

Sari, Y. I., & Surahman, S. (2021). Peran Guru dalam Mengenalkan Lingkungan Sekitar pada Anak Usia Dini di TK Alam Mutiara Umat Tulungagung. Jurnal Pendidikan Modern, 7(1), 13-19.

Sholikhah, T. I. (2017). Pendidikan karakter peduli lingkungan (studi kasus di sekolah menengah Assalihiyah, Thailand). ATTARBIYAH, 27, 19-42.

Wati, D. M. (2019). Peran Guru PAI dalam Mendidik Karakter Peduli Lingkungan Di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Widiawati, M., Barkah, R. F., & DS, Y. N. (2022). Analisis Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Dasar. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 6(1), 181-186.


Keywords  :  
Keywords: penerapan pendidikan lingkungan hidup, guru paud
Galleys  :  
Published  :  
2023-08-27
How to Cite  :  
Safitri, S. (2023). Analisis Penerapan Pendidikan Lingkungan Hidup pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kabupaten Siak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL KEGURUAN DAN PENDIDIKAN (SNKP), 1(1), 89–94. Retrieved from https://ejournal.ummuba.ac.id/index.php/SNKP/article/view/1329
Issue  :